Komunitas – Komunitas Akuntansi di Indonesia

 In Akuntansi, Uncategorized

Komunitas akuntansi di Indonesia cukup banyak, mengigat akuntansi sangat diperlukan di perusahaan. Akuntansi merupakan suatu keahlian dalam bidang ekonomi yang harus dimiliki oleh setiap orang agar bisa mengatur sistem keuangan mereka atau orang lain. . Akuntansi meempunyai daya tarik sendiri mulai dari sekolah menengah kejuruan hingga universitas dan menjadikan jurusan ini jurusan favorit di sekolah Kalau anda juga tertarik untuk menguasai keahlian khusus ini, maka anda mungkin akan tertarik untuk mempelajarinya bersama dengan komunitas akuntansi yang ada di Indonesia.

Nah, kalau bicara tentang komunitas akuntansi yang ada di Indonesia , anda sebelumnya mungkin pernah mendengar komunitas akuntansi terkenal seperti Komunitas Jago Akuntansi Indonesia atau bisa anda singkat sebagai KJAI dan Ikatan Akuntan Indonesia atau IAI.

Kalau anda sendiri belum begitu kenal dengan kedua akuntansi tersebut, maka di bagian berikut akan menjelaskan sedikit lebih detail tentang masing-masing komunitas akuntansi tersebut.

1. Komunitas Jago Akuntansi Indonesia

Komunitas Jago Akuntansi Indonesia (KJAI) merupakan suatu komunitas yang ada di Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan akuntansi. Komunitas ini didirikan di tahun 2012 oleh Fadly Alwahdy.

Beliau merupakan seorang akuntan yang pernah bekerja di suatu perusahaan terkemuka milik negara dan sangat peduli terhadap perkembangan ilmu akuntansi yang ada di Indonesia, bahkan karena tingkat kepedulian yang tinggi, beliau akhirnya memulai komunitas akuntansi yang sering dikenal sebagai Komunitas Jago Akuntansi Indonesia (KJAI).

Biasanya, anggota komunitas akuntansi ini mencakup berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, lulusan akuntansi, dan akuntan muda seluruh Indonesia karena komunitas ini sudah bisa diakses melalui online sehingga akan lebih praktis dalam menyampaikan ilmu akuntansinya.

2. Ikatan Akuntan Indonesia

Ikatan Akuntan Indonesia atau IAI bisa dibilang sebagai komunitas akuntansi pertama yang ada di Indonesia karena IAI pertama kali dibentuk di tahun 1957 untuk membimbing perkembangan akuntansi negara dan mempertinggi mutu pendidikan atau pekerjaan akuntansi di waktu itu, tetapi sampai sekarang IAI masih melakukan hal yang sama.

Tidak seperti Komunitas Jago Akuntansi Indonesia, IAI bersifat lebih resmi sehingga IAI dapat mengadakan ujian akuntansi resmi bagi mereka yang ingin menjadi akuntansi profesional untuk berbagai kebutuhan, mulai dari akuntan manajemen, akuntan pajak, akuntan publik, akuntan sektor privat, akuntan pendidik, akuntan forensik, dan jenis akuntan lainnya.

Keuntungan bergabung dengan komunitas akuntansi

Itulah komunitas-komunitas akuntansi yang terkenal di Indonesia. Sekarang anda pasti penasaran kenapa harus belajar bersama komunitas akuntansi kalau untuk belajar akuntansi bisa dilakukan dengan mengambil kursus atau belajar sendiri, tetapi perlu anda tahu di komunitas akuntansi terdapat beberapa keuntungan yang tidak bisa anda miliki di tempat lain. Berikut keuntungan yang bisa anda miliki jika bergabung dengan komunitas akuntansi.

1.Bukan sekadar kumpul-kumpul

Komunitas akuntansi bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang yang akan tertarik akan ilmu akuntansi, tetapi dengan bergabung di komunitas akuntansi bukan berarti tujuannya itu untuk kumpul bareng.

Di komunitas ini, anda bisa saling kenal dan saling bertukar informasi atau pengalaman dengan sesama akuntan. Hal ini, tentunya, akan menambah wawasan anda tentang dunia akuntan yang belum anda ketahui sebelumnya.

Selain itu, dengan adanya koneksi, mungkin di suatu saat anda akan dibutuhkan untuk mengatasi masalah akuntansi yang tidak mudah anda dapat di tempat lain.

2. Menjalin hubungan baik

Dengan seringnya berdiskusi, baik secara online atau offline, anda dapat membuat hubungan yang akrab dengan sesama anggota sehingga ketika berhadapan dengan suatu masalah, maka para anggota akan bersedia dalam menyelesaikan masalah itu melalui diskusi bersama atau penyampaian pendapat masing-masing.

3.Bertemu orang dengan minat sama

Komunitas akuntansi di luar kantor bisa membantumu terhubung dengan banyak orang dengan minat yang sama. Ini bisa memberi keuntungan bagi kamu jika suatu saat kamu jatuh dan kamu memerlukan bantuan. Mereka bisa membantumu mengatasi masalah.

Banyak sekali manfaat jika anda bergabung dengan komunitas akuntansi Indonesia. Selain menambah teman, bergabung dengan komunitas pastinya akan meningkatkan kemampuan Soft skills anda. Selain itu, dalam akuntansi seiring dengan perkembangan zaman maka munculah Software. Software ERP dengan fitur terlengkap termasuk dengan fitur akuntansi didalamnya. Jika anda membutuhkan Software ERP dengan harga terjangkau, anda bisa klik disini.

Recent Posts