Fanpage Facebook untuk Bisnis : Kegunaan dan Cara Membuat

 In Bisnis

Fanpage Facebook untuk Bisnis – Di dalam dunia media sosial, masih belum ada yang bisa mengalahkan pengaruh Facebook untuk perkembangan bisnis karena Facebook memang merupakan media sosial yang paling banyak penggunanya yaitu sekitar 2.41 milyar pengguna aktif setiap bulannya dan berdasarkan data statik menunjukan bahwa angka ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Sebagai media social terbesar di dunia, Facebook menyediakan halaman/fanpage bagi pelaku binis di dunia. Hampir semua bisnis di dunia mempunyai fanpage baik bisnis online maupun konvensional. Lalu apa itu fanpage facebook untuk bisnis? Dan mengapa fanpage facebook sangat penting bagi bisnis?

Pengertian fanpage di Facebook

Bagi kebanyakan orang yang baru memulai bisnisnya di Facebook, mereka kebingungan karena akun Facebook hanya membatasi jumlah teman sampai 5.000 saja. Tentunya, hal ini membuat anda bingung, kenapa Facebook bisa dibilang media sosial terbaik untuk bisnis kalau jumlah orang yang bisa melihat postingan bisnis anda hanya sampai 5000?

Di sini, anda harus mengenal algoritma Facebook karena secara tidak langsung, ketika anda masuk di Facebook, Facebook akan mengarahkan anda untuk membuat  iklan dengan membuat fanpage.

Apa yang dimaksud fanpage ini?

Fanpage atau halaman fan merupakan halaman yang ada di Facebook yang dikhususkan untuk mengumpulkan audiens atau fans sehingga semakin banyak audiens yang anda kumpulkan semakin luas jangkauan postingan anda untuk dilihat lebih banyak orang.

Jadi, fanpage itu memang dikhusukan untuk keperluan bisnis, tetapi fanpage masih memiliki banyak fungsi selain memperluas jangkauan bisnis. Berikut fungsi fanpage untuk bisnis anda:

  • Melakukan penargetan

Fanpage memperbolehkan anda untuk melakukan penargetan karena pihak Facebook juga tahu kalau postingan anda hanya ditunjukan untuk khalayak umum, kemungkinan orang untuk membeli produk anda akan semakin kecil. Oleh karena itu dengan fanpage, anda bisa memilih siapa yang bisa melihat postingan anda berdasarkan tempat tinggal, usia, kelamin, pendapatan, jenis kelamin, dan kapan postibgan itu bisa dilihat.

  • Sebagai alat branding

Branding merupakan cara penjualan yang cerdik karena dengan branding, anda bisa mengenalkan merek anda ke konsumen dan buat mereka nyaman dulu, selanjutnya anda bisa menawarkan sesuatu kepada mereka sehingga kemungkinan mereka untuk membeli semakin besar. Untungnya, fanpage bisa anda gunakan sebagai alat branding itu. Jadi, fanpage itu bukan hanya tentang menjual, tetapi juga tentang berkomunikasi dengan konsumen.

  • Tempat promosi

Inilah fungsi utama fanpage yaitu sebagai alat promosi karena banyak sekali orang yang meraih kesuksesan melalui Facebook dengan hanya modal untuk membeli data konsumen, tetapi tergantung dengan seberapa besar budget anda juga akan menentukan berapa banyak orang yang akan melihat postingan anda.

Cara membuat fanpage untuk bisnis

Fungsi fanpage yang begitu besar tidak akan mungkin membuat anda untuk tidak membuat fanpage sendiri. Jadi, untuk membuat fanpage untuk bisnis, anda bisa menyimak langkah-langkah berikut:

1. Log in ke Facebook

Pertama, anda harus buat akun pribadi dulu. Jika sudah, maka selanjutnya anda bisa klik beranda dan pilih “Buat Halaman”, setelah itu akan muncul dashboard pilihan seperti:

  • Tempat atau bisnis lokal
  • Perusahaan, organisasi, atau institusi
  • Merek atau produk
  • Artis, grup musik, atau tokoh masyarakat
  • Hiburan
  • Gerakan atau komunitas

Dari situ, anda bisa memilih kategori mana yang sesuai dengan bisnis anda.

2. Isi informasi tentang fan page anda

Selanjutnya, anda bisa mengisi gambar fanpage, tetapi karena fanpage ini untuk bisnis, pastikan fotonya terlihat profesional. Anda bisa menggunakan logo atau foto yang bisa menerangkan bisnis anda, tetapi pastikan gambar itu memiliki resolusi setidaknya 180×180 pixel sehingga enak dilihat konsumen.

Jangan lupa juga untuk mengisi halaman “About” untuk fanpage anda. Anda bisa mengisinya dengan 2-3 kalimat dan masukan link yang mengarahkan konsumen ke website bisnis anda.

3.  Atur fanpage anda

Fanpage memiliki opsi pengaturan administrasi. Jadi, anda bisa gunakan opsi ini untuk mengundang karyawan atau rekan anda sehingga mereka bisa mengoptimalkan fanpage anda dengan membalas komentar, mengisi konten, dan update status.

4. Jalankan fanpage anda

Sekarang anda sudah memiliki fanpage, sekarang anda bisa jalankan fanpage untuk membangun audiens dengan melalukan penargetan dan isi fanpage anda dengan konten menarik lainnya.

Itu dia fanpage facebook untuk bisnis, mulai dari pengertian, kegunaan hingga cara membuatnya. Fanpage facebook di era sekarang menjadi keharusan bagi pelaku bisnis. Selain untuk memberikan informasi terbaru tentang bisnis anda. Tetapi juga menjadi syarat untuk beriklan di Facebook maupun instagram. Jika anda belum mempunyai fanpage untuk bisnis, maka sekarang adalah waktunya untuk membuat fanpage atau halaman bagi bisnis anda.

Jika bisnis anda terlalu banyak menggunakan software, hutang piutang tidak terpantau, ataupun informasi tidak real time. Maka dapat dikatakan bisnis anda membutuhkan Software ERP. Lalu Software ERP apa yang tepat untuk bisnis anda? Anda perlu menggunakan Keysoft ERP. Keysoft adalah Software ERP terbaik dengan lebih dari 400 customers di hampir seluruh Indonesia. Jika anda ingin mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda secara gratis anda dapat klik disini.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt