Dynamic Pricing System, Efektifkah dalam bisnis?

 In Strategi Bisnis

Dynamic Pricing System, Efektifkah? – Apakah baru-baru ini anda mendengar dengan namanya dynamic pricing system? Bagi anda yang belum tahu, secara umum dynamic pricing system adalah suatu strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan dengan merubah harga produk/jasanya agar bervariasi berdasarkan penentuan harga dengan kondisi pasaran tertentu tanpa membedakan pasaran mana yang dituju.

Sebenarnya, strategi ini telah lama dikembangkan hanya saja belakangan ini strategi dynamic pricing system telah digunakan secara luas oleh industri e-commerce sebagai alat promosi penjualannya karena dengan dorongan automation yang memudahkan suatu usaha mengubah harganya yang dapat meningkatkan pendapatan mereka 5 kali lipat.

.

Tapi apakah anda tahu kenapa dynamic pricing sistem bisa terjadi? Kalau anda penasaran apa yang menyebabkan dynamic pricing sistem, hal ini sudah merupakan hukum perekonomian yang tidak lain adalah hukum persediaan dan permintaan. Jadi pengaruhnya bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Permintaan

Apabila permintaan pasar cukup tinggi maka anda bisa menaikan harga produk/jasa anda karena anda tahu kalau target pasaran anda memang berminat untuk mendapatkan produk/jasa yang anda sediakan, tapi jika permintaan pasaran cukup rendah maka untuk menarik kembali konsumen anda, anda bisa menawarkan diskon spesial yang pastinya tidak mengurangi pendapatan anda.

  • Persediaan

Cara bekerja persediaan hampir sama dengan cara kerja permintaan, hanya saja untuk menyeimbangkan harganya anda perlu mengetahui permintaan konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa anda, contohnya jika sudah banyak tempat yang menawarkan produk atau jasa yang serupa dengan yang anda tawarkan, maka anda harus menurunkan harganya karena konsumen bisa pergi ketempat lain tetapi kalau produk atau jasa yang ditawarkan di pasaran terbilang sedikit maka anda bisa menaikkan harganya karena konsumen pasti mau mengeluarkan biaya yang lebih untuk mendapatkan produk/jasa anda yang terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Dynamic Pricing System

Kelebihan

  • Pemasangan harga yang fleksibel

Tergantung dengan permintaan, trend, dan kondisi pasaran. Anda bisa mengubah harga yang anda tawarkan sesuai dengan kondisi hukum persediaan dan permintaan diatas yang biasanya bisa menambah pendapatan anda.

  • Tetap bersaing secara optimal

Karena perkembangan software telah memudahkan orang melihat permintaan, trend, dan kondisi pasaran, maka dynamic pricing system bisa menjaga anda tetap update agar tidak ketinggalan dengan pesaing lain.

  • Peningkatan pendapatan

Berdasarkan laporan dari Forrester Research menunjukan kalau dynamic pricing system biasanya dapat meningkatkan margin laba kotor sebesar 10% dan pendapatan sebesar 25%.

kekurangan

  • Konsumen yang kadang kesal

Kebanyakan konsumen paham kenapa perusahaan menaikkan harga mereka, tapi hal ini kadang membuat mereka kesal karena mereka harus membayar lebih daripada harga aslinya sehingga bisa saja mereka pergi ke tempat lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Tergantung dengan kebutuhan anda dynamic pricing system bisa meningkatkan pendapatan anda, tapi kalau anda tidak mau mengambil risiko, anda tidak perlu menerapkannya. Nah bagi anda yang ingin mengaplikasikan strategi ini, perhatikan hal-hal berikut.

1. Tentukan tujuan usaha anda terlebih dahulu 

Sebelum anda mengaplikasikan strategi pemasaran ini, anda perlu tahu apa tujuan dari usaha anda. Jika tujuan anda sebagai penyedia persediaan, pastikan kriteria dan algoritma anda sesuai dengan penetapan harga minimum dan maksimum yang di bawah harga standar industri anda. Jika sebagai pengecer maka anda harus menetapkan batasan penetapan harga dinamis yang sesuai dengan target usaha anda.

2. Cari info dengan kondisi pasaran terkini

Untuk mengaplikasikan dynamic pricing sistem yang efektif anda perlu mengetahui terlebih dahulu dengan permintaan, trend, dan kondisi pasaran terkini, tapi hal ini bisa sangat melelahkan untuk itu anda bisa menggunakan software penelitian yang bisa membantu anda untuk mengetahui harga yang dipasang oleh para pesaing anda.

Itu dia Dynamic Pricing Sistem mulai dari pengertian, alasan, kelebihan, kekurangan, dan juga cara mengaplikasikannya. Kembali lagi kepada bisnis anda, apakah sudah tepat jika bisnis anda menggunakan strategi ini?

Jika usaha anda membutuhkan Software ERP, anda harus menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik yang sudah digunakan lebih dari ratusan perusahaan di Indonesia. Untuk info lebih lanjut anda dapat klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
Strategi Marketing