Invoice Adalah ? Pengertian, Tujuan, Hingga Jenisnya

 In Akuntansi, All Categories, Bisnis

Invoice adalah – Apa yang dimaksud dengan invoice? Bagi anda yang baru kalau ini mendengar istilah invoice, invoice adalah sebutan lain dari faktur yang sering ditemui di perusahaan atau suatu kegiatan bisnis.

Pengertian invoice

Secara umum, invoice atau faktur adalah suatu dokumen yang isinya berupa penagihan hutang dari pihak penjual kepada pihak pembeli. Dokumen penagihan hutang ini memuat informasi secara detail seperti pembelian harga barang, jumlah barang yang dibeli, dan waktu pembelian barang itu sendiri.

Selain itu, isi dari invoice ini dilengkapi dengan keterangan detail lainnya seperti nama pembeli, tanggal transaksi, dan jumlah tagihan yang masih harus dibayar sehingga invoice lebih sering digunakan untuk transaksi yang berbentuk kredit.

Untuk bentuknya, invoice disajikan dalam bentuk rangkap tiga. Rangkap asli akan menjadi arsip perusahaan sedangkan hasil copy akan diserahkan masing-masing ke pembeli, penjual, dan yang terakhir akan dijadikan sebagai arsip keuangan.

Tujuan invoice

Invoice adalah dokumen yang cukup penting untuk setiap bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar. Disebut penting karena invoice ini akan membantu perusahaan dalam memperlancar seluruh transaksi pembelian.

Agar lebih jelasnya anda bisa memperhatikan tujuan invoice berikut ini.

  1. Keterangan pembelian barang atau jasa

Invoice dapat menyediakan informasi yang lengkap mengenai produk atau jasa yang dibeli oleh konsumen sehingga konsumen bisa tahu apakah produk atau yang dibelinya itu sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum.

2. Keterangan jumlah tagihan yang perlu dibayar

Invoice dapat menyediakan keterangan yang lengkap tentang jumlah tagihan dan termin yang perlu dibayar oleh konsumen sehingga perusahaan bisa melihat apakah konsumen sudah membayar sepenuhnya atau masih ada hutang yang perlu dibayar.

3. Sebagai rujukan yang asbah

Invoice dapat digunakan sebagai rujukan. Bagi yang belum tahu apa itu rujukan, rujukan merupakan media pemberi informasi untuk memperkuat suatu pernyataan dengan tegas sehingga tidak ada kesalahpahaman dari kedua belah pihak.

Rujukan di invoice ini bisa digunakan untuk berbagai macam, bisa itu digunakan sebagai rujukan yang absah jika ada barang atau jasa yang tercantum akan dijual lagi ke pihak lain dan juga bisa digunakan sebagai rujukan absah ketika menambahkan suatu transaksi ke pembukuan.

4. Sebagai rujukan yang absah untuk kasus tertentu

Jika perusahaan memiliki kasus tertentu seperti faktur pajak, maka perusahaan bisa menggunakan invoice sebagai rujukan yang absah untuk kasus tersebut.

5. Sebagai rujukan jika ada kesalahan

Jika ada kesalahan dalam pengiriman barang atau perhitungan jumlah total tagihan, maka perusahaan bisa menggunakan invoice sebagai rujukan untuk kesalahan tersebut.

Jenis-jenis invoice

Invoice sendiri terbagi atas berbagai jenis yang masing-masingnya memiliki tujuan tersendiri. berikut ketiga jenis invoice yang ada di perusahaan:

1. Invoice biasa

Invoice biasa merupakan jenis invoice yang paling sering digunakan dalam kegiatan transaksi kredit. Isi invoice ini cukup sederhana karena hanya berisi informasi tentang rincian barang, jumlah yang dipesan, harga barang, dan total harga yang harus dibayar.

2. Invoice proforma

Invoice ini hampir sama seperti invoice sebelumnya Hanya saja, invoice proforma bersifat sementara, yakni hanya diberikan kepada konsumen ketika barang yang dibeli oleh konsumen belum dikirim sepenuhnya oleh penjual.

Namun, jika barangnya sudah dikirim semua, invoice biasa akan diberikan kepada konsumen untuk menggantikan invoice proforma.

3. Invoice konsuler

Invoice ini hanya digunakan untuk kegiatan perdagangan yang mencapai skala internasional atau kegiatan ekspor-impor. Invoice konsuler memuat persetujuan dari perwakilan negara yang melakukan kegiatan impor yang ada di negara pengekspor.

Invoice berperan penting dalam bisnis anda. Selain menerima invoice pastinya anda juga mengeluarkan invoice bagi pelanggan anda. Untuk mempermudah anda dalam membuat invoice gunakan Keysoft ERP sebagai software ERP anda. Software ERP yang suda terdapat software akuntansi didalamnya pastinya akan membuat bisnis anda berjalan lebih efisien. Untuk info lebih lanjut tentang keysoft ERP silahkan klik disini.

Recent Posts
Laporan-keuanganImplementasi-program-erp