Manfaat Lisensi Bagi Bisnis dan Mengapa Lisensi Itu Penting

 In Bisnis, Uncategorized

Manfaat lisensi bagi bisnis – Secara umum makna kata dari lisensi adalah bentuk dari penyerahan hak atas sesuatu dari pihak satu untuk pihak yang lainnya yang diikat dengan sebuah perjanjian yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Hak tersebut dapat berupa hak atas apapun seperti contohnya hak atas barang, hak atas cipta atau karya, hak untuk penciptaan atau produksi, dan masih tidak sedikit lagi yang lainnya. Bentuk dari lisensi produk sendiri paling bermacam-macam tergantung dari manfaat lisensi bagi bisnis yang akan diberikan.

Kategori – Kategori Produk Berlisensi

Berdasarkan keterangan dari survei tahunan, kategori-kategori produk berlisensi yang tidak sedikit menghasilkan pemasukan ialah apparel (anak dan dewasa), aksesoris (perhiasan, jam tangan, dll), makanan & minuman (permen, kue, dll), alas dan kaos kaki (anak dan dewasa), hiasan rumah (perabotan), suvenir (barang-barang koleksi, dll), kesehatan / kecantikan (kosmetik, dll), musik / video, produk bayi, publikasi cetak (novel, buku, kalender, dll),perangkat olahraga, produk kebutuhan sekolah, mainan, sampai piranti lunak.

Manfaat Lisensi Bagi Bisnis

Lisensi produk dapat memberikan manfaat untuk pencipta atau penerima hak properti intelektual, yakni menurunkan ongkos pengembangan produk, ekstra publikasi, nilai tambah dalam urusan pengeluaran iklan, imbal balik tinggi dari investasi minimal.

Manfaat lisensi produk untuk penerima lisensi yakni mereka dapat memakai merek pemberi lisensi dengan aman dan legal, hingga penerima lisensi dapat menjalankan usahanya dengan lancar. Apalagi jika merek yang dipakai sudah terkenal dan mempunyai reputasi yang baik di mata konsumen, maka akan mendapatkan banyak keuntungan dalam menjalankan usahanya. Sedangkan deviden yang didapatkan untuk pemilik lisensi, seringkali akan menemukan royalti yang besarnya sudah disepakati oleh kedua pihak yakni antara pemilik lisensi dan penerima lisensi.

Selain itu penerima lisensi juga dapat menemukan kredibilitas yang lebih cepat melewati pemakaian brand atau properti intelektual yang familiar dan terpercaya, jalan pintas untuk mengarah ke para pelanggan tanpa mesti menguras waktu dan ongkos membangun brand dari nol, dan kemampuan untuk pabrikan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lebih banyak dan lebih kuat.

Kesimpulan

Itulah manfaat lisensi bagi bisnis anda .Maka dapat disimpulkan lisensi merupakan hal yang penting dan memberikan manfaat bagi bisnis anda. Sebagai contoh, jika anda kembali menyaksikan penjualan 2014 terdapat di kisaran 200 milyar USD, hal ini menunjukkan bahwa ada suatu hal yang menyebabkan kepopuleran bisnis-bisnis tersebut. Apa yang mengakibatkan kepopuleran tersebut? Tiada lain ialah lisensi produk dalam memasarkan produk. Melalui lisensi, pencipta atau penerima hak properti intelektual bisa menerima royalti baik sebagai pemasukan utama ataupun pemasukan tambahan.

Dan jika bisnis anda membutuhkan software erp yang akan banyak membantu anda dalam segala urusan bisnis anda bisa klik disini. Atau anda memerlukan aplikasi software untuk mengontrol binis anda hanya melalui gadget anda? Anda bisa klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt