Sistem ERP merupakan solusi terbaik bagi manajemen data yang lengkap dan menyeluruh. Bagi perusahaan, sistem ERP menjadi solusi untuk menganalisis data, membuat pekerjaan menjadi terotomatisasi, dan integrasi antar departemen yang ada di perusahaan dengan fitur ERP yang lengkap.
Anda perlu memilih sistem ERP yang tepat karena akan berdampak pada keberlangsungan manajemen bisnis Anda. Pilihlah yang fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Fitur ERP yang Wajib Digunakan Perusahaan di Indonesia
Sistem ERP banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia untuk mempermudah proses bisnis dengan mengintegrasikan dan mengotomatisasi fungsi-fungsi dari setiap departemen atau unit bisnis.
Sistem ERP memiliki fitur-fitur yang penting untuk manajemen data bisnis Anda. Adapun beberapa fitur ERP yang wajib digunakan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:
- Fitur Penjualan
Fitur ini sering dikenal dengan Point of Sales (POS). Bagian penjualan atau sales dapat mengakses informasi mengenai pelanggan dan riwayat penjualan.
Sedangkan bagian keuangan dapat mengakses data penjualan agar mendapat detail penjualan. Selain itu, fitur ini dapat membantu menghitung dan merekap hasil penjualan, menghitung stok secara otomatis, pencatatan penjualan produk, dan sistem loyalty untuk customer.
- Fitur Manajemen Keuangan
Fitur ini membantu tracking pendapatan dan pengeluaran serta dapat merencanakan pertumbuhan bisnis Anda. Fitur ini biasa disebut dengan fitur akuntansi yang dibuat untuk membantu bisnis dalam membuat keputusan pengeluaran biaya yang lebih baik.
- Fitur Manufaktur
Fitur ini dapat mencegah terjadinya downtime alat berat dan meningkatkan kualitas serta efisiensi dari produk yang dibuat oleh perusahaan. Umumnya sistem manufaktur akan melacak bahan yang Anda beli untuk memastikan perusahaan selalu memiliki persediaan.
Apabila persediaan yang dibutuhkan akan segera habis, Anda tidak perlu menunggunya karena sistem akan otomatis membuat pesanan baru.
- Fitur Supply Chain Management (SCM)
Sistem ERP umumnya memiliki fitur SCM yang dapat membantu para produsen, penyedia logistik, distributor, supplier, dan bisnis retail dalam mengelola aliran barang dan jasa di setiap lokasi agar lebih efisien dan efektif dari segi biayanya.
Sistem ERP akan memberikan data yang dimulai dari perolehan bahan baku hingga produk jadi yang akan dikirimkan ke pelanggan. Fitur SCM mengatasi urusan supply chain dari awal hingga akhir termasuk rencana permintaan, kontrol, dan pelaksanaan.
- Fitur Customer Relationship Management (CRM)
Fitur yang satu ini bermanfaat untuk menyediakan seperangkat alat terintegrasi untuk mengelola data pelanggan dan melacak interaksi dengan pelanggan.
Fitur ini dapat membantu memberikan insight terintegrasi mengenai pelanggan dan prospeknya, sehingga bisnis Anda bisa memperkirakan dan memutuskan yang terbaik mengenai kegiatan marketing, penjualan, dan customer service.
- Fitur Human Resource Management (HRM)
Fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan informasi mengenai karyawan dan membuat tugas terotomatisasi, seperti penjadwalan, perekrutan, dan peningkatan produktivitas karyawan. Selain itu, fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan payroll kepada karyawan.
- Fitur Reporting
Fitur reporting termasuk ke dalam kategori business intelligence yang dirancang untuk mengumpulkan riwayat data, membuat data tersebut dalam bentuk visual dan menganalisis serta melaporkan dokumentasi bisnis.
Reporting yang dibuat hampir semua jenis data termasuk penjualan, persediaan barang, manufaktur, keuangan, dan jenis data yang lainnya.
Tujuan fitur ERP ini adalah untuk meningkatkan kualitas laporan bisnis dengan interface yang mudah dipahami. Umumnya, sistem ERP memiliki fitur hak akses yang bisa membatasi pengguna untuk mengakses laporan tertentu untuk melindungi informasi berharga perusahaan.Itulah penjelasan beberapa fitur ERP yang wajib ada di perusahaan. Bila Anda ingin mendapatkan fitur-fitur tersebut dengan sistem ERP, Anda bisa memilih Keysoft yang menyediakan sistem sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.