Peranan QR Code yang Penting Dalam Usaha Anda

 In Bisnis

Peranan QR Code Dalam Usaha – Di zaman yang semakin modern ini siapa sih yang tidak kenal dengan namanya QR code? Setidaknya anda pernah melihat QR code dimana-mana, bisa itu di cafe, toko, di aplikasi media sosial, kiriman paket, dan lain-lain.

Tapi apakah anda tahu fungsi dari QR code itu untuk apa? Qr code atau Quick Respond code merupakan pengembangan kode matriks dari pendahulunya yaitu bar code dalam satu dimensi, tetapi QR code di sini memiliki pengembangan model dua dimensi sehingga memungkinkan penyimpanan informasi dan tingkat kecepatan yang melebih bar code.

Sejak keluarnya QR code di tahun 1994, QR code sudah menjadi pilihan utama dalam transaksi dunia digital, dan tidak hanya itu QR code juga memiliki kemampuan menyelesaikan pemindahan data secara kilat. Sehingga penggunaan QR code sudah bukan lagi untuk keperluan jual/beli karena sekarang ini QR code banyak digunakan oleh perusahaan baik itu kecil atau besar.

Namun, ternyata QR code memiliki kelebihan selain mempercepat pemindahan data karena QR code juga bisa mengembangkan strategi perusahaan untuk kondisi pasaran sekarang ini. Jadi, apa saja peranan QR code dalam usaha?

1. Kartu nama

Jika anda bekerja di suatu perusahaan atau mendapatkan relasi dari suatu perusahaan tentu saja anda akan diberi kartu nama dengan kode QR di dalamnya, tapi apakah anda pernah bertanya kenapa kartu nama perlu memakai QR code?

Adanya QR code di kartu nama berguna untuk menyimpan informasi penting untuk keperluan bisnis seperti nomor telepon, email, alamat rumah atau kantor, dan sebagainya sehingga anda dapat mengakses informasi tersebut dengan cepat.

2. Meningkatkan kualitas SEO

Selain ke media sosial saja, ternyata QR code juga bisa meningkatkan kualitas SEO agar website anda memiliki lebih banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan QR Codes dapat meningkatkan traffic ke website anda berkat adanya saling bagi informasi lewat QR code.

3. Strategi marketing yang efektif

Seperti yang dibahas sejak awal tadi, sekarang ini QR code ada dimana-mana bahkan sebagian besar produk kemasan sudah memiliki QR code di dalamnya. Hal ini terbukti efektif untuk menyebarkan luas tentang usaha anda dan menambah keefektifan strategi marketing.

Anda pasti tahu seberapa mudahnya mengakses QR code sehingga penggunaan QR code lebih efektif untuk meningkatkan kemungkinan calon pelanggan untuk membuat keputusan call to action saat mereka menscan QR codenya, seperti “beli sekarang”, “hubungi kami”, “dapatkan diskon”, dan call to action lainnya.

4. Menambah keefektifan media promosi tradisional

Penggunaan QR code juga bisa Menambah keefektifan media promosi tradisional karena sifatnya yang praktis dan relatif murah sehingga media promosi tradisional seperti brosur, majalah, koran, dan lainnya tidak akan terbuang secara sia-sia karena calon pelanggan tahu mereka bisa mendapatkan informasi lengkap dari QR code itu.

Hal ini dikarenakan QR code dapat menghubungkan pelanggan anda ke salah satu media promosi seperti Facebook, Instagram anda secara instan. Apa lagi pelanggan sekarang ini sukanya yang serba instan, mereka sudah tidak sabaran lagi dalam menunggu.

5. Metode penyerahan faktur pajak terbaru

Dikarenakan maraknya perkembangan bisnis online saat ini, maka DJP (Direktorat Jenderal Pajak) juga memanfaatkan QR code ini dengan mengharuskan setiap bisnis online untuk menyerahkan faktur pajaknya dengan penggunaan aplikasi yang terhubung langsung dengan lembaga DJP.

Alasan hal ini perlu dilakukan adalah untuk mengantisipasi kecurangan pembuatan faktur pajak sehingga jika bisnis anda berbentuk online, maka anda perlu menggunakan QR code untuk memudahkan anda melakukan kewajiban.

Selain peranan diatas, Peraanan QR Code yang paling umum adalah dalam usaha perdagangan. Penggunaan QR code akan memudahkan anda dalam mengetahui harga, diskon, maupun stock barang. Akan tetapi anda juga membutuhkan Software untuk dapat membaca QR code tersebut. Daripada anda membeli Software yang hanya untuk membaca QR code, lebih baik anda membeli Software ERP. Dengan Software ERP anda dapat melakukan semuanya dalam satu sistem. Misalnya anda tidak perlu membeli Software akuntansi lagi karna dalam Software ERP sudah terdapat perhitungan akuntansi. Software ERP yang dapat anda gunakan adalah Keysoft. Keysoft adalah Software ERP yang telah dipercaya ratusan bisnis di Indonesia. Anda dapat melakukan konsultasi gratis dengan menghubungi kami disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt