5 Software ERP ini cocok digunakan Untuk Pabrik di Indonesia

 In Software ERP

Software ERP untuk Pabrik – Tidak seperti jenis perusahaan lainnya, menjalankan pabrik bisa menjadi sangat sulit karena dalam satu harinya pabrik bisa melakukan banyak aktivitas operasional, mulai dari penghitungan bahan baku, proses produksi, stok gudang, manajemen sumber daya manusia, distribusi, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Tentunya, dengan aktivitas serumit itu, maka harus dilakukan pencatatan laporan keuangan karena jika tidak, maka hal ini akan memperlambat pihak manajemen dalam membuat keputusan untuk bulan depannya, bahkan aktivitas pabrik yang tidak tercatat dapat merugikan pabrik yang memperbesar risiko kebangkrutan.

Maka dari itu, pemilik bisnis zaman sekarang sudah banyak menggunakan software ERP karena mereka tahu jika mereka mengelola pabriknya secara manual, maka hal ini akan menurunkan produktivitas mereka dalam mengerjakan hal yang lebih penting untuk perkembangan usahanya.

Nah, kalau sekarang anda juga sedang mencari software ERP untuk memperlancar aktivitas usaha anda, maka sekarang anda berada di tempat yang tepat karena jika anda membaca ulasan berikut, anda akan tahu 5 software ERP mana saja yang sering digunakan oleh pabrik. Berikut 5 software ERP untuk pabrik:

Software ERP untuk Pabrik

1.Keysoft ERP

Keysoft versi delta dirancang secara khusus untuk membantu pabrik yang ada di Indonesia dalam mengoptimalkan proses manufaktur mereka, mulai dari perencanaan, manajemen kerja, kontrol kualitas, pengelolaan inventaris dan penjadwalan produksi.

Selain itu, software ERP ini memungkinkan penggunanya untuk memprediksi bahan baku, pengecekan kualitas mesin, mengalokasikan biaya operasional, payroll dan sebagainya.

Harga dari sistem ini bisa bervariasi, tetapi dikarenakan kelengkapannya, sepertinya software ERP ini hanya akan cocok jika anda memiliki pabrik berskala besar. Selain itu, dalam Keysoft tidak adanya biaya perpanjangan license. Dan dapat di integrasikan dengan Software lain di pabrik anda.

2. Microsoft Dynamic NAV

Sering dikenal lebih dari sekadar software ERP, Microsoft Dynamic NAV dilengkapi dengan fitur business intelligence, collaboration, dan communication tools sehingga cocok jika pabrik anda memiliki pasaran skala menegah sampai skala besar.

Adapun kelebihan lain dari Microsoft Dynamic NAV seperti membantu penggunanya dalam mengelola laporan keuangan, akuntansi, manajemen proyek, pembelian/penjualan, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan layanan Microsoft Dynamics NAV, anda diharuskan untuk membayar sekali atau langganan bulanan sebesar $210.

3. EQUIP

Software ERP EQUIP merupakan software ERP yang dapat membantu berbagai ukuran perusahaan manufaktur di Indonesia untuk menjalankan siklus manufakturnya seperti pengaturan work order, manufacturing order, pengelolaan bahan baku, dan sebagainya.

Software berbasis cloud computing ini juga dilengkapi dengan fitur tercanggih dan menawarkan biaya implementasi yang lebih rendah dibandingkan software ERP lainnya sehingga anda bisa menyesuaikan softwarenya sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

4. Oracle

Software ERP yang berbasis cloud computing lainnya adalah Oracle, tetapi tidak seperti kebanyakan software cloud lainnya, Oracle lebih memfokuskan diri pada peningkatan kemampuan eksekusi lantai pabrik.

Selain itu, oracle juga menawarkan fitur lengkap untuk membantu penggunanya ketika sedang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan data, melacak biaya terperinci, dan mengombinasikan softwarenya dengan perangkat keras IoT.

 5. SAP

SAP merupakan software ERP yang menawarkan sistem integrasi yang berarti anda bisa mengintegrasikan perangkat lunaknya dengan perangkat keras Industrial Internet of Things atau IIoT.

Selain itu, SAP bisa menjadi pilihan anda jika pabrik anda sedang mencari software ERP yang paling mudah diterapkan karena software ini juga dilengkapi dengan sistem teknologi yang canggih.

Contohnya, SAP Manufacturing Execution dapat memberikan visibilitas produksi, SAP HANA Manufacturing Solutions dapat memberikan data analitik real time sehingga bisa membantu pihak manajemen untuk mengambil keputusan.

Bagi anda yang mempunyai usaha pabrik di Indonesia memang sebaiknya menggunakan Software ERP. Apalagi dalam menghadapi era Industri 4.0. Dengan begitu seluruh aktivitas pabrik anda akan mudah untuk dikontrol. Jika anda ingin mengonsultasikan kebutuhan software ERP untuk pabrik anda dengan Keysoft, anda dapat berkonsultasi via whatsapp disini. Selain itu anda juga dapat meminta demo produk Keysoft ke tempat anda dengan klik disini.

Recent Posts