Bagaimana Perusahaan Jasa Dapat Menggunakan Software Akuntansi

 In Bisnis

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana perusahaan jasa dapat menggunakan software akuntansi sebaiknya kalian memahami beberapa hal ini. Perusahaan jasa itu sendiri merupakan salah satu jenis usaha yang menawarkan pelayanan atau menjual produk tidak berwujud. Jika biasanya usaha jual beli menawarkan sebuah barang yang dapat dilihat wujudnya oleh mata, disini tidak memiliki produk yang dapat dilihat mata. Contoh beberapa perusahaan dalam bidang jasa seperti jasa dokter, jasa akuntan, jasa travel, layanan service, jasa pendidikan, hotel, perawatan kecantikan dan lain sebagainya.

Produk yang ditawarkan memang tidak dapat dilihat oleh mata namun dapat langsung kalian terima manfaatnya saat itu juga. Untuk software akuntansi sendiri merupakan salah satu sarana/ sistem untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola keuangannya serta memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan. Bagaimana perusahaan jasa dapat menggunakan software akuntansi? Jadi tidak hanya perusahaan yang menjual produk berwujud tetapi juga perusahaan jasa memerlukan software akuntansi untuk pengelolaan segala teransaksi keuangan. Pada dasarnya software akuntansi antara perusahaan jasa atau perusahaan biasa sama saja, yang membedakannya adalah tidak adanya pengendalian barang dangan dengan siklus umum.

Beberapa laporan software akuntansi yang tidak diperlukan pada perusahaan jasa seperti jurnal, buku besar, neraca saldo, neraca jalur, jurnal penutup, jurnal pembalik, dan sebagainya. Software akuntansi perusahaan jasa hanya meliputi pencatatan transaksi, nilai transaksi, biaya pendapatan, pajak, dan laporan hutang piutang. Dengan menggunakan software akuntansi pada perusahaan jasa akan memberikan sejumlah keuntunggan besar bagi perusahaan, antara lain:

  1. Pengelolaan data

Software akuntansi akan mengelola data keuangan lebih mudah hanya dengan melakukan penginputan data real time pada saat itu. Mempermudah oprasional divisi keuangan suatu perusahaan untuk mendapatkan laporan akuntansi yang tepat, akurat, efisien dan tidak memerlukan waktu lama.

  1. Memproses data

Sistem akuntansi juga akan lebih mudah dalam memproses data keuangan menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan untuk para pimpinan perusahaan. Selain itu laporan dari data akuntasi tersebut akan mempermudah perusahaan dalam perencanaan dan pengendalian usaha.

  1. Controler

Software akuntansi akan membantu melakukan kontrol keuangan secara rinci dan tepat terhadap aset perusahaaan serta hukum penyusutan. Hal ini juga membantu divisi keuangan untuk meminimalisir kecurangan dalam mengolah data keuangan yang dapat merugikan perusahaan.

  1. Efisien

Software akuntansi akan menghemat biaya serta waktu terhadap pengelolaan keuangan dan pelaporannya. Tidak hanya itu saja perusahaan akan lebih mudah dalam melaporkan SPT wajib pajak perusahaan setiap tahunnya, karena data sudah tersimpan jauh – jauh hari dengan tepat dan rinci.

  1. Akurat

Software akuntansi di perusahaan jasa dapat menyajikan data keuangan secara rinci dan akurat sitematis dalam periode akuntansi. Data akuntansi keuangan yang sudah disimpan bertahun – tahun lalu juga mudah untuk dicari jika ada audit atau untuk pelaporan SPT pajak. Selain itu akan lebih menghemat waktu dalam membuat laporan keuangan dibandingkan dengan membuat laporan keuangan secara manual. Sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan jasa jika menggunakan software akuntansi sebagai sarana penginputan dan pengelolaan data keuangan. Keuntunggan inilah yang diperlukan perusahaan jasa dalam mendukung pencatatan transaksi, pelaporan serta mempermudah dalam pengambilan keputusan saat terjadi masalah. Software akuntansi mampu memberikan analisa bisnis untuk perusahaan jasa agar perusahaan tetap berjalan dan banyak menghasilkan keuntungan finansial.

Recommended Posts