Cara Mempromosikan Produk Di Facebook

 In Marketing

Sekarang ini ada banyak cara mudah untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Ada beragam media sosial yang dapat kalian gunakan untuk mempromosikan produk salah satunya adalah facebook. Media sosial yang satu ini merupakan tempat pemasaran yang terbukti efektif dibandingkan lainnya, sejak tahun 2010 lalu facebook mulai populer hingga saat ini.

Pengguna facebook sendiri tergolong banyak dan stabil, jangkaunnya yang luas tidak hanya di Indonesia saja melainkan seluruh penjuru dunia. Saat ini Facebook bukan hanya sebagai tempat chatting dan bersosialisasi saja, melainkan sebagai wadah pasar online terbesar. Tidak lain karena seluruh lapisan kalangan dapat mengaksesnya secara mudah dan gratis, dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Namun masih banyak yang belum paham cara memanfaatkan facebook sebagai pasar online, dan juga kurang memahami cara mempromosikan produk di facebook. Yuk simak penjelasan lengkap bagaimana cara mempromosikan produk di facebook, sebagai berikut:

  1. Akun facebook

Langkah pertama kalian harus membuat akun facebook untuk memulai promosi, untuk membuatnya cukup mudah. Kalian masuk ke aplikasi facebook kemudian mengikuti seluruh instruksi untuk mendaftar akun. Jika kalian sudah memiliki akun itu juga jauh lebih baik tentunya kalian tidak perlu mengumpulkan teman – teman baru.

  1. Mencari target pasar

Selanjutnya tentukan target pasar dengan mencari teman sebanyak – banyaknya baik pria, wanita, ataupun remaja. Batas maksimum teman di facebook kurang lebih 5000 orang, untuk mencari teman kalian tinggal mengundangnya dipencarian orang. Dalam mencari teman pihak facebook membatasinya maksimal 15 orang setiap harinya, hal ini untuk menghindari pemblokiran.

  1. Masuk komunitas

Buat atau masuk kedalam komunitas yang dapat digunakan sebagai sarana promosi, aktif bergabung dalam komunitas membuat produk kalian lebih cepat dikenal. Carilah komunitas yang sesuai target pasar dari produk tersebut, jika memasarkan produk kosmetik masuk komunitas kecantikan atau baju masuk komunitas fashion. Selanjutnya kalian dapat membuat komunitas/ page sendiri hal ini juga menguntungkan dalam promosi karena orang akan cenderung mencari barang yang diinginkan lewat page dengan nama produk. Dengan ini kalian tidak repot mencari, konsumen akan datang dan mencarinya sendiri.

  1. Soft selling

Soft selling adalah strategi/ kegiatan mempromosikan suatu produk secara halus, pelan namun pasti. Banyak penjual di facebook yang memasarkan produk dengan paksa memalui cara menandai beberapa teman secara random, hal ini malah akan menimbulkan efek negatif. Orang akan merasa terganggu dan membuat laporan ke pihak facebook sehingga akun kalian dapat di nonaktifkan permanen. Dengan metode soft selling kalian akan terhindar dari masalah – masalah seperti ini. Caranya sangat sederhana kalian harus memberikan konten berbau edukasi sehingga konsumen akan tertarik untuk membacanya, menandai teman yang dikenal terlebih dahulu, dan memberikan konten menarik untuk konsumen.

  1. Meningkatkan Edge rank

Di dalam facebook ada yang namanya news feed/ home yang dapat dilihat oleh seluruh orang dan teman. Disini kalian harus rutin memposting barang minimal 6 jam sekali jangan terlalu sering juga. Sertakan foto, video, dan link website jika memilikinya agar orang cepat tertarik dengan produk jualan kalian. Semakin banyak orang membaca, memberikan komentar, like dan share produk kalian akan cepat dikenal.

Itulah beberapa cara mempromosikan produk di facebook dengan tepat, aman, nyaman dan efisien tanpa mengganggu pengguna facebook lain. Strategi pemasaran yang seperti inilah sedang gencar – gencarnya dipakai oleh para pengusaha.

Recommended Posts