Fungsi dan Peran Software ERP di Perusahaan Manufaktur

 In Software ERP

Software ERP di Perusahaan Manufaktur – Apa maksud dari software ERP? Software ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan seperangkat software yang bertugas untuk mengelola dalam mengatur aktivitas operasional yang dilakukan oleh perusahaan setiap harinya. Aktivitas ini bisa berupa akuntansi, manajemen, pengisian persediaan barang, pemenuhan permintaan, SDM, dan lain-lain.

Biasanya, software ERP digunakan untuk perusahaan berskala besar, tetapi sekarang banyak juga perusahaan kecil hingga menegah yang mulai menggunakan software ini untuk memperlancar bisnis mereka karna mereka mengetahui efisiensi dan efektivitas yang diberikan Software ERP.

Software ERP sendiri bukanlah suatu konsep yang baru karena konsep ini sudah berlaku di tahun 1960an untuk mengatur inventaris dan kontrol di perusahaan manufaktur, tetapi seiring perkembangan zaman, peran dan kegunaan software ERP di perusahaan manufaktur menjadi semakin penting, bahkan perusahaan manufaktur yang tidak menggunakan software ini akan mengalami kesulitan dan beberapa bahkan mengalami kerugian.

Melihat seberapa pentingnya software ERP ini, mungkin membuat anda bertanya-tanya apa saja fungsi dan peran sebenarnya dari software ERP ini sampai dibilang sangat penting? Berikut fungsi dan peran dari software ERP di perusahaan Manufaktur yang perlu anda perhatikan.

  • Meningkatkan efisiensi perusahaan

Perusahaan manufaktur melibatkan aktivitas yang rumit untuk aktivitas bisnis setiap harinya, tetapi anda bisa menyederhanakan aktivitas tersebut dengan software ERP. Karena software ERP dapat membuat aktivitas kompleks seperti pembagian tugas, penggajian, dan penyusunan laporan keuangan untuk dilakukan secara otomatis.

Jadi, dengan ketiga hal tersebut dapat bekerja dengan sendirinya, anda bisa memfokuskan perhatian anda ke hal yang lebih penting seperti pembuatan keputusan dan strategi pemasaran.

  • Meningkatkan kolaborasi

Kolaborasi dengan pihak departemen dalam perusahaan manufaktur merupakan hal yang sangat penting jika anda ingin mencapai tujuan perusahaan. Untungnya, software ERP bisa memaksimalkan proses kolaborasi itu karena software ERP akan mempermudah pembagian data tentang kontak, daftar permintaan, dan sebagainya sehingga pihak departemen bisa mengakses data tersebut melalui internet tanpa perlu bertemu langsung yang pastinya akan memakan banyak waktu dan tenaga.

  • Menghemat biaya operasional

Dikarenakan hampir seluruh aktivitas kompleks perusahaan manufaktur dapat diotomatiskan atau dipersingkat waktu kerjanya hanya dengan menggunakan software ini, maka hal ini berarti anda juga bisa menghemat pengeluaraan biaya operasional perusahaan. Bahkan sebuah studi menunjukan bahwa perusahaan manufaktur yang menggunakan software ERP bisa menghemat biaya operasional sebesar 14% dan mengurangi biaya administrasi sampai 13%.

  • Meningkatkan keamanan data

Data perusahaan manufaktur tidak boleh dilihat selain dari pihak perusahaan sendiri bersama dengan pihak yang bersangkutan sementara, oleh karena itu kalau saat ini perusahaan anda memiliki sistem keamanan yang minim, maka software ERP bisa meningkatkannya karena ERP memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk mencegah pelanggaran data.

Seluruh data perusahaan juga bisa disimpan melalui sistem terpusat sehingga hanya pihak admin yang bisa memberikan akses kepada karyawannya dan admin juga bisa menyembunyikan data yang menurut dia terlalu penting untuk dilihat oleh orang lain.

  • Membuat prakiraan bisnis yang akurat

Prakiraan merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan manufaktur yang terkait dengan jumlah produksi, penawaran, permintaan, dan pengeluaran biaya operasional perusahaan.

Nah, kalau anda juga menginginkan prakiraan yang akurat, maka anda bisa mulai menggunakan software ERP karena software ERP juga dilengkapi dengan filter dan sistem analitik canggih sehingga bisa menemukan ketidakkonsistenan pada data dan memastikan ketepatan waktu dalam pengumpulan data.

Setelah melihat berbagai peran dan fungsi Software ERP bagi perusahaan manufaktur, maka dapat disimpulkan bahwa Software ERP sangat penting bagi perusahaan manufaktur. Selain peran dan fungsi diatas Software ERP mempunyai peran yang lebih banyak lagi dalam aktivitas perusahaan. Contohnya payroll yang dapat memudahkan anda dalam perhitungan gaji karyawan sesuai absensi maupun memantau kinerja karyawan. Selain itu fitur inventory management akan sangat membantu perusahaan manufaktur dalam menghitung total persediaan di gudang-gudang anda.

Jika Perusahaan Manufaktur anda  belum menggunakan Software ERP, maka anda harus mulai mencari Software ERP yang tepat bagi perusahaan anda. Jika anda mencari Software ERP dengan harga terjangkau anda dapat menggunakan Keysoft. Dengan harga terjangkau dan telah dipercaya ratusan perusahaan di hampir seluruh Indonesia. Anda juga dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda gratis dengan klik disini.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt