Semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini membuat para pemilik mulai menggunakan perangkat lunak untuk mengelola operasional. CRM dan ERP menjadi software terkini yang sangat membantu para pebisnis mengelola perusahaan. Namun, apa perbedaan CRM dan ERP itu sendiri?

ERP dan CRM merupakan dua jenis perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengoptimalkan bisnis. CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management dan ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Meskipun keduanya memiliki fokus pada pengelolaan bisnis, keduanya punya perbedaan. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Inilah Perbedaan CRM dan ERP

Dalam pengelolaan bisnis, baik CRM maupun ERP memainkan peran penting, tetapi keduanya memiliki fokus yang berbeda dan menargetkan aspek-aspek yang tentunya juga berbeda dalam perusahaan.

CRM lebih berfokus pada hubungan dengan pelanggan dan penjualan, sedangkan ERP mengelola semua sumber daya internal perusahaan.  Nah, untuk tahu lebih detailnya, simak di bawah ini!

1. Fokus Utama

CRM adalah sistem yang dirancang khusus untuk mengelola interaksi dengan pelanggan. Fokus utamanya adalah pada mengumpulkan, mengorganisir, dan mengelola data pelanggan, komunikasi, dan aktivitas penjualan.

Sementara ERP adalah perangkat lunak yang lebih luas dalam cakupannya. ERP dirancang untuk mengelola semua sumber daya perusahaan, mulai dari persediaan barang, keuangan, produksi, dan banyak lagi.

2. Fungsi

CRM biasanya fokus pada fungsi-fungsi seperti manajemen pelanggan, penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan, dan analisis data pelanggan.

Fungsi inilah yang memungkinkan perusahaan untuk memahami preferensi dan perilaku pelanggan lebih baik serta membangun hubungan yang kuat dengan mereka.

Sementara ERP memiliki fungsi untuk manajemen persediaan, mencatat keuangan, manufaktur, manajemen sumber daya manusia, pengelolaan proyek, dan lain-lain.

ERP memberikan gambaran yang lebih holistik tentang operasi bisnis dan membantu perusahaan dalam perencanaan sumber daya secara efisien.

3. Data yang Dikelola

Perbedaan CRM dan ERP yang selanjutnya adalah pada data. Data yang dikelola oleh CRM melibatkan informasi pelanggan, sejarah interaksi pelanggan, transaksi penjualan, dan kampanye pemasaran.

CRM membantu perusahaan memahami pelanggan mereka secara lebih mendalam, sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik.

Sementara ERP mengelola data terkait dengan sumber daya internal perusahaan seperti stok barang, arus kas, pembelian, produksi, dan aset sehingga perusahaan bisa mengoptimalkan penggunaan sumber daya internal.

Itulah perbedaan CRM dan ERP yang paling mendasar. Keputusan untuk mengimplementasikan CRM atau ERP harus didasarkan pada kebutuhan bisnis secara spesifik. Jadi, diperlukan pertimbangan yang matang dalam implementasi kedua sistem ini.

Jika Anda sedang mencari software ERP terbaik untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda, sudah saatnya untuk mulai menggunakan Keysoft sebagai solusi. Keysoft telah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti CRM yang membantu bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Yuk, mulai gunakan Keysoft, penyedia software ERP terbaik di Indonesia!

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami