Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

 In Uncategorized

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif – Baik tidaknya suatu perusahaan itu ditentukan oleh lingkungan kerjanya karena lingkungan kerja merupakan tempat dimana para karyawan, manajer, dan seorang pengusaha bekerja sama untuk meraih hasil yang diimpikan dari sebuah perusahaan. Selain itu lingkungan kerja juga bisa menjadi tempat dimana setiap tenaga kerjanya dapat memberikan ide atau masukan untuk menciptakan suatu tujuan bersama. Jadi lingkungan kerja bisa disebut sebagai jiwa suatu perusahaan.

Namun, tidak semua lingkungan kerja bisa menjadi tempat yang ideal untuk meraih hasil karena keproduktivitasan perusahaan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya, lingkungan kerja yang buruk akan memiliki tenaga kerja yang buruk, sedangkan Lingkungan kerja yang kondusif akan meningkatkan produktivitas kerjanya sehingga dapat meraih hasil yang lebih banyak. Untuk itu anda perlu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Tetapi ada tantangan baru untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondunsif di zaman globalisasi ini karena perubahan tenaga kerja dimana untuk 4 sampai 5 dekade kedepan posisi generasi x di tenaga kerja akan digantikan oleh generasi milenial. Bahkan Entrepreneur memprediksi di tahun 2020 semua tenaga kerja akan diisi oleh milenial. Nah, dikarenakan milenial ini lahir di zaman yang berbeda dan budayanya yang berbeda dimana mereka tidak bisa bertahan menjauhi gadget lebih dari 5 menit untuk itu cara mengatasi mereka membutuhkan cara yang berbeda juga. Jadi anda bisa lupakan soal memarahi, mengancam, membuat jadwal yang ketat, dan cara lama lainnya.

Cara menciptakan lingkungan kerja yang kondusif

1. Jangan micro manage 

Siapa sih yang suka dimicro manage? Tentu saja, tidak ada seorangpun yang mau dimicro manage karena micro manage akan membatasi imajinasi dan kekreatifan sesorang untuk mengeksplorasi idenya. Untuk itu agar anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang ramah lingkungan anda perlu membuat sistem yang bisa memberikan kebebasan kepada karyawan anda, biarkan mereka mengeksplorasi ide mereka tanpa perlu anda mematai mereka setiap detik.

2. Terbuka 

Di zaman digital sekarang ini memperoleh informasi itu mudah. Akibatnya hal ini berpengaruh juga dengan rasa penasaran para milenial, mereka membutuhkan informasi sejelasnya dari anda tapi jika anda bersikap kurang terbuka mereka bisa saja merasa curiga dengan apa yang anda sembunyikan sehingga ketidakpercayaan akan terjadi. Oleh karena itu cobalah memperdalam hubungan yang sewajarnya dengan karyawan anda, biarkan mereka tahu siapa diri anda dengan begitu anda akan memperoleh kepercayaan mereka sehingga mereka bersedia untuk bekerja sama dengan anda dalam mengerjakan suatu tugas secara maksimal.

3. Motivasi

Bisa saja saat pertama kali karyawan anda bekerja mereka memiliki keproduktivitasan yang tinggi, tapi lama kelamaan setelah 1, 2, 3 tahun bisa saja produktivitas mereka menurun. Tapi jangan salahkan mereka karena sebenarnya hal ini bukan salah mereka, mereka hanya tidak mempunyai dorongan untuk tetap maju. Apapun alasannya bisa saja mereka merasa bosan, stres, pesimis, dan sebagainya. Nah, untuk itu sudah menjadi tugas anda sebagai pemimpin untuk memberikan motivasi yang bisa mengembangkan kembali semangat mereka, anda bisa dengan berbagi visi anda dengan mereka dan bagaimana jika visi itu dilaksanakan dengan baik akan menguntungkan mereka juga, anda bisa mengapresiasi pekerjaan mereka kalau pekerjaan mereka itu sangat berharga, dan anda juga bisa menjanjikan mereka kenaikan gaji jika mereka mau menghasilkan hasil yang bagus.

4. Buat tim kerja

2 Otak lebih baik daripada 1, tapi bagaimana kalau 4-8 otak? Tentu saja teamwork jauh lebih efektif dalam mengerjakan suatu tugas daripada seorang diri. Jujur saja kalau anda ini tidak ahli dalam segala bidang, untuk itu teamwork bisa menjadi dorongan utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan itu setiap anggota timnya bisa memberikan masukan dan nasihat untuk menyempurnakan rencana atau tujuan suatu perusahaan.

Lingkungan kerja yang kondusif sangat diperlukan agar kinerja karyawan dapat maksimal. Jika lingkungan kerja tidak kondusif maka akan sangat fatal bagi bisnis anda. Maka dari itu anda bersama dengan karyawan anda harus menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. 4 cara diatas akan sangat membantu anda dalam membuat lingkungan kerja yang kondusif.

Selain itu mungkin sudah saatnya usaha anda membutuhkan Software ERP. Software ERP adalah software yang dapat mengintegrasikan usaha anda dan meminimalisir kesalahan dalam usaha anda. Untuk itu anda harus menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik yang sudah digunakan lebih dari Ratusan perusahaan di seuruh Indonesia. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi kami dengan klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt