Blast SMS , Apakah Efektif Dalam Bisnis? – Blast SMS atau penyerbuan SMS merupakan salah satu strategi marketing tercepat dibandingkan strategi marketing lain seperti koran, brosur, majalah, dan sebagainya. Namun, strategi ini biasanya digunakan oleh bisnis berbentuk B2B (Business to Business).

Alasan strategi ini dibilang salah satu strategi marketing tercepat dikarenakan SMS yang bisa sampai langsung ke target konsumen dengan kemungkinan sebesar 98% untuk dibaca.

Tapi informasi apa saja yang ada di dalam SMS itu? Biasanya, pesan yang ingin disampaikan oleh pengirim ke target konsumennya mengenai promosi produk/jasa yang mereka tawarkan dan pengirimpun berharap kalau SMS itu bisa menimbulkan respon ketertarikan terhadap produk/jasa yang mereka tawarkan untuk mereka jadikan sebagai calon klien.

Tapi dengan cepatnya strategi marketing ini dapat terlaksana, mungkin di kepala anda, muncul  pertanyaan seperti apakah blast SMS, efektif?. Nah, untungnya terdapat penjelasan di bawah ini mengenai keefektifan blast SMS ini, jadi kalau anda penasaran silahkan simak penjelasan berikut.

Keefektifan blast SMS

Walaupun blast SMS terkenal sebagai strategi marketing tercepat, tapi perlu anda tahu kalau blast SMS ini biasanya dipakai oleh para pebisnis yang masih amatir atau pebisnis yang usahanya masih baru dan juga dipakai oleh perusahaan besar.

Nah, dari sini pasti anda mulai meragukan keefektifan cara ini tapi bukankah tadi dijelaskan kalau blast SMS memiliki 98% kemungkinan untuk dibaca? Walaupun persentase itu termasuk sangat tinggi, tapi coba anda tanyakan kepada diri sendiri, seberapa persen dari 98% itu yang tertarik dengan isi SMS itu? memiliki 98% kemungkinan untuk dibaca? Walaupun persentase itu termasuk sangat tinggi, tapi coba anda tanyakan kepada diri sendiri, seberapa persen dari 98% itu yang tertarik dengan isi SMS itu?

Jawabannya hampir sama ketika anda mengirim email ke 100 orang dan hanya 1 sampai 3 orang saja yang terarik dengan apa yang anda tawarkan. Tapi perlu anda ketahui, membuat sebuah penjualan di zaman sekarang ini tidak bisa anda selesaikan dalam dua atau empat langkah saja melainkan sepuluh, karena penjualan membutuhkan hubungan yang dalam terlebih dahulu.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Perlu anda ketahui kalau perilaku konsumen zaman sekarang ini berbeda daripada dulu khususnya dengan munculnya media sosial di mana mereka bisa mendapatkan informasi secara mudah, sehingga hal ini juga mempengaruhi cara mereka membeli yang mengakibatkan sensitifnya diri mereka dengan teknik penjualan yang hanya menginginkan uang mereka.

Jadi, apa saja cara yang bisa meningkatkan keefektifan blast SMS?

1. Kenali masalah konsumen anda

Konsumen zaman sekarang melihat blast SMS yang langsung mempromosikan produk/jasa mereka sebagai tukang minta-minta saj. Nah tentunya anda tidak mau dianggap tukang minta-minta bukan?

Anda tentu ingin dikenal sebagai pemberi solusi oleh karena itu kenali masalah mereka terlebih dahulu, dengan itu anda bisa berbicara langsung dengan masalah mereka kalau anda memiliki solusinya, sehingga hal ini membuat konsumen semakin penasaran terhadap produk/jasa yang anda tawarkan.

2. Targetkan konsumen anda

Ketika anda sudah mengenali masalah konsumen anda, maka sekarang saat yang tepat untuk melakukan penargetan yang terarah karena anda ingin SMSnya sampai ke konsumen yang memiliki masalah yang produk/jasa anda bisa selesaikan.

3. Kirim SMS tambahan

Hal ini penting karena SMS pertama anda berisikan pahamnya anda dengan masalah yang mereka hadapi walaupun harusnya ada isi mengenai call to action, tapi jika mereka mulai tertarik dengan produk/jasa anda, maka anda bisa menambahkan SMS yang berisikan call to action, bisa itu agar mereka mengunjungi website, media sosial, customer service, dan media promosi lain yang anda miliki.

Jika anda melakukan Strategi ini kemungkinan untuk meningkatkan brand awareness akan sangat besar. Bukan tidak mungkin seseorang akan membeli produk anda jika terus menerus dikirimkan SMS seperti ini. Apalagi jika SMS berisi promosi yang cukup besar.

Jika anda membutuhkan Software ERP untuk bisnis anda, Anda dapat menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik di Indonesia yang telah dipercaya ratusan bisnis. Daripada anda menggunakan Software Akuntansi, lebih baik Anda menggunakan Software ERP. Dengan Harga yang tidak berbeda jauh, anda mendapatkan keuntungan lebih banyak daripada menggunakan Software akuntansi. Untuk konsultasi gratis anda dapat klik disini.

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami