Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

 In Bisnis

Belanja Online ! Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut, salah satu proses jual beli segala macam barang lewat teknologi internet. Masyarakat masa kini lebih menyukai berbelanja secara online dibandingkan belanja offline ke pasar atau departemen store. Kegiatan belanja secara online merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak membutuhkan tatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli. Melainkan dapat dilakukan dengan cara menggunakan sarana dan prasarana yang sudah terhubung dengan layanan akses internet.

Ada banyak jenis belanja secara online dapat melalui market place, online shop, sosial media, e-commerce dan sebagainya yang tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangan masing – masing.

Dengan adanya metode berbelanja secara online akan memudahkan aktifitas berbelanja cukup menggunakan smartphone. Kemudahan yang ditawarkan dengan berbelanja secara online ternyata juga menyimpan kelebihan dan kekurangan. Nah, khusus buat kalian simak baik – baik plus minus belanja secara online berikut ini:

Nilai plus belanja secara online

  • Menghemat waktu

Nilai plus dari berbelanja secara online dengan memanfaatkan media internet akan mempermudah serta menghemat waktu. Dibandingkan dengan berbelanja offline yang harus menuju tempat belanja, menembus kemacetan, serta berputar – putar mencari barang yang sesuai keinginan. Contohnya jika berbelanja secara online kalian cukup mengunjungi website atau online shop yang menyediakan barang kebutuhan sesuai harapan kalian, kegiatan ini juga dapat dilakukan dimanapun sambil melakukan aktifitas. Selain itu online shop juga tidak terbatas waktu atau 24 jam nonstop.

  • Variasi barang

Jika toko offline cenderung menawarkan/ menjual barang dengan produk terbatas serta variasi sedikit. Berbeda dengan online yang menyediakan berbagai variasi barang dari seluruh dunia, semua tersedia mulai dari harga paling mahal hingga paling murah.

  • Banyak diskon & promo

Selanjutnya jika toko offline menyediakan promo dan diskon hanya pada periode tertentu berbeda dengan onilne yang menyediakan berbagai potongan harga tanpa batasan waktu. Persaingan yang ketat didalam online shop menjadikan perang diskon dan promo antar situs agar menarik minat pelanggan.

  • Sistem pembayaran mudah

Yang terakhir adalah banyaknya sistem pembayaran yang akan memudahkan kalian jika berbelanja online. Mulai dari transfer ke sejumlah bank, menggunakan kredit card, payment voucher dan sebagainya.

Nilai minus berbelanja secara online

  • Rawan penipuan

Banyak situs online yang rawan sekali dengan penipuan jika kalian tidak teliti dahulu sebelum membeli. Pastikan website terpercaya dan memiliki review produk yang baik, risiko lain adalah uang sudah ditransfer namun barang tidak pernah sampai ke rumah.

  • Kualitas barang tidak sesuai

Nilai minus yang lain yaitu online shop atau website hanya memajang foto/ gambar dari barang saja sehingga sulit membedakan dengan barang asli. Ditambah banyaknya aplikasi editor foto untuk membuat gambar terlihat lebih bagus dari aslinya.

  • Biaya ongkos kirim

Saat berbelanja online karena tidak datang dan bertatap muka secara langsung membuat kalian harus menambah biaya untuk kirim barang. Untuk mensiasati hal ini kalian dapat mencari barang atau website dengan keterangan gratis ongkos kirim.

Itulah beberapa plus minus belanja secara online dengan mengetahui hal – hal diatas menjadikan kalian harus lebih bijak, selektif dan hati – hati dalam berbelanja. Kalian dituntut lebih waspada agar tidak menjadi korban penipuan online shop, serta menjadikan salah satu sarana yang baik dalam proses jual beli tanpa melihat kondisi dan waktu.

Anda memiliki online shop dan membutuhkan accounting software untuk mengatur keuangan serta stok? Keysoft Accounting solusinya….

Recent Posts