Kelebihan dan Kekurangan Software ERP

 In Bisnis, Software ERP

Kelebihan dan Kekurangan Software ERP – Software ERP merupakan jenis software yang dapat membantu pemilik perusahaan dalam mengerjakan kegiatan operasional yang sifatnya berulang-ulang dan pastinya membawa banyak perubahan terhadap perkembangan perusahaan seperti pengajian karyawan, manajemen sumber daya perusahaan, pembuatan laporan keuangan, pencatatan transaksi jual beli, dan kegiatan lainnya.

Walaupun kontribusi software ERP ini terlihat seperti jenis software yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Sayangnya, masyarakat saat ini masih memiliki kesadaran yang rendah akan penggunaan software ERP dalam lingkungan perusahaan, bahkan beberapa orang masih belum menyadari keberadaan software ERP.

Tentu saja, hal ini membuat anda yang berencana untuk mulai menggunakan software ERP menjadi ragu karena anda masih belum merasakan kontribusi yang dibawakan oleh software unik ini.

Namun, jika anda memperhatikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan software ERP di bawah ini, mungkin ulasan berikut bisa membuat untuk berpikir dua kali, apakah software ERP itu cocok atau tidak untuk perusahaan anda. Berikut kelebihan dan kekurangan Software ERP :

Kelebihan software ERP

1.Efisiensi dan produktivitas meningkat

Software ERP dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan anda karena software ERP tidak hanya membantu anda dalam mengerjakan kegiatan operasional berulang, tetapi juga akan mengerjakannya secara otomatis sehingga anda akan memiliki banyak waktu agar lebih fokus dalam mengerjakan hal yang lebih penting.

2. Membantu pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan merupakan hal yang penting dalam menjalakan perusahaan karena keputusan tersebut akan menentukan kemana arah perusahaan itu akan berjalan.

Di sinilah, software ERP dapat membantu pihak manajemen mengambil keputusan karena software ini dapat menyediakan data keuangan ataupun data penting lainnya secara cepat, lengkap, dan akurat.

3. Biaya manajemen dan operasional akan berkurang

Memanjemen perusahaan bisa membutuhkan banyak biaya karena jumlah staf yang diperlukan juga banyak, tetapi jika anda menggunakan software ERP ini, anda bisa menghemat banyak biaya karena semua kegiatan tersebut dapat dikerjakan secara otomatis dengan cepat sehingga jumlah staf yang diperlukan juga akan berkurang.

Baca juga : Software ERP Terbaik

4. Kolaborasi akan meningkat

Setiap perusahaan membutuhkan kolaborasi antar setiap departemen agar dapat mencapai tujuan perusahaan lebih cepat, tetapi hal sulit anda lakukan jika anda melakukannya secara manual karena setiap departemen bisa mengganggu proyek departemen lain.

Untungnya, software ERP dapat mengintegrasikan setiap departemen perusahaan melalui sistem informasi terpusatnya sehingga setiap departemen bisa mengakses informasi tanpa mengganggu departemen lain.

Kekurangan software ERP

1. Biaya yang besar

Sayangnya, untuk mengaplikasikan software ERP ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Tentu saja, hal ini tidak mengagetkan karena dari kontribusinya, anda tahu kalau harganya itu sebanding dengan nilainya.

Namun, dikarenakan kesadaran masyarakat masih rendah akan software ERP ini, maka jika anda memilih untuk berinvestasi lebih awal, perusahaan anda akan lebih cepat berkembangan dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

2. Tenaga kerja sulit beradaptasi dengan keberadaan software ERP

Setiap perubahan baru bisa membawa dampak positif dan negatifnya, tetapi untuk software ERP, dampak negatifnya bisa cukup serius karena ada kemungkinan kalau tenaga kerja anda masih belum bisa beradaptasi dengan keberadaan software ERP yang berakibat kinerja perusahaan anda menurun.

Maka dari itu, sebelum anda menggunakan software ini, anda sebaiknya membicarakannya dulu dengan setiap departemen untuk mendapatkan komitmen dan mengubah sistem kerja perusahaan.

3. Sistem yang lebih rumit

Dikarenakan software ERP ini dapat mengurus segala kegiatan perusahaan, maka ada kemungkinan kalau anda akan memiliki kesulitan dalam mengoperasikannya semenjak kebutuhan pelanggan lebih sedikit daripada yang diurus oleh software ERP.

Maka dari itu, ketika anda sedang memilih software ERP, anda bisa membicarakannya dulu dengan perusahaan pembuat ERP itu sendiri sehingga anda akan lebih mengerti dalam mengoperasikannya.

Sebagai Software perusahaan tentunya Software ERP mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dibanding itu, Software ERP akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis anda. Mulai dari penjualan, pembelian, hingga akuntansi sudah ada dalam software ini.  Maka dari itu anda hanya memerlukan satu software dengan keakuratan data yang lebih tinggi.

Tidak semua software ERP memiliki biaya investasi yang besar. Keysoft adalah Software ERP dengan harga terjangkau yang cocok untuk semua bidang usaha. Untuk melihat fitur selengkapnya tentang Keysoft ERP, silahkan klik disini.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
Implementasi-software-erpmodul-modul-erp