Dalam dunia bisnis yang terus berkembang pesat, teknologi informasi memainkan peran penting dalam mengoptimalkan operasional perusahaan. Dua istilah yang seringkali membingungkan adalah CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning) yang tentunya memiliki perbedaan.

Meskipun keduanya berfokus pada pengelolaan data dan proses bisnis, CRM dan ERP memiliki perbedaan mendasar yang berpengaruh untuk strategi bisnis Anda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian, perbedaan, serta manfaat dari kedua istilah ini. Penasaran? Mari kita simak bersama!

Pengertian dan Perbedaan dari CRM dan ERP

ERP adalah suatu sistem yang menggabungkan berbagai aspek, seperti sumber daya, keuangan, penjualan, dan basis data pelanggan. ERP memiliki fokus utama pada meningkatkan efisiensi di dalam perusahaan dengan mengoptimalkan proses operasional dan mensentralisasi informasi internal.

Sedangkan CRM adalah suatu sistem yang bermanfaat untuk mencatat, menyimpan, dan mengelola basis data pelanggan. Sistem tersebut dilengkapi dengan teknologi untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang pelanggan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Usai memahami tentang pengertiannya, kini Anda bisa memahami perbedaan CRM dan ERP. Keduanya memiliki perbedaan mendasar, antara lain:

  • CRM digunakan oleh departemen penjualan dan pemasaran untuk mengelola proses penjualan, menindaklanjuti prospek, dan memahami kebutuhan pelanggan.
  • CRM membantu meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan.
  • ERP digunakan oleh berbagai departemen dalam perusahaan, termasuk keuangan, manufaktur, logistik, dan SDM.
  • ERP membantu meningkatkan efisiensi operasional dan pengelolaan sumber daya perusahaan.

Secara keseluruhan, CRM dan ERP adalah dua sistem yang berbeda, namun keduanya memiliki peran yang penting dalam mengoptimalkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Manfaat dari CRM dan ERP

Tentunya kedua hal tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda. Namun, keduanya masih mempunyai keterkaitan. Simak manfaat dari keduanya sebagai berikut:

  • ERP berfungsi untuk mengintegrasikan proses bisnis, menciptakan efisiensi operasional, dan menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan besar untuk memantau seluruh lingkup pekerjaan mereka.
  • CRM bermanfaat untuk menyimpan serta mengelola informasi pelanggan, seperti gambaran tentang pelanggan dan aktivitasnya, sehingga membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Keterkaitan keduanya tak menjadi masalah. Meskipun berbeda dalam fungsinya, ERP dan CRM saling melengkapi dalam membantu perusahaan mencapai tujuan dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.

Perbedaan CRM dan ERP bisa dilihat dari pengertian beserta manfaat dari keduanya yang saling bertolak belakang. Namun, tanpa kedua hal ini mustahil dapat melakukan proses bisnis di perusahaan Anda dengan baik.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan ERP dan CRM dalam proses bisnis, Anda dapat memanfaatkan Keysoft. Keysoft adalah software akuntansi dan ERP terpercaya yang dapat mengintegrasikan proses bisnis hanya melalui satu platform saja. Sangat menarik bukan?

Keysoft, solusi bisnis yang lebih efisien!

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami