10 Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Online

 In Bisnis

Strategi dalam Menjalankan Bisnis Online – Menjalankan bisnis online kedengarannya seperti trend yang harus dicoba oleh setiap pebisnis zaman digital. Hal ini dikarenakan memang bisnis online membutuhkan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, tetapi tahukah anda kalau sekarang ini terdapat lebih dari 90% bisnis online yang ada di internet dan telah gagal dalam waktu 120 hari?

Alasan utama mereka gagal bukanlah karena produk/jasanya, tetapi dari kebanyakan kasus, kurangnya penggunaan strategi merupakan penyebab utama kenapa 90% bisnis online akan gagal dalam 4 bulan.

Melihat mudahnya bisnis online untuk gagal, anda pastinya tidak mau bisnis online anda bisa gagal kurang dari 4 bulan oleh karena itu untuk membantu anda, anda bisa perhatikan 10 strategi berikut dalam menjalankan bisnis online.

10 Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Online

1. Siapa target pasaran anda?

Kebanyakan orang memulai bisnis online tanpa mengetahui siapa target pasaran mereka sehingga mereka hanya menawarkan produknya ke khalayak umum. Jadi, tidak ada bedanya dengan menawarkan pintu ke pintu, oleh karena itu anda harus menentukan siapa yang akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan.Tulis hal ini secara spesifik, seperti apakah target anda wanita, laki-laki, atau keduanya? Berapa kisaran umur yang tepat untuk membeli bisnis anda? Catat hal tersebut sampai spesifik hingga anda dapat mengetahui siapa target pasaran anda.

2. Media sosial

Media sosial merupakan tempat terbaik untuk mendekatkan bisnis anda ke konsumen karena media sosial itu seperti api unggun di mana orang berkumpul untuk mendengar cerita sehingga anda bisa gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya untuk mempromosikan bisnis anda dengan pengguna media sosial. Akan tetapi anda harus benar-benar memikirkan media social apa yang cocok dengan bisnis anda? Jangan sampai semua media social untuk bisnis anda, tetapi ternyata kurang cocok dengan bisnis anda. Contohnya untuk baju seperti kaos anda dapat menggunakan media social facebook dan Instagram. Akan tetapi jika  sesuatu yang berhubungan dengan ibu rumah tangga, maka akan lebih tepat jika anda memasarkan bisnis anda di media social facebook

3.  SEO

Orang zaman sekarang suka mencari produk/jasa dengan menggunakan Google, sehingga jika anda memiliki situs di Google, anda harus mulai meningkatkan kualitas SEO anda agar ketika konsumen mencari produk/jasa, situs anda akan berada di depan mata mereka. Sebenarnya apa itu SEO? Mengapa hal tersebut sangat penting dalam situs? SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat peringkat teratas di mesin pencarian. Maka dari itu anda harus meningkatkan kualitas SEO website anda, agar semakin banyak peluang untuk mendapatkan customer ewat situs pencarian.

4. Perbanyak relasi

Relasi merupakan hal penting dalam bisnis online karena sebagaian besar bisnis online mendapatkan klien ideal mereka hanya dengan mendapatkan relasi. Oleh karena itu anda harus perbanyak relasi, tetapi selama memperbanyak relasi, anda juga harus bisa memasarkan usaha anda.

5. Gunakan press release

Strategi selanjutnya adalah menggunakan press release untuk memasukan usaha anda ke dalam berita. Karena saat ini orang suka membaca berita online sehingga ketika mereka membaca tentang usaha anda, anda memiliki kesempatan untuk mengarahkan mereka ke website anda.

6. Bangun otoritas

Anda harus tunjukan kepada konsumen kalau anda itu adalah orang yang bisa dipercaya, tetapi bagaimana cara menunjukan kalau anda ini orang yang dapat dipercaya? Anda bisa membangun otoritas dengan mengisi konten seputar industri anda sehingga konsumen tahu kalau anda itu merupakan orang yang harus diajak konsultasi ketika mereka memiliki masalah yang berhubungan dengan produk/jasa anda.

7. Pemberian barang gratis

Pemberian barang gratis seperti ebook, sample, dan sebagainya bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, tetapi jangan lupa juga untuk meminta sesuatu dari mereka seperti email sehingga anda bisa menawarkan produk anda untuk waktu yang lama.

8. Bikin konten yang call to action

Konten yang menarik masih belum cukup untuk memperlancar bisnis anda karena bisnis akan berdiri selama ada penjualan. Maka dari itu, anda harus bikin konten dengan bahasa yang persuasif dan informatif sehingga setiap kali orang yang melihat konten anda, hidup mereka tidak lengkap tanpa kehadiran produk/jasa anda.

9. Buat toko onlinemu menyenangkan

Semua orang ingin merasa senang. Jadi, kalau anda ingin membuat konsumen anda tetap setia, maka buatlah mereka senang ketika berbelanja di toko online anda. Caranya, anda bisa mengadakan undian hadiah, promosi spesial, dan beri mereka kekuasaan untuk menggambarkan produk seperti apa yang mereka inginkan.

10. Buat bisnis yang unik

Konsumen zaman sekarang sudah tidak lagi tertarik dengan harga yang murah karena sekarang sudah ada banyak tempat yang menawarkan hal seperti itu sehingga anda bisa lupakan diskon besar-besar, tetapi apa yang perlu anda lakukan untuk menarik perhatian konsumen? Anda harus membuat produk/jasa anda terlihat unik dengan menawarkan penawaran spesial sehingga tawaran anda sulit untuk ditolak.

Itu dia tadi 10 strategi dalam menjalankan bisnis online. Bisnis online memang memberikan kemudahan dan keuntungan yang sangat menarik. Tetapi jangan sampai dengan segala kemudahannya anda melupakan strategi bisnis online. Karna sekarang semakin banyak orang yang mulai berbisnis online. Tentu anda ingin bisnis online anda tetap berkembang dan bertahan bukan?

Selain 10 strategi tersebut, jika bisnis online anda semakin besar anda patut memikirkan membuka toko konvensional. Hal ini dapat menjadi keuntungan bagi anda dan customer. Untuk customer yang berada di wilayah yang sama dengan anda, mereka tidak perl membayar ongkir pengiriman bisnis online. Sedangkan bagi anda, kepercayaan customer akan naik karna mereka tahu bahwa bisnis anda benar-benar ada. Dan juga anda tidak perlu takut toko anda sepi pengunjung karna pembeli setia anda pasti akan datang ke toko anda. Bukan tidak mungkin anda akan segera membuka cabang di kota lain. Maka dari itu anda sudah perlu menggunakan Software ERP seperti Keysoft. Mengapa software ERP? Karna Software ERP mempunyai fitur yang lengkap untuk semua aktivitas bisnis anda, termasuk akuntansi. Keysoft adalah software ERP dengan harga terjangkau, yaitu dengan mulai dari 9 jutaan. Selain itu anda tidak perlu khawatir karna Keysoft, sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun, dengan ratusan customer di hampir seluruh Indonesia. Konsultasikan kebutuhan Software ERP anda gratis dengan klik disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt