Pentingnya Safety Stock : tujuan dan cara menghitungnya

 In Bisnis

Pentingnya Safety Stock Dalam Sistem Persediaan –  Setiap perusahaan pasti memiliki sesuatu yang bisa mereka tawarkan ke konsumen mereka. Bisa berupa produk atau jasa. Tapi bagi perusahaan yang menawarkan produk saja seperti perusahaan manufaktur dan perusahaan perdagangan biasanya mereka menggunakan suatu sistem yang bernama safety stock.

Nah, apa itu safety stock? Safety stock system (sistem pengamanan persediaan) yang dimaksudkan di sini memiliki arti sendiri di dunia akuntansi, jadi yang dimaksud dengan safety stock adalah suatu metode yang digunakan suatu perusahaan manufaktur sehingga tidak terjadi kehabisan atau kekurangan persediaan.

Perlu anda ketahui kalau sebutan persediaanpun memiliki sebutan yang berbeda. Di perusahaan manufaktur persediaan ini biasanya di sebut sebagai bahan mentah, barang dalam proses, dan barang yang jadi, sedangkan di perusahaan perdagangan disebut persediaan barang dagang.

Dan dikarenakan produk itu bisa dihitung secara kuantitas maka diperlukan pengelolaan khusus oleh perusahaan supaya persediaan barangnya secara lancar dapat memenuhi permintaan konsumen di pasaran.

Pentingnya Safety Stock

Tujuan

Melakukan penghitungan persediaan secara manual merupakan hal yang sulit. Oleh karena itu perusahaan manufaktur atau perusahaan dagang menggunakan sistem ini. Tapi tentu saja kalau anda ingin menggunakan safety stock ini memiliki tujuan spesifik tersendiri selain memastikan adanya persediaan, seperti:

1. Meraih keuntungan yang lebih

Kondisi di pasaran selalu berubah-ubah, untuk itu perusahaan menggunakan sistem ini untuk memanfaatkan kondisi yang ada, agar mereka bisa memiliki keuntungan yang lebih. Contohnya apabila permintaan pasar cukup tinggi maka perusahaan manufaktur bisa saja mengurangi produksi barangnya agar harga yang mereka tawarkan bisa lebih tinggi sehingga para konsumen melihat kalau tempat itu adalah satu-satunya tempat yang menawarkan produk yang mereka cari dan bersedia membayar lebih hanya untuk mendapatkan produk yang anda tawarkan.

2. Mengantisipasi perubahan permintaan konsumen

Karena hukum persediaan dan permintaan selalu mempengaruhi kondisi pasar, maka perusahaan manufaktur atau perdagangan menggunakan sistem ini untuk antisipasi perubahan permintaan dari konsumen. Jika permintaanya rendah maka perusahaan akan mengurangi produksinya karena konsumen bisa mendapatkan produk anda dari tempat lain. Nah, kalau permintaannya cukup tinggi maka perusahaan akan menyediakan persediaan sesuai dengan permintaan konsumen dengan harga yang terjangkau.

3. Memudahkan dalam penjadwalan produksi

Dengan informasi yang didapat perusahaan manufaktur atau perusahaan dagang mengenai ketersediaan barang dagang atau barang mentah/jadinya dan kondisi permintaan konsumen. Maka hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menjadwalkan produksi barang mereka tanpa perlu menganalisis biaya penjualan, pembelian, dan perbaikan. Bahkan penggunaan safety stock system bisa memberikan waktu tambahan perusahaan untuk menyelesaikan permintaan konsumen jika permintaanya memang cukup tinggi.

Cara menghitung safety stock system secara akurat

Untuk Menggunakan sistem pengamanan persediaan ini tentu saja ada rumusnya yakni Safety stock = Z σ√L, bingung? Tidak apa-apa karena hanya dengan rumus saja tentu tidak cukup atau sulit dipahami dan pastinya anda tidak punya waktu lagi untuk kembali ke sekolah. Untuk itu di bawah ini akan dijabarkan bagaimana cara menghitung stock safety system secara akurat.

  1. Hitung penjualan maksimal harian
  2. Hitung penjualan rata-rata harian
  3. Hitung maksimal waktu tunggu harian
  4. Hitung rata-rata waktu tunggu harian
  5. Setelah itu gunakan rumus ini:

Safety stock = (Hitung penjualan maksimal harian × Hitung penjualan maksimal harian) – (Penjualan rata-rata harian × Rata-rata waktu tunggu harian)

Perlu anda ketahui juga, anda hanya perlu melakukan safety stock ketika ada perubahan pasaran jangka panjang yang lebih dari 2 tahun dan tergantung dengan nilai yang produk anda milki. Untuk merevisi anda bisa membuatnya setiap 3 bulan sekali.

Maka dari itu dapat disimpulkan pentingnya safety stock dalam perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang. Selain itu penggunaan Software ERP juga sangat penting untuk perusahaan dagang dan manufaktur. Tapi perlu diperhatikan bahwa Anda harus memilih software ERP yang cocok untuk perusahaan manufaktur dan dagang. Anda harus menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP yang cocok dengan perusahaan manufaktur dan dagang, yang telah digunakan lebih dari ratusan perusahaan. Untuk info lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami dengan klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt