Implementasi Software ERP Dalam Perusahaan, Apa Itu?

 In Akuntansi, Bisnis, Software ERP

Implementasi Software ERP – Dalam dunia bisnis, tentu, anda akan dihadapkan dengan banyak istilah yang bikin anda bertanya-tanya akan maksudnya. Nah, salah satu istilah yang akan dibahas dibahas kali ini adalah implementasi ERP dalam perusahaan.

Jadi, apa itu implementasi Software ERP dalam perusahaan?

Secara umum, implementasi ERP dalam perusahaan adalah salah satu bagian dari cara untuk mengoptimalkan kegiatan internal dalam suatu sistem bisnis perusahaan.

jika anda ingin arti sederhananya, implementasi ERP ini berarti pengaplikasian fungsi software ERP ke dalam sistem kerja perusahaan sehingga hampir seluruh kegiatan operasional di perusahaan akan dikelola oleh software ERP.

Kenapa harus melakukan implementasi Software ERP?

Melihat pengertian dari implementasi ERP ini, tentu saja, implementasi ERP ini bisa dibilang sebagai salah satu bentuk perubahan baru sehingga akan menimbulkan banyak keraguan untuk mencobanya.

Walaupun cukup meragukan, anda perlu tahu jika anda melakukan implementasi ERP ke dalam perusahaan anda, anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang mungkin belum bisa anda rasakan saat ini, lalu apa saja keuntungan yang diberikan oleh implementasi ERP ini?

Berikut keuntungan implementasi ERP dalam perusahaan:

  1. Memperlancar proses bisnis

Software ERP dapat memperlancar proses bisnis karena software ini dapat mengerjakan hampir seluruh kegiatan operasional yang sifatnya berulang secara otomatis, sehingga anda akan lebih mudah dalam mengerjakan hal-hal yang lebih penting lagi.

2. Menghemat biaya

Dikarenakan kegiatan operasionalnya dikerjakan oleh software ERP, maka anda akan menghemat banyak biaya semenjak anda bisa mengurangi duplikasi data dan anda dapat mengurangi jumlah inventori dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

3. Mengintegrasikan informasi

Implementasi ini dapat mengintegrasikan informasi dari setiap bagian perusahaan sehingga hal ini juga akan mempermudah pihak manajemen untuk mengambil keputusan semenjak data yang diperlukan dapat diakses secara mudah dan realtime.

Baca juga : Software ERP Terbaik

4. Menambah daya saing perusahaan

Menambah daya saing perusahaan juga merupakan keuntungan dari implementasi ERP karena ERP ini dapat memperlancar proses distribusi produk dan memberikan informasi akurat kepada konsumen serta memberikan data yang akurat untuk pertimbangan strategi.

5. Kontrol lebih akurat

Implementasi ini juga akan membantu dalam proses keluar masuknya arus barang sehingga pengendalian kontrol akan lebih akurat.

Cara mengimplementasikan software ERP

Keuntungan yang disebutkan tadi bisa anda anggap sebagai investasi besar yang menguntungkan.

Apa lagi, ada kemungkinan kalau kebanyakan pesaing anda sudah mengimplementasikan ERP ini sehingga jika anda mau melakukan implementasi ERP dalam perusahaan agar tidak ketinggalan di dunia persaingan. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih software ERP yang sesuai

Saat ini sudah ada banyak software ERP yang beredaran di pasar dan masing-masing dirancang untuk kebutuhan perusahaan tertentu. Sehingga anda perlu memilih software mana yang kiranya sesuai dengan jenis usaha anda.

2.Buat daftar

Selanjutnya adalah tahap perubahan. Di tahap ini anda perlu membuat daftar mengenai tantangan dan peran apa saja yang akan digantikan oleh software ini. Hal ini akan memudahkan anda dalam menentukan prioritas mana saja yang paling perlu anda perhatikan.

3. Antisipasi perubahan

Selama mengimplementasikan ERP dalam perusahaan, anda akan berhadapan dengan banyak perubahan. Maka dari itu, terdapat tiga jenis perubahan yang perlu anda perhatikan, yakni:

  • Perubahan teknologi

Teknologi ini berarti, anda perlu memperhatikan apakah bagian perusahaan anda yang akan terkena dampak ERP ini dan tanyakan apakah mereka mau berkomitmen untuk melakukan perubahan peran atau tidak.

  • Perubahan bisnis proses

Sekalinya terdapat implementasi Software ERP, seluruh proses bisnis anda akan berubah. Maka dari itu, anda bisa bertanya ke diri sendiri, apakah anda membutuhkan bantuan pihak luar untuk mengimplementasikan ERP ini atau tidak.

  • Perubahan kultur perusahaan

Dikarenakan ERP ini akan mengintegrasikan seluruh bagian perusahaan, maka sebelum mengimplementasikannya, anda perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan setiap bagian perusahaan agar nantinya mereka mau bekerja sama untuk memperlancar proses perubahan ini.

Implementasi oleh Implementor juga diperlukan agar memudahkan anda memahami cara penggunaan Software ERP ini. Dan faktor implementasi ERP juga merupakan hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli program ERP karna tentunya anda tidak ingin dilepas begitu saja kan? Keysoft adalah software ERP paket dengan implementasi yang akan membantu anda dalam menggunakan Keysoft ERP. Untuk info lebih lanjut dan mendapatkan penawaran terbaik silahkan hubungi kami disini.

Yuk, cek video dibawah ini mengenai alur pembelian software ERP

Recommended Posts
software-erpLaporan-keuangan