Kolaborasi di Lingkungan Kerja, Apakah Penting?

 In Bisnis

Kolaborasi di lingkungan kerja, apakah penting? – Kerja sama terkadang menjadi sebuah pekerjaan yang masih dihindari oleh sejumlah orang di lingkungan pekerjaan. Namun, kenapa orang-orang masih menghindari hal tersebut? Padahal,banyak sekali deviden yang bisa diterima dari berkolaborasi dalam satu tim, baik itu untuk seseorang maupun organisasi. Tidak harus menawarkan peluang yang spektakuler untuk profesionalitas, namun kerjasama tim pun berarti bisa menciptakan pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah. Berikut ini sejumlah penjelasan pentingnya kolaborasi di lingkungan kerja.

1. Tujuan yang jelas

Studi dari Workboard mengindikasikan bahwa 69% dari perusahaan yang mempunyai kinerja tinggi menilai bahwa mengomunikasikan tujuan dari bisnis secara jelas ialah strategi utama mereka dalam merangkai tim dengan kinerja terbaik. Sebelum mengawali kolaborasi dengan tim, Anda dan semua anggota lainnya harus mempunyai tujuan yang jelas, dan Anda butuh mendiskusikannya dengan rekan-rekan kerja anda.

2. Beri kesempatan untuk anggota lain untuk memimpin

Sebagai pemimpin yang baik, Anda pun perlu menyerahkan kepercayaan kepada bawahan Anda. Sesekali, beri mereka peran untuk menjadi penanggung jawab dari hal tertentu. Misalnya,  ketika tim tengah menggarap suatu proyek, Anda perlu menyerahkan kesempatan untuk anggota untuk menjadi penanggung jawab yang memimpin jalannya proyek tersebut. Dengan demikian, Anda pun memberi kesempatan untuk orang lain untuk belajar.

3. Sediakan lokasi untuk sekian banyak  usulan ide

Bagaimana teknik Anda memperhatikan ide-ide orang lain sambil mengembangkannya dengan gagasan Anda sendiri? Jika Anda mengharapkan kolaborasi yang baik bareng para anggota tim, Anda jangan menilai seluruh keputusan seorang diri. Luangkan waktu guna mendengar pendapat anggota tim Anda, sekaligus menyerahkan ruang diskusi untuk mereka.

4. Bersikap fleksibel

Ketika Anda bekerja bersama tim, Anda pun perlu menyadari keperluan orang lain di sekitar. Jika Anda tidak menyadari keperluan mereka, Anda kemungkinan akan berada di kondisi yang canggung.Anda butuh menjadi fleksibel sehingga kolaborasi Anda dan tim juga semakin baik. Jika Anda hendak mengajak rekan untuk saling mendengarkan, di dalam tim bakal tercipta keyakinan dan transparansi.

Misalnya, saat Anda dan semua anggota tim berencana untuk bekerja  bersama, usahakanlah untuk memperhatikan dan memahami keperluan mereka. Di samping itu, Anda juga dapat meminta orang untuk mengungkapkan kebutuhannya supaya anggota lainnya  juga turut mengerti. Semakin kecil kecanggungan salah satu tim, Anda dan rekan-rekan akan lebih mudah dalam bekerjasama dan menambah produktivitas kerja.

5. Bersikap terbuka dengan opini orang lain

Kolaborasi akan berjalan semakin baik saat semua orang dalam tim mempunyai terbuka untuk menerima apa yang dikatakan oleh orang lain. Bersikap terbuka dalam hal ini dapat Anda wujudkan dengan cara Anda merespons baik gagasan orang lain yang menentang gagasan Anda atau sebaliknya.

Inilah era dimana kolaborasi telah menjadi keharusan. Perusahaan harus menemukan kolaborasi yang cocok untuk mereka. Mereka pun harus memaksimalkan keuntungan dalam mengerjakan kolaborasi agar usaha anda terus bertumbuh. Ini semua dapat dilakukan jika pelaku bisnis mengolah pola pikir terhadap pentingnya menjaga kemampuan untuk mengerjakan kolaborasi baik di tingkat organisasi maupun pelaku bisnis secara individu.

Selain kolaborasi atau kerja sama, menggunakan Software ERP dalam perusahaan juga akan mempermudah pekerjaan. Software ERP dapat membantu bisnis anda lebih luas daripada software akuntansi. Semua yang ada dalam Software ERP pasti termasuk fitur-fitur di software akuntansi. Jika perusahaan anda membutuhkan software erp maka anda harus menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik di Indonesia yang sudah digunakan oleh puluhan perusahaan. Untuk info lebih lanjut anda dapat klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt