Hal yang diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Sampingan

 In Uncategorized

Hal yang diperhatikan sebelum membuka usaha sampingan – Apakah saat ini anda tidak puas dengan pendapatan yang anda hasilkan dari pekerjaan anda? Apakah anda juga ingin mencari cara aman untuk menambah pendapatan anda? Kalau anda menjawab iya, maka membuka usaha sampingan merupakan solusi yang tepat untuk anda.

Sekarang anda mungkin masih ragu untuk membuka usaha sampingan karena bagi kebanyakan orang, kata usaha berarti banyak tantangan, tetapi ingat usaha sampingan! Bukan usaha full time, sehingga menjalankan usaha sampingan tidak akan seserius menjalankan usaha sungguhan. Tapi tentunya akan menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Sebelum itu, anda mungkin harus meyakinkan diri anda tentang alasan membuka usaha sampingan.

Alasan membuka usaha sampingan

Adapun selain alasan untuk mendapatkan penghasilan lebih. Ada alasan-alasan lain kenapa anda harus membuka usaha sampingan. Berikut 4 alasan logis kenapa membuka usaha sampingan itu merupakan cara terbaik bagi anda yang ingin memiliki jalan aman dalam menghasilkan pendapatan lebih.

1. Risiko yang lebih kecil

Tidak seperti terjun ke dunia bisnis, usaha sampingan akan mengurangi risiko karena anda hanya melakukannya di waktu luang sehingga tidak akan mengganggu keproduktifan anda saat bekerja dan kalau misalnya terjadi kegagalan saat menjalankan usaha sampingan, maka anda masih aman karena anda masih memiliki pekerjaan tetap.

2. Memberi kebebasan

Tidak seperti mendapat gaji, jika sudah habis, maka anda harus menunggunya lagi di akhir bulan sehingga hal ini akan menyebabkan ketergantungan finansial. Dengan usaha sampingan, anda akan mendapat sumber penghasilan lebih sehingga anda memiliki kebebasan dalam menggunakan penghasilan itu.

Anda bisa menggunakan gaji untuk keperluan sehari-hari dan penghasilan dari bisnis sampingan untuk hal yang anda sukai atau digunakan untuk menabung.

3. Mempersiapkan anda menjadi wirausaha

Apakah selama ini anda ingin membuat usaha sendiri, tetapi masih belum cukup modal? Maka dengan usaha sampingan bisa membantu anda dalam mengumpulkan modal itu. Selain itu, usaha sampingan dapat melatih pola pikir dan kemampuan wirausaha yang nantinya akan anda perlukan di saat terjun ke dunia bisnis.

Hal yang harus anda perhatikan sebelum membuka usaha sampingan

1. Atur waktu dengan cermat

Ingat di usaha sampingan, pekerjaan tetap anda masih menjadi prioritas utama anda, tetapi karena anda ingin menghasilkan pendapatan lebih, maka anda harus bisa dalam mengatur waktu agar tidak bentrokan dengan jam kerja.

Anda bisa melakukan kewajiban anda setiap harinya, tetapi karena sekarang ada usaha sampingan, maka sebaiknya anda menjalankan usaha sampingan anda ketika ada waktu kosong atau jam istirahat.

2. Estimasi modal

Modal memang penting, oleh karena itu sebelum memulai, anda bisa melakukan riset pasaran mengenai usaha anda dan perhatikan berapa banyak modal yang dibutuhkan, tetapi untuk usaha sampingan, harusnya anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Ketika anda sudah tahu berapa banyak modal yang dibutuhkan, anda bisa mengumpulkannya dengan menyisihkan gaji atau meminjam uang dari kerabat.

3. Strategi pemasaran

Anda pastinya mau usaha sampingannya itu dapat menarik pelanggan, bukan hanya sekadar pajangan produk/jasa, oleh karena itu ada baiknya kalau anda mempelajari strategi marketing sebelum membuka usaha sampingan.

Untuk usaha sampingan, sebaiknya anda menggunakan metode pemasaran internet yang tidak mengeluarkan banyak modal seperti pemasaran media sosial, peningkatan SEO, pay per click, ataupun menggunakan afiliasi.

4. Perhatikan arus keuangan

Arus keuangan juga penting karena baik usaha sampingan atau bukan pasti membutuhkan kas yang terus mengalir agar dapat beroperasi, tetapi sebaiknya anda pisahkan keuangan anda antara keuangan pribadi dan keuangan untuk pekerjaan.

Hal ini akan memudahkan anda dalam memeriksa arus kas sehingga akan lebih mudah lagi untuk mengembangkan usaha sampingan anda ke depannya.

Itu dia tadi beberapa hal yang diperhatikan sebelum membuka usaha sampingan . Bisa jadi usaha sampingan anda saat ini akan menjadi besar nantinya. Sehingga bukannya tidak mungkin jika anda akan keluar dari pekerjaan anda, dan serius dalam usaha anda,

Jika anda membutuhkan Software untuk bisnis anda, anda dapat menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP yang pastinya terdapat fitur akuntansi didalamnya. Selain fitur akuntansi, dalam software ERP terdapat fitur-fitur untuk mengelola seluruh aktivitas bisnis anda. Mulai dari produksi hingga penjualan. Dengan hanya mngeluarkan uang 9 juta saja, anda sudah dapat menggunakan Keysoft ERP. Konsutasikan gratis kebutuhan Software ERP anda dengan Keysoft sekarang dengan klik disini.

Recent Posts