4 Strategi Meningkatkan Market Share Bisnis Anda

 In Marketing

Strategi Meningkatkan Market Share – Memiliki binis bukan sekadar melakukan transaksi jual/beli. Agar bisnis anda bisa tetap bersaing maka meningkatkan market share itu sangat diperlukan. Meningkatkan market share atau pangsa pasar sendiri merupakan sebutan lain untuk memperbesar bisnis yang perlu dicapai setiap perusahaan khususnya perusahaan yang telah berkembang besar.

Hal ini perlu anda lakukan karena market share akan menggambarkan persentase industri anda atau total penjualan di pasaran selama periode waktu tertentu, sehingga market share bisa memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan anda dan kaitannya dengan pasar atau pesaingnya untuk memaksimalkan strategi pemasaran anda kedepannya.

Dengan meningkatnya market share, maka permintaan dari pasar juga meningkat, serta produksi barangnya, sehingga hal ini bisa menarik lebih banyak pelanggan yang berarti lebih banyak penghasilan.

Tetapi meningkatkan market share bukanlah hal yang mudah karena banyak sekali tantangan seperti persaingan yang semakin ramai, strategi yang sulit diaplikasikan, penargetan pasaran, dan sebagainya. Jadi tingkatkan market share setelah perusahaan anda berkembang besar jika tidak sebaiknya tingkatkan laba terlebih dahulu.

Tapi, jika anda serius dalam meningkatkan market share, maka ada beberapa strategi baru yang bisa memudahkan anda dalam meningkatkan market share. Berikut ini adalah 4 strategi untuk meningkatkan market share:

Strategi Meningkatkan Market Share

1. Buat konsumen anda tetap setia

Salah satu cara yang terbukti efektif agar bisa meningkatkan penjualan anda adalah dengan menjaga konsumen yang pernah membeli sesuatu dari bisnis anda agar tetap membeli terus dari anda, bukan membiarkan mereka membeli secara gonta-ganti ke pesaing anda.

Karena inilah kesalahan yang sering dilakukan perusahaan dalam mengembangkan bisnis mereka. Karena bukannya menjaga pembuat uang mereka diam di tempat mereka, mereka malah berburu klien baru terus-terusan. Sehingga hal ini hanya menghabiskan waktu mereka.

Nah, agar anda bisa menjaga konsumen anda tetap setia, anda bisa melakukannya dengan menawarkan pelayanan spesial, memberi mereka dengan konten yang informatif, beri mereka hadiah jika mereka mau ikut serta dalam suatu program, dan sebagainya.

2. Masuk ke strategi pemasaran baru

Zaman digital ini telah memaksa anda untuk mengikuti perubahan oleh karena itu agar anda tidak kalah bersaing dengan pesaing anda, maka anda juga harus menggunakan strategi yang baru, bukan yang lama karena apa yang bekerja dulu tidak berarti akan bekerja sekarang.

Strategi baru yang dimaksudkan di sini adalah strategi pemasaran online. Perlu anda ketahui 68% orang Indonesia bergantung pada penggunaan internet ketika mencari informasi untuk pembelian produk/jasa. Jadi, anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas penjualan anda dengan penggunaan website, media sosial, dan sistem SEO.

3. Pilih tim yang profesional

Apakah anda merasa setiap strategi yang anda laksanakan sepertinya sudah bagus, tapi rasanya ada yang kurang? Kalau begitu sebaiknya anda cek performa tim anda terlebih dahulu.

Karena agar perusahaan bisa tetap berjalan dengan baik, kerja sama tim yang terkoordinasi sangat diperlukan. Tapi tidak sembarang tim bisa anda andalkan, anda membutuhkan tim yang penuh dengan pemain kinerja tinggi yang bisa menghasilkan peningkatan market share di pasaran.

Tapi kalau memang anda tidak bisa menggantikan tim anda dengan yang baru atau tim anda sedang mengalami penurunan kinerja, maka sebaiknya anda memberikan mereka pelatihan agar menjadi lebih baik lagi karena menemukan orang terbaik adalah hal yang sulit.

4. Minta bantuan

Tentunya, mengembangkan bisnis sendiri merupakan hal yang sulit dan kadang strategi yang anda laksanakan mungkin tidak begitu sempurna. Nah, karena anda tidak begitu tahu tentang semuanya, sebaiknya anda meminta bantuan secepatnya dari para profesional seperti konsultan.

Konsultan bisnis akan membantu anda dalam meningkatkan market share bisnis anda dengan menyediakan rencana yang sudah terbukti efektif, cara pendanaan yang tepat, dan menyediakan informasi tentang kondisi perasingan.

Strategi-strategi meningkatkan market share usaha ini harus mulai anda coba. Apalagi jika Usaha anda sudah berkembang menjadi lebih besar . Selain meningkatkan market share, hal lain yang perlu anda lakukan saat usaha anda berkembang menjadi lebih besar adalah software ERP. Software ERP adalah sebuah investasi yang harus anda lakukan saat bisnis anda berkembang besar agar dapat memudahkan dan mengintegrasikan usaha anda. Software ERP tersebut juga harus sudah dipercayai banyak perusahaan. Maka anda harus menggunakan Keysoft. Keysoft adalah software ERP yang sudah digunakan lebih dari ratusan bisnis di indonesia. Untuk konsultasi secara gratis dengan Keysof anda dapat klik disini.

Recent Posts