Era Industri 4.0 dan Keuntungan Menggunakan Software ERP

 In Bisnis, Software ERP, Uncategorized

Kedatangan era industri 4.0 di Indonesia telah mengubah bagaimana pemilik perusahaan kecil maupun besar menjalani bisnis mereka. Hal ini dikarenakan era industri 4.0 mendatangkan perubahan yang lebih berbeda dengan era industri sebelumnya.

Era industri 4.0 akan menghadirkan kemampuan interaksi antara satu mesin dengan mesin lainnya tanpa memerlukan banyak bantuan dari tenaga manusia sehingga hal ini menuntut usaha kecil maupun besar untuk melakukan banyak perubahan agar bisa melayani konsumen di era ini lebih baik lagi, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan dari software ERP.

Software ERP ini harus digunakan oleh perusahaan yang ingin bersaing di era ini karena software ERP menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan siapa saja yang mau menerapkannya di sistem kerja mereka.

Berikut keuntungan menggunakan software ERP pada era ini:

1. Mengotomatiskan seluruh kegiatan operasional yang berulang

Kegiatan operasional seperti penggajian, manajemen sumber daya perusahaan, manajemen inventaris, membuat laporan keuangan, absensi karyawan, mengecek barang persediaan, dan sebagainya tidak hanya melelahkan, tetapi tidak memberikan dampak besar terhadap perkembangan perusahaan.

Untungnya, dengan menggunakan software ERP, anda tidak perlu khawatir mengerjakan kegiatan operasional tersebut sebab sudah menjadi fungsi utama dari software ERP untuk menyelesaikan secara otomatis seluruh kegiatan operasional yang bersifat ulang dan tidak membawa dampak perubahan.

2. Menghemat biaya dan tenaga

Kegiatan operasional seperti manajemen, membuat laporan keuangan, dan pengecekan inventaris bisa memakan banyak biaya dan tenaga karena jumlah tenaga staff yang dibutuhkan juga banyak.

Akan tetapi software ERP dapat menghemat biaya dan tenaga tersebut karena software ini akan mengerjakan kegiatan tersebut dengan cepat, akurat, dan lengkap semenjak software ERP ini dilengkapi dengan fitur analisis yang melebihi kemampuan analisis manual.

Dengan ini, jumlah staff yang anda butuhkan akan lebih sedikit yang secara otomatis jumlah biaya yang harus anda keluarkan juga akan lebih sedikit.

3. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Dengan kegiatan operasional yang berulang dan tidak berkontribusi besar dikerjakan oleh software ERP secara otomatis, maka hal ini akan memperbolehkan anda dan tim anda untuk fokus dalam mengerjakan hal yang lebih penting terhadap perkembangan perusahaan seperti pemasaran dan menyelesaikan proyek.

Menariknya lagi, software ERP dapat mengintegrasikan sistem kerja antar departemen perusahaan sehingga setiap departemen dapat mengakses informasi tanpa perlu mengganggu kinerja departemen lain sehingga hal ini akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi berkali-kali lipat.

4. Meningkatkan daya saing perusahaan

Di era industri 4.0 ini sudah banyak perusahaan yang menyadari kalau mereka harus secepatnya menggunakan software ERP agar bisa meningkatkan efisiensi perusahaan mereka dalam bersaing di pasaran luas.

Nah, dikarenakan mereka sudah menggunakan software ERP ini, tentu saja, anda juga harus mengikuti tren ini dengan menggunakan software ERP secepatnya. Karena jika tidak, dapat dipastikan kalau perusahaan anda memiliki banyak kelemahan dari segala sisi sehingga kemungkinan perusahaan tidak relevan atau rugi sangatlah besar.

5. Menjaga data perusahaan di tempat yang lebih aman lagi

Kasus pencurian data perusahaan tentu tidak mau anda alami. Untungnya, dikarenakan era industri 4.0 ini telah menghadirkan software ERP, maka anda bisa menjadikan software ERP ini sebagai tempat baru untuk menyimpan data perusahaan anda.

Software ERP memiliki ruang penyimpanan data yang terpusat dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih seperti firewall sehingga software ERP ini hanya akan memberikan akses ke pihak yang terpercaya saja.

 Jika melihat dari keuntungan yang akan anda dapatkan, maka segeralah menggunakan Software satu ini. Akan tetapi mungkin bagi anda yang memiliki usaha kecil hingga menengah, membeli software ini adalah suatu keputusan sulit. Hal ini disebabkan oleh mahalnya harga ERP. Tetapi jangan salah, Keysoft ERP adalah software ERP dengan harga terjangkau sekarang menawarkan cicilan. Anda dapat mencicil software ini dalam setahun dengan harga 1 jutaan saja perbulannya. Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini.

Recent Posts
faktur-pajak-adalah