Keuntungan – keuntungan Berbisnis Bahan Organik

 In Bisnis

Keuntungan Berbisnis Bahan Organik – Tahukah anda kalau bisnis menggunakan bahan organik sedang mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini? Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil laporan field farm marketing yang menunjukan peminat untuk memulai bisnis dengan bahan organik secara global telah berkembang sekitar 15% dari tahun 2015. Bahkan di benua asia sendiri hampir 5 juta hektar lahan telah digunakan untuk keperluan bisnis berbahan organik.

Tentunya dengan perkembangan sebesar itu ada alasan tersendiri. Tapi alasan terbesar yang mempengaruhi perkembangan bisnis berbahan organik adalah kondisi konsumen yang mulai berubah, yakni berkembangnya generasi milenial dengan 77% konsumen pasar organik berasal dari generasi ini.

Karena generasi milenial ini merupakan generasi yang paling terdidik daripada generasi yang lain, dari segi pengetahuan mereka mulai tertarik dengan pentingnya mengonsumsi produk organik, bahkan beberapa dari mereka tertarik membangun bisnis berbahan organik sendiri. 

Keuntungan berbisnis bahan organik

Saat ini, pasaran Asia memegang sekitar 9% dalam pasaran berbahan organik, jadi dapat dipastikan masih banyak peluang bagi anda yang ingin memulai bisnis dengan bahan organik. Tapi apakah anda akan mendapat keuntungan tersendiri dengan memulai bisnis berbahan organik? Seperti memulai bisnis lainnya, tentu saja ada keuntungan dan kerugian, hanya saja dengan kondisi pasaran sekarang ini yang memungkinkan, akan memberi anda lebih banyak keuntungan daripada kerugian. Jadi keuntungan apa saja yang bisa anda dapat dengan memulai bisnis berbahan organik?

1. Modal yang tidak terlalu besar

Memulai bisnis dengan bahan organik itu tidak memerlukan modal yang terlalu besar, anda hanya memerlukan sekitar Rp 7,000,000 sampai Rp 20,000,000 semua itu sudah menutupi setiap investasi yang anda perlukan mulai dari peralatan, biaya tetap, dan biaya operasional. Tergantung dengan seberapa luas usaha anda ingin berkembang mungkin bisa membutuhkan modal yang lebih. Tapi tetap saja kalau anda ingin sukses di dalam bisnis ini, anda harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang dunia usaha karena 99% orang yang ingin memulai bisnis sendiri berakhir gagal dalam waktu kurang dari 5 tahun.

2. Ramah lingkungan

Keuntungan yang paling mencolok dari memulai bisnis dengan bahan organik yaitu produk yang ramah lingkungan. Dikarenakan bahan organik itu mudah untuk didaur ulang sudah pasti kalau bisnis dengan berbahan organik dapat menjaga kestabilan lingkungan khususnya dengan kondisi bumi sekarang ini yang menandakan perubahan iklim. 

3. Permintaan yang cukup tinggi

Bisnis organik merupakan keperluan yang pasti diminta oleh pasaran. Nah, dengan trendingnya kebutuhan milenial untuk produk yang sehat untuk dikonsumsi seperti bahan organik ( bahan ini berbeda dengan bahan yang ditanam secara konvensional karena tidak ada tambahan pupuk sintetik). Maka anda tidak perlu lagi khawatir dengan penargetan pasaran anda. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya produk organik yang populer sekarang ini seperti daging vegetarian keluaran perusahaan Beyond Meat yang rasanya sama seperti daging asli. Jadi bisnis berbahan organik diperkirakan akan mengalami perkembangan untuk kedepannya.

4. Berbisnis online

Di era digital sekarang ini akan mempengaruhi bagaimana bisnis beroperasi dengan munculnya bisnis online. Hal ini berbeda dengan bisnis konvensional karena di bisnis online ini tidak membutuhkan biaya operasional sebesar binis konvensional, tapi anda tetap membutuhkan tim agar usahanya berjalan dengan lancar. Selain itu, di bisnis online ini akan melayani konsumen secara cepat dan praktis. Contoh bisnis berbahan organik di Indonesia yang sedang trending yakni aplikasi Nyayur yang memperbolehkan konsumen belanja sayuran secara online dengan pelayanan yang cepat.

5. Lokasi yang strategis

Namanya keperluan pasti ya berarti lokasi manapun bisa anda pakai sebagai lokasi yang strategis. Anda bisa menggunakan tempat yang ramai atau melalui retail seperti pasar, pinggiran jalan, dekat kampus, kios, supermarket, dan lainnya.

Itu dia keuntungan – keuntungan berbisnis bahan organik. Selain modal yang dibutuhkan kecil, bisnis ini juga memberikan keuntungan yang cukup besar. Apalagi melihat kebutuhan generasi milenial yang memahami pentingnya mengkonsumsi produk organik. Dengan menggabungkan antara bisnis organik dan bisnis online, maka dapat dipastikan bahwa bisnis anda akan mendapatkan keuntungan besar.

Jika bisnis anda membutuhkan software ERP untuk memudahkan anda dalam mengontrol penjualan dan pembelian, juga mengintegrasikan antar cabang dalam bisnis anda, anda bisa menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik yang telah digunakan lebih dari ratusan perusahaan di seluruh Indonesia. Untuk info lebih lanjut, anda bisa menghubungi Keysoft dengan klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt