5 Tips Riset Produk yang Akan Dijual Agar Laris di Pasaran

 In Bisnis, Marketing

Tips riset produk yang akan dijual – Dulu, marketing (pemasaran) dan sales (penjualan) disuatu perusahaan lazimnya ditangani oleh dua divisi terpisah. Divisi marketing bertugas menangani branding dan membuat pesan unik untuk semua calon konsumen. Sementara sales bertugas mengucapkan brand itu dan meyakinkan calon konsumen agar membeli produk tersebut.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika kita berjualan tanpa mengerjakan riset produk terlebih dahulu? Produk atau jasa Anda akan susah untuk laris dipasaran atau tidak laku. Riset produk ini penting sekali untuk Anda lakukan, supaya tahu apakah produk atau jasa yang bakal Anda pasarkan nantinya bakal laris dipasaran atau tidak.

Sebelum Anda mengerjakan riset produk, Anda terlebih dahulu jenis produk yang tak lekang oleh waktu, untuk Anda jadikan bahan jualan. Yuk simak tips riset produk yang akan dijual.

Tips riset produk yang akan dijual

1. Produk yang Menjadi Solusi untuk Calon Pelanggan

Produk yang menjadi penyelesaian dari masalah yang di hadapi calon pelanggan, akan terus menerus menjadi magnet di pasar. Karena pelanggan dan calon pelanggan memerlukan solusi untuk masalah mereka. Seperti misalnya, terdapat calon pelanggan yang mempunyai masalah dengan berat badannya. Mulai dari lelaki atau wanita, baik muda ataupun tua. Kebanyakan dari pelanggan pastinya menggali solusi yang cepat, gampang dan terpercaya, sebab kemudahan dan singkatnya masa-masa untuk penyelesaian dari masalah mereka.

2. Produk Passion/Hobi

Produk yang tidak jarang kali laku sepanjang jaman selanjutnya ialah produk-produk yang bersangkutan dengan hobi, seperti aksesoris gadget, fotografi, fashion dsb nya, yang memakai tema tertentu, contohnya case smarphone dengan tema Star Wars. Bagi peminat Star Wars, pasti akan suka dengan produk yang bertemakan Star Wars, mereka banyak sekali akan beli sebagai identitas atau sebatas hobi. Tema yang dapat Anda pakai pada produk ini pun dapat Anda sesuaikan dengan sesuatu yang sedang booming di pasaran.

4. Manfaatkan Google Trends

Dengan memakai Google Trends maka dapat mengetahui trend apa yang tidak sedikit ditelusuri oleh netizen dalam kurun masa-masa dan di negara tertentu. Di samping itu, Anda dapat menelusuri topik atau produk yang nantinya hendak Anda jual, apakah trend nya sedang naik atau malah sebaliknya.

Hasil pencarian yang Anda lakukan akan di tampilkan berupa grafik diagram, grafik regional, sampai kueri bersangkutan. Jika grafik diagram menunjukan peningkatan, berarti produk atau trend itu sedang naik dan dapat Anda jadikan rujukan untuk memasarkan produk di toko online Anda, begitu juga sebaliknya.

5. Manfaatkan Marketplace

Mengapa mesti memanfaatkan marketplace? Marketplace yang terdapat di Indonesia dewasa ini telah semakin banyak dengan karakteristik masing2, Bukalapak, Lazada, FJB Kaskus, Tokopedia, dll. Sehingga semakin tidak sedikit pula referensi guna produk yang bakal Anda jual. Anda dapat melihat langsung produk yang sedang menjadi trend dimasing-masing website tersebut. Pilihan kelompok produk tidak sedikit dijual pun sangat begitu lengkap, bermukim Anda sesuaikan dengan apa yang ingin dipasarkan di toko online Anda. Juga Anda dapat melihat trend menurut tempat tertentu, contoh trend di Surabaya, Malang,dan lain sebagainya.

Mengapa perlu mengetahui Kebutuhan Customer Dalam Berbisnis?

Mengetahui keperluan customer perlu dilaksanakan karena pada dasarnya customer merupakan alasan bertambahnya angka penghasilan suatu perusahaan. Dengan mengetahui keperluan customer semua pelaku bisnis bisa dengan mudah merangkai strategi untuk melancarkan proses penjualan produknya. Kebutuhan customer sendiri adalah hal yang dapat disebutkan sebagai sebuah kesenjangan atau pertentangan yang dirasakan antara suatu fakta dengan desakan yang terdapat dalam diri seseorang. Apabila customer merasa kebutuhannya tidak terpenuhi maka customer akan mengindikasikan perilaku kecewa. Akan tetapi, andai customer merasa kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik maka akan mengindikasikan perilaku yang positif. Sehingga urusan itu pun menciptakan para pelaku bisnis paling perlu menyimak dan mengetahui keperluan customer dengan baik.

Jika bisnis anda terus berkembang dan membutuhkan Software ERP untuk bisnis anda, anda bisa menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik di indonesia yang akan memudahkan bisnis anda. Tunggu apalagi? coba keysoft dengan menghubungi kami disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt