Kesalahan dalam memulai iklan berbayar

 In Bisnis, Marketing

Di zaman sekarang, tak peduli berapa besar modal dan usaha yang dimiliki, tentu akan sulit berkembang jika tidak melakukan promosi atau iklan. Bahkan, usaha yang lebih besar dapat kalah dengan usaha berskala kecil andai iklan yang diciptakan tidak kreatif dan tidak dapat menarik konsumen. Terlebih lagi jika usaha Anda adalah usaha online, maka iklan berbayar yang baik dan kreatif  adalah suatu urusan yang mutlak.

Tanpa penciptaan iklan berbayar yang kreatif bisnis perlahan tentu akan merasakan kemunduran karena tidak adanya calon pelanggan baru yang bermunculan. Namun, bagaimana jika anda sudah beriklan secara online namun ternyata omset tak kunjung naik? Terkait dengan hal ini, mungkin saja ada kesalahan yang tanpa disadari Anda lakukan . Berikut ini adalah kesalahan dalam memulai iklan berbayar.

Kesalahan dalam memulai iklan berbayar

Konten Palsu Dan Menyesatkan

Tim peninjau iklan berbayar misalnya Facebook, akan menolak konten apapun yang dilihatnya sebagai spam, termasuk bila itu mengandung berita-berita yang menyesatkan banyak orang, atau menyerahkan pengalaman iklan yang buruk untuk pemakainya. Mereka pun akan menolak organik atau berbayar yang mempromosikan berita hoax, palsu, yang tidak benar. Maka berhati-hatilah jangan sampai iklan dari bisnis anda dianggap spam.

Tidak memutuskan tujuan yang jelas

Sebelum anda melakukan sesuatu untuk membuat iklan produk di media sosial. Cari tahu lebih dulu tujuan dari iklan yang akan dibuat. Apakah hendak meningkatkan awareness atau konsentrasi pada mendapatkan deviden dari produk yang hendak dijual?

Coba tetapkan tujuan dengan teknik SMART (Specific, Measureable, Attainable, Realistic, Timely). Di samping untuk menambah penjualan, buatkan sasaran yang lebih luas lagi. Sulit untuk menciptakan iklan yang memikat saat anda tidak tahu tujuannya. Apalagi ketika harus menciptakan konten yang nantinya akan diiklankan. Tentu saja mesti cocok dengan tujuan yang akan dijalankan.

Tidak menyesuaikan iklan dengan platform tertentu

Tidak seluruh iklan dibuat sama. Setiap jaringan sosial memiliki keperluan dan spesifikasi yang bertolak belakang untuk iklan yang hendak dibuat. Anda dapat mengoptimalkan iklan dengan menyesuaikan platform yang anda gunakan. Pikirkan lebih dulu platform yang akan dipakai dan jenis perlengkapan yang akan digunakan.

Tidak mengawasi iklan yang sedang berjalan

Setelah menciptakan iklan, anda pun harus tahu hingga bagaimana iklan di pasar. Apakah iklan sukses atau tidak? Apakah iklan dapat dilanjutkan atau tidak? Jika Anda tidak memantau, Anda dapat membuang banyak biaya untuk mengiklankan bisnis ataupun produk. Saat mengerjakan monitoring iklan, buatlah keputusan dengan cepat. Apakah akan ada jeda atau tidak untuk iklan yang sedang berjalan. Hal ini adalah hal yang penting untuk menciptakan iklan yang baru dan cocok dengan keperluan pasar.

Tidak tahu teknik mencapai target audiens

Membuat target audiens akan membuat Anda lebih mudah menilai konten iklan yang akan diposting. Konten yang cocok akan meningkatkan penjualan. Ciptakan strategi dengan informasi yang anda miliki mengenai siapa audiens Anda.

Tidak menguji konten untuk menarik audiens

Iklan berbayar pada bisnis memang harus dilakukan. Tapi penting untuk anda menguji lebih dulu bagaimana konten dapat menarik audiens secara aktif. Baru sesudah itu lakukanlah iklan secara berbayar.

Tidak merencanakan anggaran

Banyaknya cakupan atau engage dari iklan berbayar memang sering membuat lupa, bahwa harus benar-benar ada anggaran khusus untuk iklan. Rencanakan anggaran anda yaitu dengan memperkirakan berapa anggaran yang akan dikeluarkan pada iklan bisnis Anda.

Itu dia adalah kesalahan dalam memulai iklan berbayar. Hal-hal diatas harus diperhatikan agar iklan berbayar anda tidak sia-sia. Selain itu, memakai software untuk bisnis memang penting untuk memudahkan bisnis anda. Jika anda membutuhkan software erp untuk segala jenis usaha anda bisa klik disini.

Recent Posts