5 Cara Membangun Kerja Sama dalam Tim di Perusahaan

 In Bisnis

Cara membangun kerja sama dalam tim di perusahaan perlu diperhatikan. Karna setiap individu muncul dengan sifat dan kebiasaan yang berbeda. Ketika setiap pribadi ini dimasukkan ke dalam suatu tim, maka perlu dilakukan penyatuan presepsi. Selama persepsi belum menyatu, maka akan berpotensi menciptakan konflik di dalam tim. Berikut ini adalah cara membangun kerja sama dalam tim di perusahaan Anda.

Visi Misi Perusahaan pada Anggota Tim diperkuat

Sebuah kapal dengan banyaknya penumpang di dalamnya akan sampai ke suatu dermaga jika mempunyai tujuan dan arahan yang sama. Demikian juga dengan suatu perusahaan. Setiap anggota divisi butuh mempunyai visi dan tujuan yang sama untuk menjangkau tujuan yang telah diputuskan dalam perusahaan tersebut. Jika dari awal sudah memiliki perbedaan visi misi, maka hal ini akan menjadi tantangan besar nantinya.

Hargai Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat memang biasa terjadi , apalagi dalam urusan pekerjaan. Setiap orang memiliki gagasan masing-masing dan teknik yang berbeda dalam mengerjakan tugasnya. Sering terjadi dalam suatu tim, satu orang yang sangat berpegang pada gagasan yang dia ucapkan sehingga tidak mempedulikan sekian banyak ide kreatif lainnya dari teman satu tim. Maka dari itu, menghargai perbedaan pendapat dalam tim adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Saling Percaya

Dalam suatu perusahaan, sering timbul saling sikut sebab menginginkan eskalasi jabatan dan pasti saja eskalasi gaji.Tak jarang sering timbul bentrokan dan timbul rasa tidak percaya. Jika Anda adalah seorang pemimpin dalam perusahaan, gunakanlah wewenang sebijak mungkin. Ada baiknya Standard Operational Procedure (SOP) yang sebanding antara unsur atau divisi hingga adanya keseimbangan pembagian tugas dan tanggung jawab.

Komunikasi yang Intensif dan Efektif

Komunikasi memang tidak dapat dianggap sepele. Komunikasi yang tidak baik akan menciptakan suatu hubungan menjadi renggang. Lakukan komunikasi yang intensif dengan masing-masing anggota tim dengan menyelenggarakan meeting atau minimal pertemuan untuk mengerjakan koordinasi tugas harian, briefing tugas secara singkat dan juga penilaian kinerja harian atau mingguan. Setiap laporan dan aspirasi butuh ditampung dengan baik dan pecahkan masing-masing masalah dengan mengerjakan case study secara bersama-sama. Libatkan semua anggota tim dalam mengerjakan pemecahan masalah (problem solving)

Kegiatan bersama

Hubungan antar anggota butuh dipererat dengan kegiatan kebersamaan, baik itu diselenggarakan di dalam kantor atau saat di luar pekerjaan kantor. Kegiatan bersama yang sederhana seperti makan bersama, juga bisa menjadi pilihan.

Itu dia 5 cara membangun kerja sama dalam tim di perusahaan. Kerja sama dalam tim sangat penting agar pekerjaan tim dapat dikerjakan sebaik mungkin dan juga memperkecil kemungkinan terdapat konflik dalam tim. Dengan begitu baik pelanggan maupun anda akan merasa nyaman.

Jika anda memerlukan software erp yang dapat terintegrasi ke seluruh karyawan anda, anda bisa menggunakan key software sebagai pilihan anda.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
Forecasting