Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi salah satu kebutuhan dalam sebuah perusahaan. Adanya sistem ini akan mempermudah semua aktivitas operasional Anda agar bisa berlangsung dengan cepat dan efektif. Untuk itu, Anda perlu tahu apa itu sistem dan komponen ERP yang memiliki banyak manfaat untuk perusahaan.
Pemakaian sistem ERP bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu kegiatan operasional perusahaan di zaman sekarang. Tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini. Penggunaan sistem ini juga memudahkan aktivitas bisnis perusahaan dengan mengintegrasikannya ke dalam sistem ERP.
Komponen ERP Menurut Motiwalla dan Thompson
Sebagai salah satu sistem yang akan mempermudah segala aktivitas bisnis di perusahaan, sistem ERP tentu memiliki beberapa komponen. Menurut Motiwalla dan Thompson, ada 5 hal yang wajib ada pada suatu sistem ERP. Apa saja komponen-komponen tersebut? Ini dia informasinya untuk Anda.
- Server (Hardware)
Komponen pertama yang ada dalam sistem ERP adalah server atau hardware. Seperti yang sudah diketahui, sistem ERP merupakan sebuah inovasi berbasis teknologi yang tentu saja membutuhkan server sebagai poin utamanya.
Server atau hardware tersebut harus bisa digunakan untuk mengaplikasikan ERP dengan optimal agar sistem tersebut bisa digunakan dengan sebaik-baiknya. Sebelum memutuskan, pastikan Anda memiliki komponen ini terlebih dahulu.
- Software
Komponen selanjutya adalah software yang ingin Anda mengimplementasikan kedalam bisnis anda. Software menjadi media yang digunakan dalam pengaplikasian ERP.
- Company Process
Company Proses menjadi salah satu hal yang wajib ada untuk sistem ERP. Hal tersebut karena company process digunakan untuk menangani proses bisnis, prosedur, aturan, dan proses bisnis yang ada di suatu perusahaan. Oleh karena itu, company process ini menjadi komponen yang cukup penting bagi sistem ERP.
- Database
Komponen ERP selanjutnya yang wajib ada adalah database. Setiap perusahaan pasti memiliki database yang berisi informasi-informasi penting untuk perusahaan tersebut. Biasanya, informasi yang ada di database ini berasal dari pihak dalam maupun pihak luar dari perusahaan tersebut.
- People (Orang)
Salah satu komponen yang wajib ada untuk menggunakan sistem ERP adalah orang yang akan menggunakan aplikasi itu sendiri. Tanpa adanya orang yang menggunakan aplikasi tersebut, maka sistem ERP tidak bisa berjalan dan beroperasi dalam kegiatan bisnis sebuah perusahaan.
Untuk itu, harus ada orang yang menggunakan dan mengoperasikan sistem ERP. Komponen orang yang dimaksud adalah karyawan IT dan para staf yang memiliki akses untuk membuka dan mengoperasikan sistem tersebut.
Komponen ERP yang Wajib Ada di Sistem ERP Logistik
Selain komponen ERP menurut Motiwalla dan Thompson, terdapat beberapa poin dari sistem ERP yang didasarkan pada sistem ERP logistik. Apa saja komponen-komponen tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini.
- Manajemen Distribusi
Setiap perusahaan pasti memiliki sistem manajemen yang akan memudahkan kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, komponen manajemen distribusi dibutuhkan untuk menjadi salah satu komponen dalam sistem ERP.
- SCM (Supply Chain Management)
Logistik membutuhkan SCM yang tidak kalah penting dari komponen-komponen lainnya. Melalui SCM ini, perusahaan bisa mengelola semua operasional bisnis perusahaan yaitu supplier, manufaktur, wholesale, distributor, retailer, dan customer.
- Back Off Operation
Back office operation memegang peranan penting dalam sistem ERP yang diterapkan dalam suatu perusahaan. Adapun yang dimaksud dengan back office operation adalah financial application, accounting application, dan human resource. Itulah informasi penting mengenai komponen ERP yang wajib ada dalam menjalankan bisnis yang lebih baik. Tertarik untuk menggunakan sistem ERP di perusahaan Anda? Percayakan saja kepada kami sebagai developer software ERP terpercaya di Indonesia. Keysoft bisa menjadi mitra Anda dalam membangun bisnis yang sukses.