Cara Melihat Peluang Usaha dari Linkungan Sekitar

 In Bisnis

Cara melihat peluang usaha dari linkungan sekitar – potensi secara bahasa, menurut keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai makna kemampuan, kekuatan, kesanggupan dan daya yang mempunyai bisa jadi untuk dikembangkan; sementara wilayah dalam urusan ini bermakna ingkungan wilayah (propinsi, kabupaten, kecamatan, atau desa). Maka dari itu potensi usaha atau peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Peluang usaha dapat kita temukan dari lingkungan sekitar. Berikut ini adalah cara melihat peluang usaha dari lingkungan sekitar.

Cara Melihat Peluang Usaha dari Lingkungan Sekitar

Merasa tidak punya gagasan menarik? Coba lihatlah ke sekeliling. Lingkungan serta orang-orang di sekitar dapat menjadi ide yang bagus untuk mencari gagasan usaha. Anda bahkan dapat memperoleh deviden ekstra, yaitu menyaksikan sendiri apa yang diperlukan orang lain, sehingga dapat mendapat basis pelanggan secara langsung.

Beberapa teknik menemukan gagasan dari lingkungan antara lain:

  • Bertemu dengan Banyak Orang

Hal ini terlihat sederhana, namun bertemu dengan orang dari sekian banyak komunitas dan latar belakang dapat mendatangkan ide unik. Misalnya, jajan di pasar tradisional secara teratur mungkin dapat mendatangkan gagasan untuk membuka kedai jajanan tradisional dengan konsep modern, terutama andai ada makanan lokal yang belum dikenal.

  • Lihat Bagaimana Pebisnis Lain Menemukan Ide

Mengolah ulang ide-ide bisnis bukan urusan yang aneh. Jika tidak yakin dengan gagasan milik sendiri, lihatlah kisah-kisah pengusaha atau wirausahawan yang sukses mewujudkan idenya dengan strategi serta produk khusus. Anda dapat mencari informasi mengenai wirausahawan lokal yang memiliki gagasan serupa dengan minat Anda, agar lebih mudah mendapat gambaran.

  • Mengamati Problem Lingkungan

Problem lingkungan atau komunitas di dekat Anda dapat menjadi ide bisnis. Misalnya, jika warga di lingkungan Anda mempunyai kendala menemukan toko yang lengkap tetapi jaraknya dekat, hal itu dapat menjadi inspirasi untuk membuka toko kelontong. Kehadiran rumah kos dan kontrakan karyawan juga dapat menjadi gagasan untuk bisnis warung.

Menemukan ide usaha memang gampang-gampang susah. Seringkali ide tersebut mudah didapat ketika anda belum ingin memulai usaha. Akan tetapi saat anda ingin memulai usaha, maka ide usaha terasa sulit sekali untuk datang. Jika anda sudah mencoba melihat peluang usaha dari sekitar anda namun belum menemukan ide unik untuk usaha anda, maka anda bisa mencoba beberapa peluang bisnis berikut ini :

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Pada umumnya semua peternak ayam di desa masih memakai teknik konvensional yang pemeliharaannya paling sederhana. Namun teknik beternak ayam menggunakan tekhnik konvensional di rasa kurang luwes dan beresiko. Beternak ayam dengan sistem lebih terpadu dan pemakaian media yang mencukupi menjadi penyelesaian yang lumayan jitu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penggunaan kandang yang lumayan besar mempermudah para peternak untuk mengembangbiakan ayam kampung, selain hal tersebut ayam dengan memakai kandang dan media yang cocok sangat sesuai di terapkan untuk para peternak secara produktif.

Peluang Usaha Makanan Ringan dari Tahu

Kebanyakan orang Indonesia tentu suka mengonsumsi tahu goreng, lagipula tahu isi diperbanyak cabai rawit tentu rasanya mantap. Nah, di samping rasanya yang pedas dan mantap kesempatan bisnis usaha makananan camilan tahu isi pedas ini ternyata paling potensial. Setidaknya dari usaha Tahu Jeletot ini, kesempatan usahanya masih tersingkap lebar dan paling potensial.

Peluang Usaha Jualan Motor Bekas

Kebutuhan guna mempunyai kendaraan bermotor semakin bertambah dari tahun ketahun, tampak jelas animo masyarakat guna mempunyai motor dan padatnya kendaraan roda dua dijalan raya yang terus meningkat. Sebagian masyarakat memutuskan melakukan pembelian motor baru, tetapi sebagiannya lagi mengikuti situasi ekonominya serta menerapkan teknik aman guna tidak berhutang dengan memutuskan melakukan pembelian sepeda motor second atau bekas.

Peluang Usaha Bisnis Tanah

Bisnis tanah dapat dikatakan bisnis yang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang, dilihat dari target pasarnya, karena siapa juga pasti membutuhkan tanah. Dibilang susah sebab meski seluruh orang membutuhkan, terdapat pertimbangan lain untuk siapa juga yang mau membeli tanah. Pertimbangan dapat dari tempat yang terlalu jauh atau harga yang terlampau tinggi.

Jika bisnis anda memerlukan Software ERP untuk mengintegrasikan dan membantu segala urusan usaha anda , anda dapat menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik se-Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari puluhan perusahaan. Untuk info lebih lanjut anda bisa klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt