Penerapan software ERP dapat menjadi salah satu kunci bagi para pebisnis agar usahanya menjadi lebih berkembang. Tidak hanya untuk bisnis besar, aplikasi dapat digunakan untuk usaha apa apapun, seperti ERP untuk UMKM.

Sebelum usaha Anda berkembang, terdapat beberapa proses yang harus dilakukan setiap pengusaha, namun terkadang seringkali dilupakan.

Hal tersebut yaitu penggunaan sistem operasi bisnis, pengelolaan, dan kontrol bisnis untuk memastikan seluruh kegiatan bisnis berjalan lancar tanpa hambatan. Seluruh komponen ini dapat digunakan melalui sistem otomatisasi yaitu ERP.

Tidak hanya usaha besar, usaha menengah bahkan kecil sekalipun membutuhkan sistem otomatisasi ini untuk mempermudah pengelolaan bisnis. Lalu, apa saja manfaat ERP untuk UMKM?

5 Manfaat ERP untuk UMKM

ERP untuk UMKM, Manfaat ERP untuk UMKM yang Perlu Diketahui

Berikut ini manfaat dari ERP untuk UMKM yang bisa Anda aplikasikan dalam pengelolaan bisnis, diantaranya: 

  1. Melihat Laporan Penjualan dan Stok Lebih Mudah

Penggunaan software ERP dapat memberikan kemudahan bagi para pengusaha mikro atau kecil menengah untuk membuat dan melakukan pengontrolan terhadap laporan penjualan serta stok barang secara real time.

Jadi Anda dapat memantau dan mengelola keluar masuknya barang secara jelas. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi saat pembuatan laporan.

  1. Susunan Data Transaksi Lebih Jelas

Status transaksi yang usaha Anda lakukan akan terekam jelas dan tepat melalui sistem ERP, mulai dari pemesanan barang hingga penerimaan barang. Sehingga kelalaian input data dapat diminimalisir.

Selain itu, melakukan pencetakan dokumen transaksi untuk mitra dapat dilakukan dengan lebih cepat, dikarenakan aplikasi ERP memiliki fitur cetak faktur dan laporan penerimaan barang. Sehingga membuat kinerja menjadi lebih efisien dan akurat.

  1. Penulisan Laporan Lebih Mudah

Salah satu laporan yang memiliki kesulitan jika dilakukan secara manual, yaitu laporan penambahan item. Jika Anda ingin membuat laporan penambahan item menggunakan cara manual, maka laporan tersebut harus dibuat secara terpisah.

Namun dengan menggunakan sistem ERP ini, Anda tidak perlu membuat laporan baru. Cukup dengan mengisi laporan penambahan barang yang akan dijual melalui satu akun dan satu aplikasi ERP.

  1. Laporan Lebih Valid

Sistem ERP dapat meminimalisir kesalahan pada seluruh kegiatan usaha Anda yang sebelumnya dilakukan secara manual atau akibat human error. Contohnya seperti pada saat mengerjakan manual report atau input data.

Laporan yang dibuat akan lebih akurat karena dapat menggabungkan seluruh data, dan proses input yang otomatis. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas usaha pada UMKM Anda.

  1. Pemantauan Secara Online

Manfaat lain yang didapat, yaitu Anda dapat memantau dan mengakses seluruh aktivitas yang terjadi pada kegiatan usaha secara online. Karena data usaha Anda akan tersimpan secara aman melalui server cloud yang terdapat pada software ERP.

Anda juga dapat melihat seluruh laporan melalui PC, smartphone, atau laptop yang memiliki akses internet. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses laporan secara real time.

Menggunakan software ERP untuk UMKM dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pada usaha Anda. Seperti contoh, yaitu bagian produksi yang dapat mengatur stok produk setiap hari sesuai jumlah pesanan tanpa kesulitan.

ERP by Keysoft sebagai salah satu penyedia layanan dapat membantu bisnis UMKM hingga perusahaan besar yang ingin mengoptimalkan, mengelola, dan mengintegrasikan data bisnis agar dapat diakses secara cepat dan tepat.Keysoft ERP untuk UMKM dilengkapi fitur unggulan yang dapat mempermudah kegiatan usaha hingga produksi Anda. Untuk pemesanan atau informasi selengkapnya, Anda dapat kunjungi laman kami atau WhatsApp +62822-7991-2005.

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami