Aplikasi Manajemen Bisnis Terintegrasi untuk UMKM & Perusahaan

Berdasarkan laporan Global Market Research Insight, diperkirakan bahwa aplikasi manajemen bisnis pada tahun 2024 akan mencapai $23.04 billion atau hampir setara dengan Rp3.5 triliun. Hal tersebut didukung kenyataan bahwa semakin banyaknya perusahaan maupun UMKM (industri kecil) mulai melek tentang urgensi perkawinan antara teknologi dengan kegiatan bisnis.

Dengan dukungan teknologi yang dalam hal ini adalah perangkat lunak bisnis berbasis desktop atau seluler, maka proses bisnis akan lebih ramping dan mudah dikelola.

Apa itu Aplikasi Manajemen Bisnis?

Aplikasi Manajemen Bisnis, Aplikasi Manajemen Bisnis Terintegrasi untuk UMKM & Perusahaan

Aplikasi manajemen ini merupakan salah satu terobosan dalam dunia teknologi untuk membantu para pelaku bisnis, baik untuk industri UMKM maupun korporat. Hanya saja, banyak orang yang kemudian salah kaprah menyebutnya secara bergantian dengan software ERP.

Sebagai informasi, software ERP merupakan salah satu jenis aplikasi dalam manajemen bisnis. Setidaknya ada empat tipe yang berkembang, yaitu:

  1. Enterprise Resource Planning (ERP) software
  2. Supply Chain Management (SCM) software
  3. Manufacturing Execution System (MES) software
  4. Customer Relationship Management (CRM) software

Sejarah aplikasi ini dimulai pada 1990 an, yakni berangkat dari serangkaian upaya yang dilakukan oleh Gartner Group untuk memaksimalkan integrasi perangkat lunak komputer dengan kegiatan operasional perusahaan.

Aplikasi ini kemudian berhasil membantu menyederhanakan proses bisnis mereka mulai dari mengelola hubungan dengan supplier, mengelola inventaris, otomatisasi keuangan perusahaan, dan sebagainya. Sejak saat itu, aplikasi model ini mulai diadopsi banyak pelaku bisnis lainnya.

Seiring dengan perkembangannya, sekarang ini ada beberapa nama besar yang menjadi rujukan utama bagi perusahaan atau UMKM saat mempertimbangkan perangkat lunak ini. Misalnya SAP, Oracle, Baan, J.D. Edwards & Co., dan PeopleSoft Inc.

Pemanfaatan Aplikasi Manajemen Bisnis

Aplikasi manajemen bisnis kemudian terus mengalami evolusi dan mengalami banyak perkembangan. Untuk itulah aplikasi ini bisa digunakan oleh jenis atau skala bisnis apapun.

Sebut saja usaha industri manufaktur, pemerintahan, real estate, ritel dan grosir, jasa, pendidikan dan sebagainya.

Lebih jauh, perangkat lunak ini terbagi dalam tiga skema yakni on-premise (konvensional), sistem Cloud (SaaS), serta hybrid (kombinasi on-premise dan Cloud). Dengannya diharapkan bisa menjembatani segala kebutuhan tiap usaha.

Bagaimana Aplikasi Business Management Bekerja?

Aplikasi jenis ini diciptakan untuk mengintegrasikan berbagai informasi perusahaan dalam satu wadah. Untuk lebih jelasnya berikut poin-poin mengenai cara kerjanya:

  1. Mengelola sumber daya manusia atau kepegawaian serta meningkatkan produktivitas pekerja.
  2. Membantu dalam laporan penjualan atau pembelian perusahaan.
  3. Mencatat pemasaran perusahaan.
  4. Integrasi perencanaan usaha.
  5. Monitoring persediaan perlengkapan, bahan baku, maupun perlengkapan perusahaan.
  6. Membantu manajemen kegiatan atau proyek perusahaan.
  7. Menyimpan berbagai data dan dokumen seluruh departemen guna mempermudah pengawasan atau audit kinerja perusahaan secara real-time.
  8. Membantu analisis pelanggan demi meningkatkan pelayanan dengan menyediakan sumber relationship tracking dan penagihan.
  9. Mengurangi resiko eror dan double data entry karena sistem telah terintegrasi secara berkesinambungan sehingga tiap bagian dapat mengetahui sejauh mana informasi bergerak.
  10. Membantu mengurangi redudansi pengelolaan data perusahaan yang kemudian berefek pada penurunan biaya operasional perusahaan, dan masih banyak lagi.

Dari uraian di atas, maka bisa dikatakan bahwa aplikasi ini menawarkan dukungan untuk proses akuntansi, inventarisasi, hubungan perusahaan dengan pelanggan, integrasi dengan e commerce, serta mengontrol penjualan dan servis perusahaan.

Aplikasi ini memberikan global insight bisnis dengan harapan bahwa Anda bersama tim manajemen lebih mampu membuat keputusan-keputusan cerdas yang berbasis pada data dalam upaya meningkatkan daya saing perusahaan.

Keysoft ERP sebagai Pilihan

Keysoft ERP merupakan aplikasi manajemen bisnis jenis ERP karya anak bangsa dengan sistem hybrid. Kami hadir untuk memberikan layanan terbaik untuk merampingkan kegiatan bisnis Anda. Beberapa dukungan yang kami sediakan meliputi:

  1. Penyajian laporan keuangan.
  2. Pop Up Reminder untuk penagihan.
  3. Perhitungan persediaan barang import berbarengan dengan landed cost.
  4. Penggajian pegawai, pengawasan presensi dan absensi pegawai maupun segala hal yang berhubungan dengan kepegawaian.

Tak lupa karena proses bisnis bisa sangat memusingkan, aplikasi yang kami buat user friendly untuk kemudahan pengoperasiannya. Kami juga menyediakan jaminan untuk keamanan data.

Lebih jauh tentang kami, untuk mempermudah monitoring, controlling, managing, dan lainnya, aplikasi kami hadir dalam dua bentuk yakni versi desktop dan mobile. Serta kami tambahkan bahwa aplikasi kami bisa diintegrasikan untuk kepentingan perusahaan dan UMKM.Bagi Anda yang tertarik untuk tahu lebih jauh tentang layanan kami, segera hubungi tim kami di nomor 082279912005 atau saluran email marketing@keysoft.co.id. Anda juga bisa melakukan konsultasi online secara gratis di website kami. Kami tunggu kabar baiknya dari Anda.

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami