5 Manfaat Software ERP Bagi Perusahaan

 In Software ERP

5 Manfaat Software ERP bagi Perusahaan – Harus menggunakan software ERP atau tidak bisa menjadi pilihan yang menyulitkan bagi perusahaan, terutama bagi anda yang baru menggunakan software dan belum berani melakukan perubahan. Tetapi anda perlu tahu bahwa tidak peduli seberapa sulit perubahan itu, hal yang paling berbahaya adalah tidak berubah. Karena anda tahu sendiri kalau di luaran sana, pesaing anda akan melakukan perubahan untuk mengembangkan bisnis mereka sehingga jika anda tidak mengikutinya, bisnis anda akan kalah bersaing.

Maka dari itu, jika anda ini benar-benar ingin melihat perubahan yang positif dan hasil yang memuaskan, maka anda harus mengambil langkah penting dengan menggunakan software ERP. Tetapi apakah anda tahu apa yang dimaksud  dengan software ERP?

Bagi anda yang tidak tahu, software ERP merupakan jenis software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengatur dan memanajemen seluruh aktivitas operasional yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri dengan cara mengotomatiskan aktivitas tersebut dengan software.

Saat anda mulai mengaplikasikan software ini ke dalam bisnis, anda juga bisa merasakan manfaat dari software ERP ini bagi perusahaan anda, tetapi agar anda lebih yakin untuk menggunakan software ini, ada baiknya jika anda memperhatikan 5 manfaat software ERP bagi perusahaan.

1. Mengembangkan skala bisnis

Menggunakan software ERP mungkin membutuhkan investasi yang tidak sedikit. tetapi dikarenakan pengaruh dari luar seperti perubahan teknologi dan permintaan konsumen yang semakin meningkat, maka dengan berinvestasi lebih awal, anda bisa menggunakan software ERP untuk mengembangkan skala bisnis anda lebih cepat dan memenangkan persaingan dunia digital tanpa perlu melakukan banyak kesalahan yang mahal.

Apa lagi, saat ini masih belum banyak perusahaan yang mengaplikasikan software ini ke dalam usaha mereka sehingga dengan menggunakan software ERP, bisnis anda akan memiliki banyak keuntungan.

2. Menghemat biaya operasional

Tidak seperti cara manajemen konvensional, software ERP dapat membuat aktivitas kompleks perusahaan seperti pembagian tugas karyawan, penggajian, dan penyusunan laporan keuangan untuk dikerjakan dengan sendirinya atau diotomatiskan sehingga dengan adanya fitur otomatis ini, anda bisa menghemat biaya operasional, dan anda juga bisa menggunakan biaya itu ke hal yang lebih penting lagi.

3. Memaksimalkan proses kolaborasi

Proses kolaborasi yang maksimal sangat diperlukan oleh perusahaan untuk berkembang, tetapi masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam menjalankan proses tersebut dikarenakan pihak departemenn / divisinya yang berpisah-pisah.

Kalau perusahaan anda juga termasuk salah satunya, maka untuk menangani masalah ini, software ERP memiliki sistem informasi terpusat sehingga setiap departemen bisa mengakses informasi tanpa mengganggu pihak lain.

4. Meningkatkan keamanan data

Perusahaan sangat khawatir terhadap kerahasiaan data karena kebocoran data bisa merugikan perusahaan, terutama kalau datanya jatuh di tangan pesaing. Untungnya, software ERP dapat menjamin kerahasiaan itu karena software ERP dilengkapi dengan firewall protection yang hanya mengizinkan akses penggunanya atas izin pihak administrasi dan software ini juga memiliki fitur cloud yang bisa menyimpan data perusahaan jika suatu saat terjadi perubahan data secara mendadak.

5. Meningkatkan layanan pelanggan

Melayani pelanggan secara maksimal itu penting jika anda ingin pelanggannya setia terhadap perusahaan anda. Dengan menggunakan software ERP, anda bisa tingkatkan pelayanan itu karena software ini menawarkan penggunanya untuk mengakses informasi dan riwayat pelanggan sehingga anda bisa memahami masalah mereka lebih dalam dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah mereka yang hanya bisa didapatkan di perusahaan anda.

Itu adalah beberapa manfaat Software ERP bagi perusahaan. Sebenarnya selain 5 manfaat tadi, ada banyak sekali manfaat Software ERP bagi bisnis anda. Yang paling utama adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bisnis anda. Mungkin masalah utama yang anda pikirkan adalah harga dari Software ERP. Tapi ternyata di Indonesia terdapat Software ERP dengan harga terjangkau yaitu Keysoft. Walaupun mempunyai harga yang terjangkau, Keysoft sudah dipercaya lebih dari ratusan bisnis di hampir seluruh Indonesia sebagai Software ERP yang berkualitas. Anda juga dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda secara gratis dengan klik disini. Jadi tunggu apalagi? Kelola bisnis anda menggunakan Software ERP sekarang juga.

Recommended Posts