Mengembangkan kemampuan leadership dan komunikasi

 In Bisnis, Uncategorized

Mengembangkan kemampuan leadership ­- Keterampilan berkomunikasi ialah hal yang sangat penting untuk dikembangkan.  Para pemimpin dengan kemampuan leadership mereka memberikan anda motivasi dan inspirasi. Mereka juga melatih orang, membagikan gagasan baru dan juga bernegosiasi. Semua Kegiatan ini mempunyai kesamaan, semuanya membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik dan juga kemampuan leadership. Berikut beberapa teknik untuk melatih keterampilan komunikasi anda untuk mengembangkan kemampuan leadership yang anda miliki.

Samakan Antara ucapan dan tindakan Anda

Kepercayaan adalah hal yang utama, ketika Anda ingin orang lain mengikuti kepemimpinan Anda. Perilaku Anda adalah cara berkomunikasi yang utama. Saat tindakan yang anda lakukan tidak sama dengan ucapan-ucapan Anda, maka masalah pasti akan muncul. Mulailah dari sekarang untuk menyamakan antara ucapan dan tindakan Anda. Sehingga anda bisa mengembangkan kemampuan leadership anda.

Sederhanakan yang rumit

Kesederhanaan adalah hal yang penting dalam sebuah kepemimpinan. Pemimpin yang efektif akan menyederhanakan pemikiran dalam strategi. Sehingga menjadi simpel dan mudah diingat untuk kolega dan juga klien. Jika Anda memiliki kendala menyaring sesuatu menjadi suatu inti yang lebih sederhana, bisa jadi Anda tidak memahaminya. Jadi perjelaslah suatu masalah dan tarik inti sarinya hingga anda bisa menyederhanakan masalah tersebut.

Gunakan bahasa sendiri

Gunakan bahasa yang memang mewakili diri Anda sendiri. Tentu saja tidak sedikit para pemimpin yang memilih bahasa resmi,tetapi akan lebih baik andai Anda menggunakan Bahasa yang lebih mewakili pribadi anda. Dengan begitu orang lain akan melihat anda sebagai seseorang yang asli, tidak dibuat-buat. Orang lain mengharapkan orang yang asli dalam sosok pemimpin mereka. Mereka akan menghargai Anda dan mulai mengikuti kepemimpinan Anda.

Memiliki keterampilan untuk terlihat

Kemampuan ini ialah menjadikan orang-orang penting di kantor Anda menikmati kehadiran Anda dan apa yang Anda tangani. Sediakan waktu untuk berdialog dengan teman kerja dan anak buah Anda. Perlihatkan bahwa Anda  peduli dengan mereka. Hal ini sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan leadership anda.

Perhatikan dengan mata dan telinga

Berhentilah hanya melihat saja tanpa mendengar. Ingatlah bahwa keterampilan berkomunikasi efektif harus melalui dua arah. Pemimpin yang baik tahu bagaimana menanyakan pertanyaan yang baik dan mendengarkan masukan dari bawahannya, juga memperhatikan tugas yang diberikan kepada bawahannya.

Memahami emosi diri sendiri

Luangkan sejenak untuk mengenali bagaimana diri anda dalam suatu situasi tertentu. Kita sering mengupayakan untuk menghilangkan dan menolak perasaan marah, cemburu, dan tidak sabaran saat mereka muncul. Namun emosi yang hadir tentu sebab sebuah alasan. Semakin baik anda dalam mengetahui emosi diri, semakin baik kita menyimak emosi orang lain.

Berempati dengan orang lain

Kecerdasan emosional bukan hanya tentang keterampilan membaca benak orang lain. Ini adalah kemampuan untuk berempati dan menanam diri dalam situasi atau kondisi orang lain. Luangkan waktu untuk berempati pada orang lain dalam urusan – urusan yang terjadi.

Mengontrol emosi

Yang terakhir adalah mengontrol emosi anda sendiri. Meskipun sebagai manusia selalu ada niat baik, namun emosi anda sendiri dapat membuat semuanya menjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun, coba kembali untuk menghilangkan perasaan itu, dan sebaiknya memantau dan mengendalikan mereka pada saat-saat tertentu. Ketika kita dapat melakukan urusan ini, maka Anda dapat meyakinkan diri bahwa Anda sejalan dengan nilai – nilai yang ada.

Itu dia beberapa cara untuk mengembangkan kemampuan leadership dan komunikasi. Anda sebagi pemimpin memang harus bisa mengarahkan bawahan anda, juga  membuat semua masalah lebih sederhana sehingga bawahan anda menyukai cara kepemimpinan anda. Dan tentunya anda harus mendengarkan semua keluhan dan mencari solusi untuk bawahan anda. Jika anda ingin membuat pekerjaan bawahan dan pekerjaan anda lebih senderhana, anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi ( klik disini ). Atau jika anda menginginkan semua perkerjaan di perusahaan anda lebih sederhana, bukan hanya pekerjaan akuntansi, anda bisa menggunakan software erp ( klik disini ).

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt