Kode Barang dan Fungsinya Dalam Sistem Persediaan

 In Uncategorized

Kode Barang – Nomor Identifikasi Barang (Penomoran Barang) dipakai untuk mengidentifikasi dagangan secara menarik yang Anda muat di dalam susunan persediaan barang (inventory). Beberapa perusahaan menyebutnya part number, nomor model, kode produk, kode barang, kode item, dan lain-lain. Tapi bagaimanapun Anda menyebutnya, penomoran barang paling penting untuk Anda dan sistem inventory barang yang dipakai. Apabila Anda ataupun sistem tidak dapat mengidentifikasi barang secara unik, Anda tidak bakal dapat memperhitungkan kegiatan dan eksistensi dalam inventory secara efektif. Penomoran barang juga bermanfaat sebagai singkatan untuk pemaparan barang. Alih-alih memasukkan borongan nama atau penjelasan untuk barang tertentu, Anda dapat memakai penomoran barang yang jauh lebih pendek. Hal ini bakal mempercepat proses entri data dan pengelolaan inventory.

Berikut fungsi kode barang dalam sistem persediaan :

  1. Meningkatkan efisiensi pendaftaran atau membuat daftar operasional, akuntansi dan finansial menjadi lebih ringkas dan sistematis. Efisiensi pencatatanpun terlihat pada sistematika daftar yang menjadi jauh lebih apik dan tertata dengan memakai kode akun dikomparasikan dengan tanpa kode akun.
  2. Meningkatkan control pencatatan, kode akun menjadi identitas transaksi atau kejadian yang mudah disaksikan dan dikenang oleh semua pemakai. Dengan demikian, catatan-catatan menjadi lebih mudah dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis, baik untuk tujuan menilai absah atau tidaknya sebuah catatan, maupun untuk menilai informasi dalam rangka pemungutan keputusan pemakai informasi yang bersangkutan.
  3. Mempermudah perbaikan atau penyesuaian, maksudnya yakni tindakan-tindakan mengerjakan penyesuaian (adjustment) terhadap catatan-catatan yang merasakan perubahan sebab kejadian atau transaksi ekstra ataupun sebab kesalahan yang dilaksanakan oleh semua pemakai.
  4. Mempermudah pemrosesan atas hasil-hasil catatan, dengan kode akun yang efektif, maka semua pemrosesan data atau hasil-hasil daftar akan dapat dilaksanakan dengan gampang dan jauh lebih terkontrol.
  5. Mempermudah penyusunan laporan, kode akun yang baik menjadi modal untuk pembuatan laporan-laporan yang baik, dan ini dengan kata lain memberikan dasar untuk pengambilan keputusan.
  6. Mempermudah pembaca laporan dari sekian banyak pihak untuk pemungutan

 

Tips Membuat Skema Penomoran atau Kode Barang

  • Jangan pernah mengawali penomoran atau kode barang dengan angka nol, kecuali bila Anda dipaksa guna melakukannya di luar kendali Anda.
  • Hindarilah pemakaian huruf yang dapat menciptakan penomoran barang Anda menjadi kacau bila dipasangkan dengan angka, seperti huruf O , I, dan L.
  • Tak pertu memakai nomor atau unsur nomor seri dari barang produsen dalam penomoran barang Anda. Angka-angka ini seringkali terlalu panjang dan tidak jelas.
  • Anda boleh menciptakan penomoran barang yang pendek, namun tidak terlampau pendek sehingga dapat menyebabkan kesalahan terhadap nomor lainnya (misalnya jumlah barang, dll). Sekitar 4 – 8 karakter seringkali cukup untuk menciptakan penomoran untuk sebagian besar perusahaan.
  • Jangan memuat kode barang dengan arti tidak boleh mencoba untuk memakai penomoran barang untuk mencerminkan produk.
  • Pertimbangkan menggunakan sejumlah huruf. Huruf-huruf bakal sangat menolong dalam memisahkan penomoran barang dari penomoran lain.
  • Menggunakan sejumlah huruf pada mula deskripsi barang Anda atau di awal penomoran barang Anda akan mempermudah Anda dalam menggali barang di dalam susunan pengambilan barang. Misalnya, andai Anda menciptakan penomoran barang untuk “Saus”, Anda dapat menciptakan penomoran “SAU101” saus cokelat , “SAU102” saus karamel, dst.
  • Hindari memuat pemaparan barang dengan informasi lebih dari yang benar-benar dibutuhkan. Informasi seperti nama penjual, produsen, negara asal, tanggal kadaluwarsa, dan lain sebagainya tergolong dalam “rincian barang” atau “rincian transaksi”, yang mana rincian semacam ini dapat dipakai secara lebih efektif .
  • Jangan pakai simbol yang barangkali akan membingungkan orang yang membacanya ataupun aplikasi yang digunakan.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dalam mempermudah anda dalam mengelolah persediaan ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
KonsinyasiAffiliate Marketing