Apa Itu Merek Dagang dan hal yang harus diperhatikan

 In Bisnis

Apa Itu Merek Dagang – Bagi anda yang masih tidak tahu apa itu merek dagang, merek dagang adalah simbol/tanda yang digunakan perusahaan untuk menandakan kalau produk atau jasanya itu milik mereka. Merek dagang bentuknya bisa bermacam-macam bisa itu berupa kata, gambar, angka, susunan warna, dan kombinasi lainnya.

Bagi semua perusahaan memiliki merek dagang itu sangat penting karena merek dagang merupakan satu-satunya hal yang dapat membedakan satu produk/jasa dengan yang lainnya. Tetapi agar produk/jasa mereka bisa mendapatkan perhatian konsumen, kebanyakan perusahaan sengaja membuat merek dagang mereka semencolok mungkin atau iconic. Jadi setiap kali anda mendengar atau melihat suatu merek, perhatian anda akan terpusat dengan merek itu dan selalu teringat di benak anda.

Apa saja bentuk merek yang iconic?

Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, para perusahaan juga semakin kreatif dalam pembuatan merek untuk itu mereka selalu berhati-hati dalam memilih merek dagang. Walaupun terdapat banyak bentuk merek yang ada di pasaran internasional, secara umum terdapat 3 bentuk merek yang mudah diingat oleh para konsumen, yakni:

1. Merek text (Wordmarks/lettermarks)

Merek text merupakan bentuk merek dagang yang paling simpel bentuknya.Yaitu hanya berupa text sederhana berupa kata-kata atau bisa juga dengan singkatan 2-4 huruf dengan gaya penulisan yang unik. Fanta, Google, Cola-Cola, dan PayPal, merupakan contoh dari merek text wordmarks sedangkan HBO, IBM, dan NASA merupakan contoh dari merek text lettermarks.

2. Merek gambar atau logo (Pictorial marks)

Seorang profesor terkenal, Albert Einstein pernah mengatakan: “Satu gambar memiliki seribu makna.”Hal ini biasanya benar, coba apa yang ada dipikiran anda ketika anda melihat gambar apel yang tergigit separuh? Biasanya anda akan memikirkan perusahaan besar apple dengan produk ternamanya seperti Iphone dan Macbook. Contoh lainnya dari merek gambar seperti burungnya Twitter, kameranya Instagram, dan masih banyak lagi.

3. Merek kombinasi text dan logo (Abstract logo marks)

Merek yang satu ini banyak disukai oleh para konsumen karena merek dengan kombinasi text dan logo bisa menceritakan dengan apa yang dilakukan perusahaan dalam satu gambar penuh yang mudah diingat oleh konsumen. Contoh dari merek ini adalah Pepsi, Adidas, Burger King, dan lainnya.

Cara untuk membuat merek yang mencolok dan mudah diingat oleh konsumen

Sekarang anda tahu seberapa pentingnya memiliki merek yang mencolok tapi apakah anda bingung cara membuatnya? Bisa saja sekarang anda memiliki banyak ide untuk desain merek dagang anda, tapi anda perlu berhati-hati karena jika ada kesalahan dalam pembuatan merek, maka setelah anda mempublikasikan merek anda ke pasaran. maka merek itulah yang akan selalu diingat. Jadi dalam pembuatan merek perhatikan hal-hal berikut.

1. Kepribadian sendiri

Pembentukan merek berdasarkan kepribadian sendiri merupakan cara yang terbukti efektif untuk menunjukan keunikan anda. Coba pikirkan apa yang membuat usaha anda berbeda dengan yang lain mulai dari produk/jasa yang anda tawarkan, fitur, dan kelebihannya.

2. Kejelasan usaha secara emosional

Merek dagang yang jelas dan memiliki unsur emosional merupakan merek yang paling mudah diingat konsumen. Coba pikirkan Nike dengan tanda centangnya, Nike menjelaskan usaha mereka lewat mereknya yang menggambarkan gerakan dan kecepatan yang pasti. Jadi pikirkan merek anda itu berdiri untuk apa dan apa kaitan merek anda terhadap konsumen secara emosional.

3. Jangan copy-paste

Dalam pembuatan merek dagang sangat disarankan untuk tidak copy-paste dari merek lain karena dengan ini bisa menurunkan nilai usaha anda karena konsumen akan menganggap merek anda itu terlalu malas dan tidak memiliki keunikan tersendiri.

Itu dia pengertian merek dagang, bentuk merek dagang, dan cara membuat merek dagang yang mudah diingat oleh customer. Merek dagang memang sangat penting karena akan menjadi wajah dari produk yang akan selalu diingat oleh customer. Maka dari itu anda harus sangat memperhatikan dalam proses membuat merek dangang agar nantinya saat merek dagang anda mudah dikenal di masyarakat.

Jika perusahaan anda sedang membutuhkan software erp, anda harus menggunakan Keysoft. Keysoft adalah software erp terbaik se-Indonesia yang sudah digunakan oleh ratusan perusahaa di Indonesia. Untuk info lebih lanjut anda bisa klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt