Cara Promosi Produk Di Instagram

 In Marketing

Cara Promosi Produk di Instagram! Pasti masyarakat jaman now sudah tidak asing lagi dengan media sosial yang satu ini. Saat ini Instagram menjadi salah satu media pemasaran online yang paling banyak dipakai oleh para pebisnis online shop. Setiap orang yang memiliki akun instagram hampir 100% pasti mengikuti beberapa akun online shop. Dari sinilah pengguna seluruh pengguna instagram dapat dijadikan konsumen potensial untuk bisnis.

Mudahnya penggunaan instagram dan mengutamakan visual/ gambar tentunya mudah menarik perhatian pengunanya. Sebelum melakukan marketing online sebaiknya persiapkan strategi khusus untuk promosi di instagram. Ada beberapa cara promosi produk di instagram yang efektif dan efisien menarik minat beli pelanggan, antara lain:

  1. Konten video dan gambar

Yang paling utama dalam promosi di instagram adalah membuat seberapa menariknya video dan gambar dari produk. Menentukan tema untuk membuat konten yang menarik perhatian, membuat tema dengan mengutamakan jati diri produk kalian. Dan jangan lupa untuk memberikan keterangan/ review dari produk yang ditawarkan, pastikan memberi logo dan link pada gambar.

  1. Bio instagram

Berikan keterangan singkat tentang akun kalian pada bio dengan cara siapa pemilik akun? Nomor/ contact person yang bisa dihubungi, sertakan website jika ada, dan email. Hal ini akan mempermudah konsumen mencari dan menghubungi kalian untuk menanyakan produk.

  1. Posting

Rajinlah memposting secara berkala dengan intensitas waktu berbeda 5 sampai 10 kali sehari ini merupakan standart minimum online marketing. Jangan terlalu sering mengirim postingan karena orang akan merawa terganggu dan nantinya malah mengunfollow akun kalian. Setiap postingan yang dibuat pastikan untuk memberi hashtag (#), semakin banyak memberikan hashtag akan semakin baik. Pemberian hashtang akan mempermudah pencarian produk kalian oleh pengguna instagram lain dan juga mampu memberikan tranding dalam instagram. Selain hastang kalian juga perlu memberikan mention (@) tagging kepada para teman instagram agar informasi produk cepat diterima orang. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering memberikan mention kepada orang yang tidak dikenal karena dapat memblokir akun kalian.

  1. Kerja sama endorsment

Jika kalian memiliki modal lebih kalian dapat bekerja sama dengan artis atau selebgram (sebutan untuk selebriti instagram dengan follower terbanyak) untuk mempromosikan produk kalian di instagram. Hal ini akan sangat membantu untuk memasarkan serta mendatangkan konsumen lebih banyak dari pada promosi dengan cara psting biasa. Banyak selebgram yang mampu menarik perhatian konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Harga dari kerja sama ini lebih terjangkau dibandingkan dengan iklan di media cetak atau televisi.

  1. Pasang iklan (ads)

Selain bekerjasama dengan selebram kamu juga dapat memasang iklan ads yang sering muncul pada kolom postingan pengguna selain follower kalian. Buat split testing 4 sampai lima gambar yang paling menarik dari produk kalian, pihak instagram akan memberikan pilihan sebelum menerbitkan iklan ini. Seperti brand awareness, traffic, convention, dan lain sebagainya dengan ini kalian cukup memilih salah satu yang paling mewakili produk kalian.

  1. Give away

Give away atau hadiah gratis merupakan metode pemasaran paling efektif karena orang mudah terpengaruh dengan pemberian hadiah gratis ini. contohnya kalian dapat mengadakan kompetisi untuk membuat konten, desain, sharing terbanyak, pembelian terbanyak dan lain sebagainya dengan konsumen kalian.

Well, itulah 6 cara promosi produk di instagram yang mudah sekali diterapkan bagi kalian pengusaha baru atau pengusaha lama. Hal – hal diatas sangat baik sekali untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk.

Jika bisnis anda membutuhkan software akuntansi sebagai alat bantu pembukuan, anda dapat menghubungi kami DISINI

Recent Posts