7 Cara Menaikkan Brand Awareness Dalam Bisnis

 In Marketing

Cara menaikkan Brand Awareness dalam Bisnis – Apakah saat ini anda sedang mengalami kesulitan dalam mendapatkan klien untuk usaha startup anda? Kalau begitu, berarti anda sedang mengalami masalah brand awareness, brand awarness ini yang akan menentukan sukses atau tidaknya usaha startup anda, tetapi apakah anda tahu arti brand awareness itu sendiri terhadap perkembangan bisnis anda?

Bagi anda yang belum tahu, brand awareness merupakan kemampuan dalam membuat konsumen mengingat atau mengenali merek, nama, logo, produk/jasa, dan slogan tertentu sehingga konsumen mau berdatangan untuk membeli produk/layanan anda.

Sudah tahukan, seberapa penting brand awareness itu untuk perkembangan usaha anda? Jika sudah, maka waktunya anda untuk menyimak 7 cara menaikkan brand awareness dalam bisnis berikut ini.

1. Gunakan kekuatan media sosial

Pemasaran zaman sekarang tidak akan lepas dari pengaruh media sosial karena media sosial merupakan tempat terbaik untuk berkomunikasi dengan para konsumen dan setiap hari pengguna medial sosial juga sering menghabiskan 2 jam dari waktunya.

Jadi, anda bisa membuat brand experience yang sesuai dengan keinginan mereka dan libatkan para audiens juga dalam pembuatan brand anda, tetapi pastikan juga anda memilih media sosial yang tepat karena setiap media sosial diisi oleh audiens yang berbeda.

2. Buat konten yang menarik

Konsumen selalu mencari konten yang menarik sebagai bahan pertimbangan mereka saat ingin membeli produk/jasa. Jadi, jika anda membuat konten yang menarik dan langsung membicarakan masalah konsumen, maka konsumen akan lebih senang yang memudahkan mereka mengingat brand anda dibandingkan brand lain.

Namun, anda perlu ingat konten yang anda buat harus bersifat informatif, bukan menjual karena tujuan brand awarness itu untuk mengenalkan brand anda ke konsumen sebelum membuat mereka membeli dari anda.

3. Kerja sama dengan para influencer         

Bekerja sama dengan para influencer bisa menjadi cara terbaik untuk menaikkan brand awareness karena influancer yang ada di media sosial memiliki pengikut yang cukup banyak sehingga anda bisa jadikan kesempatan ini untuk mengenalkan brand anda kepada para pengikut influencer.Tetapi di zaman sekarang anda harus benar-benar memilih influencer yang tepat. Contohnya banyak sekali selebgram yang ada di Instagram, akan tetapi apakah mereka semua dapat disebut influencer? Tentunya tidak. Berbeda dengan selebgram, biasanya pengikut dari influencer tersebut percaya dengan apa yang dikatakan oleh si Influencer. Maka dari itu anda harus benar-benar teliti dalam mengajak kerja sama dengan para influencer.

4. Menjadi sponsor

Pernahkah anda melihat sponsor perusahaan saat ada acara seperti seminar, lomba, dan sebagainya? Biasanya, perusahaan sampai mau melibatkan diri mereka ke acara tersebut karena mereka melihat ini merupakan saat terbaik untuk menaikkan brand awarness mereka kepada audiens baru mereka.

Kalau anda juga ingin melakukan hal yang sama, sebaiknya anda memilih event yang sesuai dengan target audiens anda sehingga lebih mudah untuk mereka dalam mengenali pesan anda.

5. Event marketing

Mengadakan live event seperti peluncuran produk, promosi, dan seminar dapat menaikkan brand anda karena event dapat menarik perhatian calon konsumen sehingga hal ini sering dilakukan oleh perusahaan.

Jadi, dengan event, anda berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan calon konsumen untuk mengenal brand anda lebih dalam. Maka dari itu mungkin anda perlu mendiskusikan mengadakan event marketing.

6. Mulai referral programs

Karena sekarang banyak orang yang menggunakan online advertising, maka akan lebih sulit bagi anda dalam menaikkan brand awareness, tetapi ada cara alternatif yang terbukti efektif yaitu dengan memulai referral program.

Referral program menawarkan konsumen yang anda punya untuk mempromosikan brand anda ke kerabat atau orang dekatnya agar mau menjadi konsumen baru anda, tetapi berbeda dengan program mulut ke mulut tradisional. Di referral, anda menawarkan imbalan setiap kali ada konsumen yang bisa mengajak orang lain untuk menjadi konsumen baru anda.

7. Buat tawaran yang sulit ditolak

Dari cara tadi, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu membuat tawaran yang sulit ditolak karena kalau brand anda cukup dikenal, tetapi tidak menawarkan sesuatu yang menarik, maka konsumen juga tidak akan menganggap brand anda berbeda dengan yang lain.

Maka dari itu, buatlah tawaran yang persuasif mengenai masalah konsumen anda dan tawarkan juga garansi sehingga konsumen lebih percaya pada brand anda.

7 cara menaikkan Brand awareness dalam bisnis tersebut dapat anda coba terapkan dalam bisnis anda. Karna bagaimanapun juga brand awareness sangat penting dalam bisnis. Jika produk anda bagus tapi brand awarenessnya kurang, maka mungkin saja penjualan anda akan lebih kecil. Memang dalam menaikkan brand awareness dari bisnis anda, anda harus menyiapkan budget khusus agar penaikkan brand awareness dapat berjalan maksimal.

Untuk menyiapkan budget bagi menaikkan brand awareness yang tidak sedikit, mungkin anda perlu menghemat di berbagai aktivitas bisnis anda. Maka mungkin anda perlu memikirkan apakah anda sudah cukup banyak menggunakan software? Atau apakah anda harus membayar software tersebut setiap bulannya?  Memang terlihat lebih murah, tetapi jika anda menginvestasikan uang anda pada software yang hanya membayar di awal tentu anda akan menghemat jutaan rupiah kedepannya dan dapat dialokasikan untuk budget menaikkan brand awareness bisnis anda. Maka anda memerlukan Software ERP. Ternyata ada Software ERP dengan harga terjangkau yaitu Keysoft. Mulai dari 9 jutaaan saja, bisnis anda sudah dapat menggunakan Software ERP. Anda dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda gratis dengan klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt