5 Tips Penting Bisnis Perdagangan Internasional

 In Bisnis

Tips penting bisnis perdagangan internasional– Tentunya anda sudah tahu jika bersaing dengan pesaing luar sudah merupakan hal yang tak bisa dihindari lagi. Hal ini diakibatkan oleh dorongan era globalisasi di mana persaingan sudah bukan lagi di dalam negeri saja, tetapi era globalisasi ini mengharuskan anda untuk ikut bersaing di pasar internasional.

Hal ini menjadi suatu kewajiban apabila anda tidak mau tertinggal di persaingan yang semakin sempit ini, oleh karena itu anda harus terus berinovasi . Namun tetap saja banyak perusahaan yang masih belum siap memasuki persaingan internasional. Baik itu karena belum paham bagaimana persaingan internasional bekerja, takut mengambil risiko yang lebih tinggi, kekurangan modal, dan sebagainya.

Apabila anda juga sedang mengalami masalah yang sama, untungnya ada beberapa tips yang bisa membantu anda menjalakan bisnis internasional khususnya di bisnis perdagangan. Akan tetapi, anda harus tahu terlebih dahulu berbisnis di pasaran internasional itu berbeda dengan berbisnis di pasaran dalam negeri. Jadi tips apa saja yang wajib anda ketahui sebelum menjalankan bisnis dagang internasional?

5 Tips penting bisnis perdagangan internasional

1. Pahami peraturan ekpsor/impor

Setiap peraturan itu penting khususnya dalam bisnis ekspor/impor. Jadi sebelum anda memasuki bisnis dagang internasional anda perlu mengetahui aturan ekspor/impor yang berlaku di setiap negara. Hal ini diikarenakan di setiap negara memiliki aturan yang berbeda, bisa saja ada beberapa barang yang tidak boleh masuk ke negara tujuan ekspor anda. Selain itu, dengan mengetahui peraturan ekspor/impor akan memudahkan anda dalam menjalankan bisnis dagang anda dan memudahkan dalam memilih calon pembeli yang memang tertarik dengan barang dagangan anda. Jadi dengan memahami aturan ekspor/impor anda benar-benar tahu apa yang harus anda lakukan dan tidak.

2. Lihat kondisi pasar internasional

Apa gunanya memperdagangkan barang yang tidak ada peminatnya? Oleh karena itu anda harus mencari tahu dengan kondisi pasar internasional baik dari segi geografis, demografis, dan psikografis. Hal ini akan memudahkan anda untuk menentukan target pasaran anda yang memang tertarik dengan barang dagang yang anda tawarkan, sehingga peluang lakunya barang dagangan anda di pasar internasional lebih besar.

3. Buat rencana pemasaran terlebih dahulu

Agar bisa menjamin kelancaran bisnis anda di pasar internasional sangat di sarankan untuk memiliki rencana perdagangan terlebih dahulu. Pikirkan strategi masuk, keluar, dan manajemen keuangan yang praktikal dalam dunia perdagangan. Walaupun hal ini bisa memakan waktu anda, tapi dengan perkembangan teknologi sekarang anda bisa mencari data akurat yang berhubungan dengan peluang bisnis anda di pasar internasional tanpa meresikokan modal yang lebih besar.

4.  Tawarkan nilai bukan harga

Seperti yang anda ketahui kalau persaingan di pasar internasional itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan pasaran dalam negeri. Cara mereka memasarkan barang dagang mereka juga berbeda, karena pesaing yang bertahan di pasar internasional mengikuti perubahan zaman. Jadi teknik pemasaran cara lama seperti promosi, diskon, dan sebagainya mungkin tidak begitu efektif karena di zaman digital sekarang ini sudah bukan lagi soal harga melainkan para konsumen lebih peduli terhadap keunikan dan nilai yang di tawarkan. Oleh karena itu anda bisa memikirkan apa yang membuat binis anda berbeda dengan yang lain.

5. Meminta bantuan dari yang ahli

Perdagangan internasional bisa menjadi hal yang rumit dengan banyak tantangan seperti bea cukai, pajak, pengaruh politik, bahkan cuaca. Oleh karena itu jika anda masih pemula di binis dagang internasional disarankan untuk meminta bantuan dari konsultan yang memang ahli dalam urusan perdagangan sehingga anda bisa belajar lebih banyak dan memudahkan anda dalam membuat keputusan nantinya.

5 tips ini sangat berguna jika anda ingin melakukan bisnis perdagangan internasional. Dengan begitu bisnis perdagangan Internasional anda akan berkembang. Selain itu anda harus mulai berinvestasi Software ERP yang memudahkan anda dalam ekspor dan impor. Keysoft adalah solusi kebutuhan software ERP anda yang sudah digunakan lebih dari 400 perusahaan di Indonesia. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan software ERP anda secara gratis dengan menghubungi kami disini.

Recommended Posts