Perbedaan Reseller dan Dropshipping Beserta Keuntungannya

 In Bisnis

Perbedaan Reseller dan Dropshipping – Menghasilkan uang dengan membangun bisnis online di zaman digital sekarang ini jauh lebih mudah dibandingkan zaman industri karena sekarang itu ada namanya internet. Dengan internet , anda bisa menemukan peluang bisnis yang sangat luas. Hal ini dapat dilihat dari pengguna internet yang mencapai 4.33 milyar pengguna internet yang aktif.

Namun, namanya bisnis pasti membutuhkan modal yang cukup besar. Walaupun jumlahnya lebih kecil daripada membangun bisnis konvensional, tetapi bagaimana dengan anda yang selalu bermimpi untuk membangun bisnis sendiri, tetapi anda sendiri saat ini tidak memiliki modal?

Walaupun bisnis membutuhkan cukup banyak modal, tetapi berkat internet juga saat ini ada bisnis yang membutuhkan sedikit sampai ada yang tidak memerlukan modal .Bisnis ini adalah reseller dan dropshipping.

Pilih menjadi reseller atau dropshipping? Pertanyaan tersebut bisa menjadi hal yang membingungkan karena kalau anda sendiri masih baru di dunia bisnis mungkin anda belum tahu perbedaan antara dropshipping dengan reseller. Maka ini adalah perbedaan Antara reseller dan dropshipping.

Perbedaan reseller dan dropshipping

Bagi anda yang baru maupun lama di dunia bisnis, pasti anda sudah pernah mendengar kata reseller dan dropshipper. Tapi mungkin anda belum begitu mengetahui apa perbedaan diantara keduanya. Agar anda nantinya tidak keliru lagi, langsung saja dibahas perbedaan antara keduanya.

Dropshipper merupakan teknik pemasaran online di mana anda sebagai pelaku bisnisnya tidak perlu menyimpan stok barang karena barangnya akan disimpan oleh produsen, distributor, agen, atau supplier yang anda ajak untuk bekerja sama. Tetapi anda diharuskan untuk memasarkan produknya, dan ketika ada konsumen yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan, anda bisa meneruskan orderannya ke produsen atau supplier, dan biarkan produsen atau supplier yang mengirimkannya produknya ke konsumen atas nama droshipper tersebut.

Sedangkan untuk reseller, anda sebagai pelaku bisnisnya bertugas untuk menjual kembali produk dari produsen, distributor, atau supplier yang anda ajak untuk bekerja sama. Tetapi anda diharuskan untuk memiliki stok barang sehingga ketika barangnya sudah habis, anda bisa meminta stok barangnya lagi dari produsen atau supplier.

Keuntungan reseller dan dropshipping

Sekarang anda tahu tentang perbedaan antara reseller dan dropshipping. Dari perbedaan diatas mungkin anda akan lebih tertarik untuk menjadi Dropshipper. Karna selain hanya memasarkan produk melalui online, anda juga tidak perlu melakukan stock barang yang memerlukan modal yang cukup besar. Tetapi sebelum anda memilih untuk menjadi dropshipping (anda tahu anda tidak perlu menyimpan stok yang membuat rumit), ada baiknya kalau anda menyimak ulasan berikut karena reseller dan dropshipping memiliki keuntungan tersendiri. Jadi, apa saja keuntungannya? Yuk, simak ulasannya!

1. Keuntungan reseller

  • Strategi pemasaran yang lebih efektif

Dengan adanya stok barang, anda bisa membuat strategi pemasaran yang lebih efektif karena anda mengetahui info sepenuhnya tentang produk anda, mulai dari ukuran, warna, varian, kualitas, bahan, dan jumlah barang sehingga anda bisa menjelaskan produk anda ke konsumen lebih detail. Dan semenjak anda menyimpan barangnya, anda juga bisa menjual barangnya secara fisik sehingga anda juga bisa memaksimalkan pemasaran konvensional.

  • Mengetahui Stok barang

Mirip dengan poin pertama, mengetahui stok barang adalah salah satu kelebihan reseller dibandingkan dengan dropshipper. Terkadang customer menginginkan barangnya dikirim secepatnya. Hal ini menjadi keuntungan reseller karna reseller mengetahui jumlah stok barang yang mereka jual. Apalagi jika customer ingin membeli barang dengan jumlah yang besar. Hal ini tentu akan menguntungkan reseller.

  • Laba yang lebih besar

Anda memegang kendali sepenuhnya atas produk anda sehingga anda bisa menentukan persentase laba margin di setiap produk yang anda jual. Tidak seperti dropshipping yang mana produsen bisa menjadi keberatan kalau anda minta laba yang lebih besar

2. Keuntungan dropshipping

  • Modal lebih kecil

Dikarenakan anda tidak perlu membeli stok barang terlebih dahulu, maka anda bisa menghemat modal anda untuk anda pakai ke dalam hal berguna lainnya seperti memaksimalkan strategi pemasaran dan lain-lain. Bahkan anda tidak perlu modal sama sekali untuk memulai bisnis ini. Karna anda hanya perlu memberikan pesanan customer anda kepada produsen.

  • Resiko lebih kecil

Menyimpan stok barang dalam jumlah banyak bisa sangat beresiko karena jika barang tersebut tidak terjual, maka barang anda hanya akan mengalami kerugian. Maka ini menjadi keuntungan bagi dropshipper yang tidak memerlukan adanya stok barang.  

  • Tidak repot dalam pengemasan dan pengiriman barang

Selain itu, dengan menjadi dropshipper, anda tidak perlu repot dalam melakukan pengiriman barang atau mengemas barangnya. Karna anda hanya meneruskan pesanan kepada supplier ataupun produsen anda. Sedangkan supplier atau produsen akan melakukan pengemasan dan juga pengiriman dari pesanan customer anda.

Itulah perbedaan dan keuntungan reseller dan dropshipping. Jadi, dari ulasan tadi, manakah yang sesuai dengan karakteristik usaha anda? Apakah anda orang yang tidak mau repot? Atau anda ini orang yang berani mengambil risiko untuk meraih keuntungan yang lebih besar?

Jika bisnis online anda sudah semakin besar dan sudah mempunyai banyak reseller dan dropshipper, pastinya anda sudah membutuhkan sebuah software untuk membantu bisnis anda. Tapi software apa yang dibutuhkan oleh bisnis anda? Software akuntansi kah? Ternyata software akuntansi belum begitu tepat untuk bisnis anda. Apalagi jika bisnis anda melakukan import barang. Pastinya hal itu akan memusingkan, apalagi semakin besar bisnis anda maka semakin banyak barang yang akan anda import. Maka dari itu anda membutuhkan Software ERP. Software ERP yang tepat bagi bisnis anda dengan harga terjangkau adalah keysoft. Keysoft sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dengan customer hampir di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat fitur purchase import yang akan memudahkan anda dalam perhitungan barang import dengan landed cost secara otomatis. Segera konsultasikan kebutuhan Software ERP anda dengan Keysoft dengan klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt