Brand Awareness dan Cara Dalam Meningkatkannya

 In Uncategorized

Brand Awareness adalah yang paling penting untuk bisnis apapun sebab tidak melulu mengundang konsumen untuk melakukan pembelian dari bisnis Anda untuk pertama kalinya, Brand Awareness pun membuat konsumen guna terus melakukan pembelian dari bisnis Anda. Orang-orang bakal lebih mungkin melakukan pembelian barang atau menggunakan jasa dari nama yang mereka percaya dan gampang dikenali, contohnya dari logo dan tagline bisnis anda, brand Anda ialah hal pertama yang akan hadir di benak konsumen saat mereka akan melakukan pembelian sesuatu. Di samping itu, andai mereka puas dengan brand Anda, bisa jadi kemungkinan besar mereka bakal memberi tahu orang lain tentang Brand Awareness Anda yang pasti saja bakal sangat menolong brand Anda.

Jadi bagaimana metodenya membangun brand awareness dengan irit supaya brand barumu dikenal orang?

 

  1. Buat tagline provokatif dan berbobot

Jangan anggap sepele yang namanya tagline brand Anda. Tagline yang asal-asalan justru dapat mencederai reputasi brand.  Pilih slogan Brand Awareness yang simpel, namun dapat berbicara dan dekat dengan sehari-hari pemakai. Slogan yang terlampau panjang dan ribet, justru dapat sulit dikenang dan malah tidak cukup nempel di kepala konsumen.

  1. Lakukan co-branding

Brand Anda barangkali masih baru dan belum banyak yang mengetahuinya. Kenapa gak kerja sama saja dengan Brand Awareness besar untuk mengerjakan event atau kampanye bersama? Setidaknya logo brand Anda dapat ikut di sejumlah materi promosi brand besar yang berkolaborasi dengan Anda. Jika brand besar itu punya jatah iklan disebanyak media, anda pun dapat memanfaatkan peluang itu. Barangkali bisa harga spesial guna mengiklankan. Namun dalam co-branding, tidak sedikit hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya, Brand Awareness yang mau anda ajak berkolaborasi harus punya profil konsumen yang sama dengan brand-mu.

  1. Buat situs yang baik secara tampilan dan konten

Tanpa website, produk Anda akan sulit dikenal masyarakat. Saat ini, situs kerap menjadi identitas dari Brand Awareness, perusahaan, badan pemerintah, sampai tokoh masyarakat. Tampilan website pasti harus unik dan user-friendly. Dan tidak boleh lupa untuk meluangkan konten-konten yang dapat mengedukasi masyarakat soal produkmu.

Lakukan update website setiap kali anda menggelar kampanye, promo, atau event baru. Dalam berinteraksi dengan pengunjung web, sediakan juga software chat di situs yang dikelola oleh customer care. Tunjukkan bila Anda peduli dengan keluhan dan kemauan mereka.

  1. Lihat analytics situs anda

Dari analytics website, Anda dapat melihat apakah ada penambahan atau penurunan Brand Awareness. Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk menyaksikan volume traffic situs Anda dan berapa jumlah share, likes, external links, dan komen dari pembaca yang Anda dapat. Di samping itu Anda juga akan dapat melihat berapa jumlah dari pengunjung situs yang mendatangi website Anda dengan mengetik URL di address bar mereka secara langsung. Itu ialah salah satu indikator untuk menyaksikan level brand awareness Anda.

  1. Social Media

Tidak melulu untuk promosi, Anda dapat menggunakan social media guna mengukur Brand Awareness Anda. Analytics social media dapat memberi tahu Anda mulai dari jumlah follower hingga seberapa banyak brand Anda mendapat respon/ retweet/ repost dari audience atau konsumen. Gunakan tools contohnya seperti Tailwind dan Buffer guna memonitor social media Anda. Demikian ulasan mengenai cara meningkatkan Brand Awareness customer, semoga bisa membantu dan selamat mencoba.

Selain itu, sistem akuntansi yang baik secara tidak langsung dapat membantu anda dalam meningkatkan Brand Awareness customer. Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts