Kegunaan Software Akuntansi untuk Usaha Perkebunan

 In Software ERP

Software Akuntansi untuk Perkebunan – Usaha perkebunan seperti usaha kopi, teh, karet, kelapa sawit, dan sebagainya merupakan jenis usaha yang berbeda dengan usaha lainnya karena usaha perkebunan melibatkan proses pencatatan operasional biaya yang cukup rumit dan panjang mulai dari saat Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) sampai Tanaman Buah Segar (TBS).

Namun, proses pencatatan tidak sampai di situ saja karena pencatatan lain seperti pengolahan stok, penjualan, pembelian, hutang, piutang, biaya operasional kas, dan masih banyak lagi harus dilakukan juga, tapi kenapa sih aktivitas tersebut perlu dicatat?

Setiap aktivitas dalam usaha perkebunan perlu dicatat agar nantinya bisa menghasilkan laporan keuangan yang cepat dan akurat sehingga hal ini akan memudahkan pihak manajemen untuk mengambil keputusan berdasarkan laporan catatan keuangan yang diterima.

Nah, kalau saat ini anda ingin memulai atau sedang menjalani usaha perkebunan, maka anda akan merasakan betapa rumitnya untuk menjalani usaha perkebunan. Tetapi anda tidak perlu gelisah karena zaman sudah modern, maka banyak teknologi yang berkembang.  Perkembangan teknologi ini akan mempermudah anda menjalankan usaha perkebunan andaseperti  software akuntansi. Lalu apakah software akuntansi itu?

Pengertian software akuntansi

Bagi anda yang belum tahu mengenai apa itu software akuntansi, software akuntansi merupakan suatu program yang memang dirancang khusus untuk mempermudah dan mempercepat anda dalam menyusun laporan keuangan, neraca, laporan laba/rugi, dan sebagainya.

Seperti yang anda ketahui juga, usaha perkebunan memerlukan banyak pencatatan untuk setiap aktivitas sehingga akan membuat anda kewalahan sebelum anda melakukan strategi pemasaran, tetapi dengan software akuntansi dapat meringankan beban anda.

Apa lagi, pastinya sudah banyak usaha perkebunan lainnya yang telah menggunakan software akuntansi ini untuk memperlancar usaha mereka. Jadi, kalau anda juga tidak ingin ketinggalan zaman, maka anda harus secepatnya mendapatkan software akuntansi.

Kegunaan software akuntansi untuk usaha perkebunan

Tentunya, dengan menggunakan software akuntansi dapat memperlancar usaha perkebunan anda, tetapi anda mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana bisa software akuntansi mempermudah usaha perkebunan? Banyak sekali kontribusi yang bisa diberikan oleh software akuntansi saat anda menggunakannya, tetapi agar meyakinkan anda untuk mulai menggunakan software, berikut 4 kegunaan software untuk usaha perkebunan:

1. Mengontrol penggunaan biaya

Penyalahgunaan biaya atau kesalahan perhitungan sering terjadi di usaha perkebunan dikarenakan banyaknya aktivitas pengeluaran dan penjualan sehingga bisa membingungkan para pelaku usaha perkebunan dalam menggunakan anggaran, tetapi dengan menggunakan software akuntansi, anda bisa mengontrol biaya proses perkebunan mulai dari biaya pembibitan, perawatan tanaman, penggunaan pupuk, hingga tanaman menghasilkan produk buah yang bisa dipasarkan.

2. Sebagai catatan perbandingan

Biaya untuk penggunaan operasional usaha biasanya berbeda dalam beberapa periode waktu. Untungnya, software akuntansi bisa mencatat biaya per departemen sehingga anda bisa membandingkan penggunaan anggaran dengan realisasi biaya per departemen sendiri agar usaha perkebunan anda bisa tetap berjalan dengan lancar.

3. Mengelola stok persediaan

Persediaan stok dan pengelolan stok untuk usaha perkebunan sangat penting karena dengan mengetahui jumlah persediaan stok dan cara pengolahannya, perusahaan bisa menentukan kapan perlu dilakukan penanaman tanaman kembali, kapan perlu memakai stok pendukung seperti pupuk atau obat-obatan, dan kapan perlu dilakukan pemasaran produk ke pasar, oleh karena itu kalau menurut anda pencatatan persediaan stok itu sangat penting, maka anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mencatat hal itu.

4. Mengotomatisasikan sistem

Melakukan pencatatan untuk setiap aktivitas dalam usaha perkebunan bisa memakan banyak waktu dan tenaga sehingga untuk bisa fokus ke hal yang lain bisa menjadi sulit, tetapi dengan software akuntansi, anda hanya perlu menginput data transaksi, dan biarkan sistemnya yang bekerja untuk anda.

Tapi ternyata keuntungan menggunakan Software Akuntansi ada di Software ERP. Malah Software ERP mempunyai banyak fitur yang tidak ada di Software Akuntansi, tetapi Software ERP memiliki fitur akuntansi. Dan sekarang terdapat beberapa Software ERP dengan harga terjangkau contohnya adalah Keysoft. Mulai dari 9 jutaan, anda sudah dapat menggunakan Keysoft ERP. Harga ini tentu lebih murah daripada anda harus membayar Software Akuntansi setiapb bulannya. Bayangkan anda harus membayar sekitar 400 ribu sebulan. Bagaimana dengan setahun? Anda sudah menghabiskan lebih dari 40 juta. Ini baru setahun, belum tahun-tahun berikutnya. Maka dari itu investasi dalam Software  ERP sangat penting. Apalagi fitur yang terdapat dalam Software ERP bukan hanya akuntansi, melainkan keseluruhan aktivitas bisnis anda. Mari konsultasikan kebutuhan Software ERP anda dengan Keysoft dengan klik disini.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt