Corporate Social Responsibility, Apa Fungsinya ?

 In Uncategorized

Track record yang baik dalam pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kelebihan bersaing untuk perusahaan yang dapat membantu anda mengarah ke sumber daya yang dibutuhkan perusahaan.

Corporate Social Responsibility merupakan format tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder atau pemangku kepentingan, dimana lebih jauh dari pada tersebut para berpengalaman menyatakan bahwa CSR mempunyai 3 pengertian yaitu:

  1. Melakukan perbuatan sosial, tergolong di dalamnya ialah kepedulian terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batas-batas yang dituntut atau diwajibkan dalam ketentuan perundang-undangan.
  2. Komitmen usaha yang dilaksanakan secara etis, beroperasi secara legal, serta berkontribusi terhadap penambahan ekonomi yang diiringi dengan peningkatak kualitas hidup karyawan tergolong keluarganya, komunitas lokal, serta masyarakat banyak.
  3. Komitmen bisnis guna turut serta ikut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan. Family pekerja, komunitas distrik tertentu, serta masyarakat umum secara borongan dalam rangka untuk menambah kualitas hidup bersama.

 

Corporate Social Responsibility (CSR) mempunyai fungsi untuk perusahaan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Social Licence To Operate (Izin Sosial Beroperasi)

Bagi sebuah perusahaan, masyarakat merupakan salah satu hal yang menciptakan perusahaan bergerak atau justru sebaliknya. Dengan demikian , masyarakat sekitar bakal mendapatkan tidak sedikit manfaat dari adanya perusahaan dilingkungan mereka.

Maka dengan sendirinya masyarakat bakal dapat merasa diuntungkan dan lama kelamaan bakal merasa mempunyai perusahaan. Jika sudah perusahaan bakal lebih leluasa guna dapat menjalankan pekerjaan usahanya di wilayah tersebut.

  1. Mereduksi Resiko Bisnis Perusahaan

CSR akan ini dapat menciptakan hubungan antara perusahaan dengan beerapa pihak yang tercebur menjadi makin baik, sampai-sampai risiko bisnis seperti adanya kerusuhan membangkang berdirinya perusahaan bisa berkurang.

Jika seperti tersebut maka biaya-biaya pengalihan resiko dapat dipakai sesuatu yang lebih bermanfaat untuk perusahaan maupun masyarakat.

  1. Melebarnya Akses Sumber Daya

Corporate Social Responsibility jika dikelola dengan benar maka bakal menjadi sebuah kelebihan bersaing untuk suatu perusahaan yang nantinya dapat menolong perusahaan dalam memuluskan jalan guna mendapatkan sumber daya yang diperlukan perusahaan.

  1. Melebarkan Akses Menuju Market

Seluruh investasi dan ongkos yang dikeluarkan untuk sebuah program CSR sebetulnya dapat menjadi suatu peluang untuk perusahaan guna mendapatkan market yang lebih besar.

Termasuk pun di dalamnya bisa segera membina loyalitas konsumen serta menjebol pangsa pasar yang baru. Hal ini disebabkan program CSR dapat menciptakan nama perusahaan menjadi lebih familiar dan dikagumi oleh masyarakat.

  1. Mereduksi Biaya

Program CSR juga dapat menghemat ongkos perusahaan laksana misalnya mengerjakan program CSR yang sehubungan dengan lingkungan dengan merealisasikan konsep daur ulang dalam perusahaan, sampai-sampai limbah perusahaan bakal berkurang dan ongkos untuk produksi pun akan lebih berkurang.

  1. Memperbaiki Hubungan Dengan Stakeholders

Pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) dapat menolong komunitas dengan stakeholders menjadi lebih tidak jarang dan erat, dimana urusan itu akan menambah keyakinan stakeholders untuk perusahaan.

  1. Memperbaiki Hubungan Dengan Regulator

Perusahaan yang mengerjakan corporate social responsibility pada lazimnya akan turut dapat meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Dimana pemerintahlah yang sebenarnya memiliki bertanggung jawab yang besar terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakatnya.

  1. Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan

Reputasi yang baik diserahkan dari perusahaan kepada stakeholders, masyarakat dan lingkungan, sehingga dapat menambah kehormatan tersendiri untuk para karyawan yang bekerja di perusahaan. Hal itu tentu dapat dominan pada peningkatan semangat serta produktivitas kerja karyawan.

  1. Peluang Mendapatkan Penghargaan

Perusahaan yang menyerahkan kontribusi besar untuk masyarakat dan lingkungan melewati program corporate social responsibility akan berkesempatan untuk dapat kesempatan menemukan penghargaan.

Recent Posts