Implementasi ERP : Pengertian dan jenisnya

 In Software ERP

Implementasi Software ERP  – Jika selama ini anda sedang mencari info tentang software ERP, mungkin dari semua info yang anda dapat, implementasi software ERP bisa membuat anda memikirkan apa maksudnya. Karena kata implementasi memang jarang orang dengar, lalu apa yang dimaksud dengan implementasi software ERP ini?

Bagi anda yang belum tahu, implementasi software ERP merupakan bagian dari strategi pengoptimasian kegiatan internal suatu bisnis perusahaan atau bisa dibilang sebagai tahap pengaplikasian fungsi software ERP terhadap kegiatan operasional yang terjadi di dalam perusahaan anda.Orang yang bertugas melakukan implementasi Software ERP disebut dengan Implementor.

Anda sedang membutuhkan Software ERP? Silahkan cek disini

Jenis-jenis implementasi software ERP

Saat ini terdapat tiga jenis sistem implementasi software ERP yang sering digunakan oleh perusahaan dan masing-masing perusahaan bisa menggunakan implementasi yang berbeda karena tergantung dengan kebutuhan dan ukuran perusahaan itu sendiri, maka jenis implementasi software ERP juga harus disesuaikan. Berikut tiga jenis implementasi software ERP:

1. On-Premise ERP

Implementasi on-premise ERP merupakan sistem implementasi software ERP yang paling umum dan merupakan jenis implementasi yang sering digunakan oleh perusahaan berskala besar karena implementasi on-premise mengharuskan perusahaan untuk memiliki perangkat keras seperti server sehingga untuk mengimplementasikannya, perusahaan membutuhkan pemeliharaan yang lebih terkendali dan pengeluaran biaya yang lebih banyak.

2. Cloud ERP

Belakangan ini, implementasi software ERP berbasis cloud sedang mengalami kepopuleran di kalangan bisnis berukuran kecil dan menegah karena jenis implementasi ini dapat menyimpan data perusahaan di sistem cloud yang merupakan tempat penyimpanan pusat teraman sehingga untuk mengimplementasikannya, perusahaan membutuhkan pengeluaran biaya, waktu, dan tenaga yang lebih sedikit dibandingkan dengan implementasi software ERP tradisional.

3. Hybrid ERP

Sesuai dengan namanya, implementasi hybrid ERP dapat dijalankan oleh perusahaan dengan menggunakan server dan juga bisa menyimpan sebagian data perusahaan di sistem cloud yang membuat jenis implementasi ini favorit bagi perusahaan yang berskala kecil sampai besar.

Langkah-langkah untuk mengimplementasikan software ERP

Perlu anda tahu bahwa implementasi software ERP merupakan investasi besar karena untuk mengimplementasikan software ini memerlukan biaya dan waktu yang banyak sehingga kalau anda tidak berhati-hati, maka anda akan mengalami kegagalan yang menyebabkan softwarenya tidak dapat memberikan keuntungan yang anda harapkan.

Maka dari itu, ketika anda sedang berpikiran untuk mengimplementasikan software ini, maka anda harus memperhatikan langkah-langkah implementasi ERP sebagai berikut :

1. Pilih software ERP yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum anda mulai mengimplementasikannya, pastikan dulu software ERPnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Anda bisa memilih software ERP berdasarkan target pasaran, jenis perusahaan, dan vendor ERP mana yang mau anda pilih.

2. Buat daftar

Ketika anda sudah menemukan software ERP yang tepat, maka tahap selanjutnya anda perlu membuat daftar mengenai tantangan operasional dan kebutuhan apa saja yang perlu digantikan dengan software. Dengan adanya kedua daftar tersebut, hal ini akan membantu anda dalam menentukan prioritas mana saja yang perlu anda lakukan.

3. Antisipasi perubahan

Mengimplementasikan software ERP memerlukan perubahan yang besar, oleh karena itu anda harus mengantisipasi perubahan besar seperti:

  • Perubahan teknologi

Anda harus memperhatikan apakah tenaga kerja di perusahaan anda mau berkomitmen untuk melakukan perubahan dengan beradaptasi menggunakan teknologi atau tidak. Contohnya, jika tenaga kerja anda tidak ada yang paham dalam mengoperasikan software, maka anda membutuhkan bantuan dari pihak luar.

  • Perubahan bisnis proses

Mengimplementasikan software ERP akan mempengaruhi cara kerja di setiap departemen. Jadi, anda harus memperkirakan kegiatan mana saja yang akan terpengaruhi oleh ERP dan tentukan, apakah anda membutuhkan bantuan dari pihak luar atau tidak dalam mengimplementasikannya.

  • Perubahan kultur perusahaan

Software ERP akan mengenalkan sistem integrasi sehingga agar software ERP dapat berjalan dengan lancar, maka anda harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan setiap departemen agar nantinya mereka mau bekerja sama sebagai tim.

 Jika anda membutuhkan Software ERP dengan harga terjangkau, anda dapat mengunakan Keysoft. Dengan harga mulai dari 9 juta saja, anda sudah mendapatkan kemudahan dari data yang terintegrasi dari Software ERP. Keysoft telah memiliki ribuan pengguna di hampir seluruh Indonesia. Untuk info lebih lanjut dan demo produk anda dapat klik disini. Anda juga dapat mengonsultasikan kebutuhan Siftware ERP anda dengan Keysoft gratis via whatsapp dengan klik disini.

Recommended Posts