Apa Itu Payroll Dalam Software ERP?

 In Bisnis, Software ERP

Apa itu Payroll – Software ERP merupakan software yang sedang populer di kalangan pebisnis zaman sekarang karena software ini bisa membantu mereka dalam mengerjakan seluruh kegiatan operasional berkat modulnya yang sudah ada di setiap software ERP.

Namun, dari banyaknya modul yang ada di software ini, modul payroll bisa menjadi modul yang sering ditanyakan karena dari katanya, modul ini belum menjelaskan secara langsung fungsi kerjanya.

Jadi, Apa itu payroll? Bagi anda yang masih belum kenal dengan istilah payroll dalam software ERP, payroll merupakan modul yang ada di dalam software ERP yang bertugas dalam memudahkan proses penggajian karyawan perusahaan beserta pengarsipan pajak karyawan setiap bulannya.

Modul payroll ini akan dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena perusahaan yang memiliki karyawan pasti tahu kalau mereka harus menggaji karyawan mereka agar mau tetap bekerja dan untuk menghindari pelanggaran hukum.

Cara kerja payroll dalam software ERP:

Untuk memahami pengertian payroll lebih dalam, anda pastinya ingin tahu bagaimana bisa payroll ini dapat melakukan penggajian beserta pengarsipan pajaknya. Oleh karena itu, agar anda lebih paham, berikut cara kerja payroll dalam software ERP:

  1. Ketika perusahaan sudah mendekati akhir bulan, modul payroll akan memeriksa data kehadiran seluruh karyawan secara otomatis.
  2. Setelah itu, hasil data kehadiran karyawan akan diserahkan ke departemen HRD agar mereka bisa memproses penggajiannya orang per orang.
  3. Selain itu, departemen HRD juga akan menghitung atau mengoreksi hasil pajak dari jumlah gaji yang diterima (penghitungan gajinya akan memasukan gaji yang termasuk kenaikan atau yang merupakan perubahan).
  4. Pemberian gaji akan dilakukan oleh departemen keuangan. Maka dari itu, departemen HRD akan mengirim daftar gaji dan slip gaji seluruh ke departemen keuangan untuk dikoreksi perhitungan gaji setiap karyawan maupun perhitungan pajak gajinya.
  5. Jika terdapat kesalahan atau salah ketik, departemen keuangan akan mengirimnya kembali ke departemen HRD.
  6. Jika semua datanya sudah akurat dan lengkap, maka departemen keuangan akan menandatanganinya dan menyiapkan cek tunai sesuai dengan jumlah yang terdapat di dalam data, kemudian akan diserahkan kepada pimpinan perusahaan.
  7. Jika sudah diterima, pimpinan perusahaan akan menanda tangani daftar gaji seluruh karyawan kemudian melakukan transfer gaji Karyawan via Bank yang telah ditentukan.
  8. Akhirnya, karyawan bisa mengambil gaji mereka melalui kartu ATM Bank mereka.

Info lanjut mengenai Software ERP silahkan klik disini.

Jenis-jenis payroll

Seperti yang anda lihat, payroll ini dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan penggajian karyawan sehingga jika anda tertarik untuk menggunakan payroll ini, maka anda perlu mengetahui jenis payroll mana yang akan anda pakai karena setiap payroll memiliki spesialisasi sendiri. Berikut jenis-jenis payroll yang tersedia:

1.Payroll service

Payroll service bisa melakukan tugas penggajian secara efisien dan dapat menyimpan data perusahaan dengan aman sehingga payroll service sering digunakan oleh usaha kecil sampai menegah ke atas.

2. Hosted payroll

Hosted payroll merupakan jenis payroll yang dilakukan oleh pihak ke tiga yang biasanya berlokasi jauh dari perusahaan, tetapi pihak perusahaan bisa mengakses datanya melalui software ERP yang ada di perusahaan atau aplikasi.

Jenis payroll ini cocok bagi perusahaan yang tidak dapat melakukan penggajian sendiri, entah itu karena departemen keuangan atau HRDnya yang kurang atau terlalu sibuk untuk melakukan penggajian.

3. Cloud payroll

Cloud payroll merupakan jenis payroll yang hampir sama seperti hosted payroll. Hanya saja, jangkauan perusahaan lebih luas sehingga payroll ini cocok digunakan oleh perusahaan besar yang sudah memiliki banyak karyawan dan memiliki cabang di berbagai lokasi.

Demikian penjelasan kali ini, mengenai apa itu payroll . Payroll sangat dibutuhkan perusahaan agar membantu bagian HRD. Apalagi jika payroll yang terdapat dalam software ERP. Bukan hanya modul payroll saja yang akan anda dapatkan, tapi masih banyak modul lainnya yang menunggu anda.

 Konsultasi kebutuhan software ERP dalam modul payroll anda dengan Keysoft secara gratis dengan klik disini.

Recommended Posts
software erpSoftware-erp